Bahaya Obat Nyamuk Bakar Bagi Pernafasan Jangka Panjang

Obat nyamuk bakar merupakan salah satu benda yang sudah umum ditemukan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Banyak orang sudah terbiasa menggunakan obat ini, karena dinilai sangat efektif untuk menghilangkan serangan nyamuk baik di siang maupun malam hari.

Penggunaannya sendiri sudah beredar luas karena serangan nyamuk ketika tidur akan sangat mengganggu banyak orang. Oleh sebab itu untuk membuat tidurnya nyaman serta terhindar dari serangan serangga tersebut banyak orang membutuhkan obat tersebut. Sehingga bisa membunuh serangga itu.

Bacaan Lainnya

Dari sekian banyak jenis yang kerap digunakan oleh banyak orang, jenis bakar lebih sering digunakan karena penggunaannya yang praktis selain itu juga memiliki harga lebih murah. Namun penggunaannya secara berlebih, dapat memberikan dampak jangka panjang bagi kesehatan pernafasan Anda.

Bahaya Obat Nyamuk Bakar Bagi Pernafasan

Penggunaan obat yang tergolong insektisida ini memang sudah terbukti cukup efektif untuk mengusir serangan nyamuk, namun penggunaannya dapat menyebabkan timbulnya debu serta asap. Karena jika ingin menggunakannya Anda perlu menyalakannya dengan cara membakarnya terlebih dahulu.

Akibat pembakaran tersebut akan menimbulkan asap, dimana dalam kandungan asap ini biasanya terkandung beberapa bahan kimia. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam obat nyamuk bakar diantaranya adalah sulfur dioksida, karbon monoksida, nitrogen, serta formaldehida1Liue W. 2003. Mosquito coil emissions and health implications. Environ Health Perspect v.111(12); 2003 Sep PMC1241646.

Jika tubuh manusia terpapar beberapa bahan kimia tersebut dengan jumlah cukup banyak, mampu menyebabkan timbulnya gangguan kesehatan seperti rasa pusing berlebih. Namun juga terdapat beberapa permasalahan kesehatan pada bagian pernafasan, jika menghirup asap tersebut dalam jangka panjang.

  1. ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut)

ISPA merupakan singkatan dari Infeksi Saluran Pernafasan Akut, biasanya penyakit ini akan menyerang bagian saluran pernafasan manusia jika terpapar bahan berbahaya terlalu sering. Salah satu kandungan didalam obat nyamuk bakar dapat memicu timbulnya penyakit ISPA jika dihirup terlalu sering.

Baca Juga:  Mengetahui Manfaat Sari Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan yang mampu memberikan efek cukup tinggi bagi kesehatan pernafasan manusia adalah adanya formaldehida, karena kandungan ini sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan formalin. Jika dihirup terlalu banyak dapat menimbulkan adanya infeksi pada saluran pernafasan.

Beberapa gejala yang umumnya timbul akibat menghirup asap dari obat nyamuk bakar terlalu sering adalah adanya batuk pilek serta hidung tersumbat, namun dalam infeksi parahnya dapat menyebabkan beberapa penderita mengalami sesak nafas. Bahkan bisa memperburuk asma serta bronchitis2Kurawa MI. 2020. Effects of Mosquito coil Smoke Inhalation on Spatial Memory in Mice. Niger J Physiol Sci . 2020 Jun 30;35(1):68-76.

  1. Keracunan Karbon Monoksida

Karbon monoksida merupakan salah satu kandungan yang terkandung paling banyak dalam sebuah asap, terlebih jika Anda membakar benda yang menghasilkan asap. Asap tersebut kemudian akan menimbulkan karbon monoksida, jika dihirup terlalu banyak dapat timbul gejala keracunan.

Paparan karbon monoksida secara berlebih akibat timbulnya proses pembakaran dari obat nyamuk bakar akan menimbulkan gejala keracunan, terlebih jika Anda memutuskan untuk membakar obat tersebut dalam ruangan tertutup ditambah ventilasi yang buruk3Rao SR. 2022. Exposure to mosquito coil and biomass fuel smoke and respiratory health in rural Tamil Nadu, India. J Public Health (Oxf) . 2022 Aug 25;44(3):625-633. doi: 10.1093/pubmed/fdab119..

Hal tersebut secara tidak langsung akan menimbulkan perasaan kepala pusing hingga mual, jika terpapar dalam jumlah sangat banyak akan menyebabkan pandangan terasa kabur serta timbulnya nyeri pada bagian dada.

  1. Kanker Paru

Karena memiliki kandungan bahan kimia berbahaya didalamnya, berbagai penelitian sudah membuktikan bahwa jika Anda menggunakan atau membakar obat nyamuk bakar selama minimal tiga kali seminggu. Dapat menyebabkan timbulnya penyakit berbahaya seperti kanker paru.

Baca Juga:  Mual Muntah dalam Kehamilan : Hiperemesis Gravidarum

Salah satu pemicu utama mengapa seseorang bisa terkena kanker paru adalah dengan adanya kandungan formaldehida didalam obat tersebut, jika seseorang memiliki kandungan bahan kimia tersebut terlalu banyak dapat mengakibatkan infeksi khususnya di bagian paru-paru.

Jika paru-paru sudah terinfeksi maka besar kemungkinan untuk terkena penyakit berbahaya seperti kanker, contohnya adalah kanker nasofaring.

Walaupun memiliki tingkat efisiensi cukup tinggi untuk mengusir serangga. Namun penggunaan berlebih dari obat nyamuk bakar dapat membahayakan kesehatan.

References

  • 1
    Liue W. 2003. Mosquito coil emissions and health implications. Environ Health Perspect v.111(12); 2003 Sep PMC1241646
  • 2
    Kurawa MI. 2020. Effects of Mosquito coil Smoke Inhalation on Spatial Memory in Mice. Niger J Physiol Sci . 2020 Jun 30;35(1):68-76
  • 3
    Rao SR. 2022. Exposure to mosquito coil and biomass fuel smoke and respiratory health in rural Tamil Nadu, India. J Public Health (Oxf) . 2022 Aug 25;44(3):625-633. doi: 10.1093/pubmed/fdab119.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *