Manfaat Minuman Carica Khas Dieng untuk Demam Berdarah hingga Potensi Antikanker

Tidak hanya menyegarkan, ada banyak manfaat minuman carica untuk kesehatan tubuh karena kandungan vitamin C di dalamnya. Dengan kandungan nutrisi yang sangat banyak sehingga tidak heran bisa dijadikan sebagai penambah daya tahan tubuh.

Minuman ini sendiri berasal dari buah carica, merupakan salah satu hasil pertanian khas Wonosobo. Buahnya masih masuk dalam keluarga pepaya, meski demikian Anda bisa membedakannya dari ukurannya yang lebih kecil. Bagi anda yang berkunjung ke Dieng Wonosobo, anda dapat membeli oleh-oleh minuman carica ini.

Bacaan Lainnya

Buahnya cukup sering diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti selai, keripik, manisan, hingga menjadi sirup. Jika tertarik, Anda juga bisa langsung mengonsumsinya untuk merasakan kesegaran dan berbagai manfaatnya. Selain harganya yang terjangkau, rasanyapun enak dan khas.

Manfaat Minuman Carica untuk Kesehatan Tubuh

Mungkin tidak banyak orang mengetahui apa saja manfaat dari minuman carica untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah penjelasan mengenai manfaat dan kandungan nutrisinya sehingga sangat efektif untuk menjaga daya tahan tubuh.

  1. Meningkatkan Imunitas

Imunitas tubuh sangat penting untuk mencegah berbagai macam penyakit, salah satunya adalah konsumsi makanan atau minuman kaya vitamin C. Vitamin C ini memiliki banyak peranan, salah satunya meningkatkan sel darah putih agar tidak mudah terserang infeksi.

Manfaat minuman carica juga miliki sifat antioksidan, sehingga tubuh terlindungi dari berbagai radikal bebas. Perlu Anda ketahui, radikal bebas bisa menyebabkan peradangan serta memicu rusaknya jaringan. Dikatakan dalam penelitian bahwa, jus carica dapat meningkatkan potensi kesembuhan pada demam berdarah1Bee Ping Peh. 2022. Carica papaya Leaf Juice for Dengue: A Scoping Review. Nutrients . 2022 Apr 11;14(8):1584. doi: 10.3390/nu14081584..

  1. Melancarkan BAB

Mengonsumsi carica bisa membantu melancarkan buang air besar, oleh karena itu sangat cocok bagi penderita sembelit. Manfaat ini sendiri bisa Anda dapatkan karena buahnya mengandung serat sangat tinggi.

Baca Juga:  10 Gejala Awal kanker Pada Laki-laki

Serat pada makanan maupun minuman bisa membantu dalam pelunakan tinja juga mempercepat gerakan tinjanya melalui usus. Dengan demikian, maka tinja akan lebih mudah dikeluarkan tanpa menimbulkan rasa sakit.

  1. Kesehatan Mata

Tidak hanya vitamin C saja, manfaat minuman carica juga bisa Anda dapatkan melalui vitamin A dan E. Kandungan vitamin pada carica dapat membantu menjaga kesehatan mata, juga mendukung fungsinya pada penglihatan.

Seperti telah diketahui bersama, vitamin A memberikan pengaruh penting dalam menjaga kejernihan kornea dan penglihatan pada sinar redup. Sementara vitamin E dapat menjaga kesehatan melalui kandungan antioksidan sehingga sel mata tidak mengalami kerusakan.

  1. Kontrol Tekanan Darah

Manfaat minuman carica selanjutnya adalah adanya kandungan kalium untuk mengurangi rasa tegang pada pembuluh darah. Dengan mengkonsumsinya, maka Anda bisa menjaga tekanan darah tetap stabil dan mengurangi risiko penyakit jantung maupun stroke. Carica juga dikatakan dapat mencegah sindrom metabolik, suatu penyakit metabolik ditandai dengan peningkatan tekanan darah, obesitas, indeks masa tubuh, hingga peningkatan gula darah.2Santana. 2019. Nutraceutical Potential of Carica papaya in Metabolic Syndrome. Nutrients . 2019 Jul 16;11(7):1608. doi: 10.3390/nu11071608.

  1. Kontrol Kadar Kolesterol

Tidak hanya baik untuk pencernaan, serat pada makanan maupun minuman yang terpenuhi dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Meski demikian, Anda tetap harus memastikan jika kadar kolesterol telah terpantau dengan baik.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Anda juga dapat merasakan manfaat minuman carica pada kesehatan tulang, sebab di dalamnya mengandung kalsium dan fosfor. Dapat dikatakan, kalsium dan fosfor memberikan peran dalam menjaga kesehatan tulang sehingga tidak mudah keropos.

Kalsium bisa menjaga kesehatan tulang, juga menunjang pertumbuhan, kepadatan, juga kekuatan pada tulangnya. Sementara fosfor menjadi mineral penting untuk menjaga kekuatan tulangnya.

  1. Mencegah Kanker

Manfaat minuman carica yang terakhir adalah adanya kandungan beta karoten, nutrisi tersebut bisa menurunkan risiko penyakit kanker. Beta karoten sendiri dapat menangkal radikal bebas sehingga dapat mencegah berbagai penyakit berbahaya. Dalam penelitian, dikatakan bahwa carica mengandung agen antitumor, antiinflamasi, antibacterial, antiviral, dan hipoglikemiks indeks yang besar dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia3Singh SP. 2020. Therapeutic application of Carica papaya leaf extract in the management of human diseases. Daru . 2020 Dec;28(2):735-744. doi: 10.1007/s40199-020-00348-7. Epub 2020 May 5.

Baca Juga:  Mengenal Bahaya Tidur dengan Kipas Angin Bagi Kesehatan

Meski demikian, penelitian tersebut masih menjadi teori dan belum dibuktikan secara uji klinis. Oleh karena itu, sebaiknya jangan mengandalkan buah ini untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya.

Carica merupakan salah satu hasil pertanian dari Wonosobo yang sangat khas dan memiliki cukup banyak manfaat. Ada cukup banyak manfaat minuman carica untuk kesehatan tubuh sebab mengandung banyak nutrisi di dalamnya.

References

  • 1
    Bee Ping Peh. 2022. Carica papaya Leaf Juice for Dengue: A Scoping Review. Nutrients . 2022 Apr 11;14(8):1584. doi: 10.3390/nu14081584.
  • 2
    Santana. 2019. Nutraceutical Potential of Carica papaya in Metabolic Syndrome. Nutrients . 2019 Jul 16;11(7):1608. doi: 10.3390/nu11071608
  • 3
    Singh SP. 2020. Therapeutic application of Carica papaya leaf extract in the management of human diseases. Daru . 2020 Dec;28(2):735-744. doi: 10.1007/s40199-020-00348-7. Epub 2020 May 5

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *