Manfaat Telur Ayam Kampung untuk Balita Sehat

Manfaat telur ayam kampung untuk balita cukup baik untuk perkembangan si kecil, sehingga balita akan tumbuh dengan nutrisi yang tepat. Tidak dapat dipungkiri, metode ini seringkali digunakan oleh para ibu muda di luar sana.

Memperhatikan tumbuh kembang anak selalu menjadi kewajiban para orang tua, sehingga dalam memberikan makanan juga harus benar-benar diperhatikan. Terlebih lagi metabolisme tubuh anak harus diutamakan, khususnya dalam mengkonsumsi makanan.

Bacaan Lainnya

Telur ayam kampung sudah lama dikenal oleh masyarakat merupakan telur yang sangat sehat untuk dikonsumsi siapa saja. Bahkan manfaatnya sendiri bisa berkali-kali lipat daripada telur ayam ras yang dijual di pasaran.

Tidak hanya balita saja yang mengonsumsi telur ayam kampung ini, melainkan orang-orang dewasa juga kerap mengonsumsinya. Bahkan, telur ayam kampung seringkali dijadikan jamu oleh orang-orang dewasa.

Apa Saja Manfaat Telur Ayam Kampung untuk Balita?

Tentu para orang tua cukup penasaran mengapa banyak manfaat dari telur ayam ketika diberikan kepada si buah. Untuk manfaat-manfaat yang bisa dirasakan yaitu Anda dapat menyimaknya sebagai berikut ini.

  1. Jantung Menjadi Sehat

Salah satu manfaat yang bisa dirasakan oleh balita saat mengonsumsi telur ayam kampung yaitu salah satunya mampu menyehatkan jantung. Tentu saja, memperhatikan kesehatan jantung pada balita merupakan kewajiban sebagai orang tua.

  1. Mengoptimalkan Fungsi Otak

Manfaat lain yang bisa dirasakan oleh balita yang rutin dalam mengonsumsi telur ayam kampung yaitu demi mengoptimalkan fungsi otak. Memang sudah sejak lama manfaat telur ayam kampung untuk balita digunakan untuk menyehatkan otak.

Baca Juga:  Sindrom Werewolf (Hipertrikosis) : Gejala, Pemeriksaan dan Tatalaksana

Alasan mengapa telur ayam kampung tersebut dapat mendukung perkembangan otak yaitu karena adanya kandungan kolin dan kolesterol baik. Dengan mengonsumsinya secara rutin akan memberikan manfaat besar pada perkembangan otak bayi.

Kolesterol yang terkandung pada telur ayam kampung tersebut dapat membantu pencernaan lemak sehingga dapat mendukung pembentukan hormon. Sedangkan, kolin memiliki manfaat untuk meningkatkan fungsi kognitif serta daya ingat.

  1. Menyehatkan Mata

Adanya kandungan antioksidan yaitu seperti Lutein dan zeaxanthin merupakan salah satu manfaat telur ayam kampung untuk balita demi menjaga kesehatan mata. Terlebih lagi ayam kampung mendapatkan asupan makanannya secara alami dari alam langsung.

Kandungan protein yang terdapat pada ayam kampung tersebut mampu memberikan perlindungan ke mata bayi, sehingga menghindari kerusakan dari cahaya berbahaya. Misalnya saja, seperti cahaya sinar ultraviolet dan lain sebagainya.

Sedangkan kandungan antioksidan yang terdapat pada telur ayam yaitu mampu mencegah penglihatan kabur pada balita. Kandungan tersebut terdapat pada kuning telur, sedangkan pengolahannya sesuai dengan selera orang tua.

  1. Baik untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Tidak hanya itu saja, manfaat telur ayam kampung untuk balita yaitu membantu sistem pencernaan dan juga menjaga kekebalan tubuh. Terlebih telur tersebut memiliki kandungan mineral cukup melimpah.

Untuk Mineral mineral yang terdapat pada telur ayam kampung antara lain kalsium, selenium, dan seng. Dengan adanya kandungan-kandungan tersebut memberikan pertahanan sistem kekebalan tubuh sehingga membuat tubuh tahan terhadap penyakit.

Di dalam tubuh bayi sendiri, produksi sel yang signifikan selalu berproses. Sedang, folat pada telur ayam kampung menunjang regenerasi sel tersebut. Untuk manfaat tersebut didapatkan dari bagian kuning telur ayam kampung tersebut.

Ada berbagai macam metode yang bisa digunakan oleh orang tua ketika memasak telur ayam kampung ini kepada anak. Tentu saja, manfaat telur ayam kampung untuk balita juga dipengaruhi cara mengolahnya dalam bentuk makanan.

Baca Juga:  Fenilketonuria : Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Kebanyakan, demi menjaga kualitas telur tetap layak dikonsumsi, Anda dapat menggunakan metode pengrebusan sebelum diberikan kepada balita. Sudah pasti manfaat telur ayam kampung untuk balita ini sangatlah melimpah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *