Penyebab dan Gambaran Radiologi Osteosarkoma serta Pengobatannya

Sebagai seseorang yang dewasa, Anda harus belajar apa saja Penyebab dan Gambaran Radiologi Osteosarkoma. Orang yang sudah tua memang sudah sewajarnya waspada dengan kanker tulang ini, apalagi jika sudah tua biasanya masalah utama kesehatan selalu saja terletak pada tulang atau jantung.

Namun jika membahas kanker, memang kurang bagus jika hanya disangkut pautkan dengan orang tua saja, karena anak – anak muda kini juga bisa saja terkena penyakit mematikan tersebut. Sehingga seharusnya orang – orang dari segala usia harus waspada.

Bacaan Lainnya

Meskipun kelihatannya tidak terlalu terkenal, namun osteosarcoma merupakan salah satu penyakit yang cukup ditakuti. Masalahnya adalah jika kanker sudah menyerang tulang, pasti akan menjadi sumber masalah untuk setiap gerakan yang Anda lakukan.

Itu sebabnya memang lebih baik sejak awal pahami dulu apa saja yang mungkin menjadi Penyebab dan Gambaran Radiologi Osteosarkoma dan bagaimana pengobatannya. Selain itu Anda juga harus tahu bagaimana gejala yang akan dirasakan penderita.

Osteosarkoma sering ditemukan di: Distal femur 40%, Tibia Proksimal 16%, dan humerus 15%. Dengan memahami apa saja gejala dan penyebabnya, Anda bisa mudah mengenali osteosarcoma dan langsung melakukan tindak pengobatan.

Gejala dan Ciri Radiologi Osteosarkoma

Osteosarcoma merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Penyakit ini juga tidak bisa diabaikan begitu saja, karena dampaknya sangat berpengaruh untuk kehidupan sehari – hari. Sama halnya dengan dampak yang ditimbulkan oleh penyakit kanker jenis lainnya.

Gambaran Radiologis Osteosarkoma1Radiopaedia. 2023. Osteosarcoma. https://radiopaedia.org/articles/osteosarcoma. :

  1. Destruksi tulang baik cortex dan medulla

  2. Periosteal reaction agresif

  3. Surburst appearance

  4. Codman Triangle

  5. matrix ossifikasi dan kalsifikasi

  6. moth-eaten appearance

Itu sebabnya, sebelum memahami apa saja Penyebab dan Gambaran Radiologi Osteosarkoma, Anda juga harus tahu beberapa gejalanya berikut ini.

  1. Pincang saat berjalan jika kankernya berada di bagian kaki
  2. Terasa nyeri saat mengangkat sesuatu jika kankernya berada di bagian tangan
  3. Tulang tiba – tiba retak atau patah tanpa ada penyebabnya
  4. Bengkak dan kemerahan di area yang terkena kanker
  5. Muncul benjolan yang terasa nyeri dan hangat saat diraba

Jika Anda merasakan gejala tersebut, sebaiknya langsung periksakan saja ke dokter. Jika memang benar mengalami osteosarcoma, biasanya akan terlihat ciri radiologis berupa hasil USG yang menunjukkan adanya sel kanker. Pada kanker tulang, dapat memicu fraktur patologis.

Agar dapat menghindari kanker, memang umumnya Anda harus mengenali Penyebab dan Gambaran Radiologi Osteosarkoma dan berusaha keras menjauhinya. Namun ada juga penyakit yang tetap muncul meskipun sudah menjalani hidup sehat dan menjauhi penyebabnya.

Pahami beberapa penyebab lain yang mungkin saja menimbulkan osteosarcoma pada tubuh Anda berikut ini. Baca juga tentang Apa itu Cangkok Tulang Bone Graft.

Penyebab dan Gambaran Radiologi Osteosarkoma dan Pengobatannya

Jika ingin jauh dari kanker, Anda harus tahu apa penyebabnya dulu. Jika kankernya menyerang tulang, tentu Anda harus tahu apa saja yang mungkin menyebabkan penyakit tersebut menyerang.

Kriteria Diagnosis berdasarkan WHO2WHO. 2020. WHO Classification of Bone Tumor. https://radiopaedia.org/articles/who-classification-of-tumors-of-bone:

  1. Gambaran radiologis bone tumor

  2. Matrik osteoid dengan formasi neoplastik bone

  3. bentuk pertumbuhan permeatif dan destruktif

Penyebab osteosarkoma paling utama adalah karena adanya kelainan genetic atau kelainan pada tulang. Kedua hal ini memang tidak bisa dihindari, karena meskipun sudah menjaga kesehatan terkadang kelainan genetic atau tulang tetap akan menyerang Anda.

Namun selain itu ada juga faktor lain yang memungkinkan terjadinya osteosarcoma, yaitu mungkin saja Anda pernah atau sedang menderita kanker jenis lain. Hal ini bisa saja berpengaruh dan membuat Anda merasakan hal – hal yang tidak diinginkan. Baca juga Perbedaan Splinting dan Casting pada Patah Tulang.

Jika Anda merasa pernah menemui salah satu dari Penyebab dan Gambaran Radiologi Osteosarkoma tersebut, lalu Anda merasakan gejala – gejalanya, sebaiknya langsung saja melakukan pengobatan. Setidaknya ada 3 jenis pengobatan yang bisa dilakukan untuk membuat Anda sembuh.

  1. Operasi

Operasi merupakan Tindakan pengobatan paling awal yang bisa dilakukan. Operasi akan membantu penderita lepas dari kanker, karena dokter akan membedah dan mengeluarkan sel kankernya tersebut. Namun tentu saja pengobatan ini masih belum terjamin keberhasilannya.

Alasannya adalah karena operasi yang berhasil biasanya terjadi jika ada keinginan kuat dan dukungan dari pasien. Dengan kata lain pasien harus sebisa mungkin menjaga kondisi. Setelah itu baru didukung oleh kemampuan dokter yang handal.

Operasi juga belum tentu terjamin karena tergantung tingkat keparahan kankernya. Namun Anda masih bisa mencoba cara lainnya.

  1. Kemoterapi

Kemoterapi juga sangat umum dilakukan pada penderita kanker, termasuk salah satunya adalah osteosarcoma. Kemoterapi merupakan Tindakan pengobatan dengan cara memberikan obat untuk membunuh sel kankernya. Misalnya dengan memberi obat pil atau melalui infus.

Kemoterapi bisa dilakukan sebelum operasi. Namun lebih banyak dilakukan setelah operasi. Jadi setelah operasi untuk mengambil sel kankernya, sisa sel tersebut akan dibasmi menggunakan tahap kemoterapi ini.

  1. Radioterapi

Kemudian cara terakhir yang bisa dilakukan adalah radioterapi. Tahapan ini dilakukan setelah operasi untuk membunuh sel kanker yang masih tersisa. Namun terkadang digunakan khusus untuk pasien yang tidak bisa menjalani operasi karena beberapa alasan.

Radioterapi merupakan cara pengobatan dengan menggunakan sinar X atau sinar proton. Sinar ini akan diarahkan ke bagian tubuh terkena osteosarcoma, kemudian membunuh sel – sel kankernya.

Anda bisa saja tetap menghindari penyakit ini dengan berusaha menjaga kesehatan. Lakukan olahraga dengan rutin dan makan makanan sehat. Namun meskipun ada Penyebab dan Gambaran Radiologi Osteosarkoma tidak dapat dihindari, Anda bisa tetap sembuh dengan pengobatan tersebut.

References

  • 1
    Radiopaedia. 2023. Osteosarcoma. https://radiopaedia.org/articles/osteosarcoma.
  • 2
    WHO. 2020. WHO Classification of Bone Tumor. https://radiopaedia.org/articles/who-classification-of-tumors-of-bone
Baca Juga:  Calcium untuk Patah Tulang Ternyata Cukup Efektif, Nomor 2 bikin Kaget

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *