Ketahui Cara Membersihkan Telinga dengan Tepat dan Aman

Cara membersihkan telinga harus dilakukan secara tepat agar aman, sebab organ tubuh satu ini sangat penting dan cukup sensitif. Apabila Anda terburu-buru dan asal-asalan, bisa jadi menimbulkan permasalahan bahkan hingga penyakit berbahaya.

Sebenarnya, organ tubuh satu ini sudah memiliki mekanisme sendiri untuk membersihkan bagian dalamnya dari partikel menganggu. Anda hanya cukup mengusap bagian luarnya menggunakan sabun dan air, kemudian mengeringkannya dengan kain maupun handuk.

Bacaan Lainnya

Selain cara tersebut, Anda juga dapat melakukan cara membersihkan telinga yang benar menggunakan obat tetes. Langkah ini akan membantu Anda mengeluarkan berbagai kotoran di dalamnya sehingga menyumbat pendengaran dan memberikan rasa tidak nyaman.

Apabila Anda sudah mengetahui langkah-langkahnya, maka akan lebih mudah membersihkannya secara mandiri. Namun jika takut berisiko timbul permasalahan atau penyakit, maka bisa menggunakan prosedur dari dokter.

Cara Membersihkan Telinga Secara Tepat dan Aman

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk membersihkan telinga secara tepat dn aman. Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk membersihkan bagian dalam organ telinga tanpa khawatir menimbulkan permasalahan.

  1. Menggunakan Tetes Telinga

Apabila Anda merasakan adanya sumbatan pada organ satu ini, maka Anda dapat mengatasinya menggunakan obat tetes telinga. Perlu diperhatikan, penggunaan tetes telinga tidak hanya sekedar diteteskan, namun memastikan jika cairannya sudah benar-benar masuk.

Ada cukup banyak jenis obat tetesnya, salah satunya adalah hidrogen peroksida atau sodium bikarbonat. Kedua jenisnya ini dijual secara bebas di apotek, namun Anda tetap harus memperhatikan petunjuk pemakaian yang ada pada labelnya.

  • Jika Anda memiliki kulit sensitif maupun memiliki riwayat kelaian pada organ satu ini, maka sebaiknya melakukan konsultasi pada dokter terlebih dahulu. Cara membersihkan telinga dengan obat tetes sendiri bisa menggunakan langkah berikut.
  • Pertama, pastikan sudah mencuci tangan menggunakan air dan sabun, lalu hangatkan kemasan obat dengan menggenggamnya selama 1-2 menit saja. Setelah membuka botolnya, letakkan pada tempat bersih dan kering.
  • Cara membersihkan telinga selanjutnya adalah memiringkan kepala hingga menghadap ke atas. Langkah pembersihan berikutnya baik pada dewasa maupun anak-anak yaitu dengan menarik daun telinga ke atas dan belakang.
Baca Juga:  Perbedaan ASI dan Susu Formula terbaik (Update)

Teteskan obat dan tarik pelan daun telinganya ke atas dan bawah sehingga cairan bisa masuk ke bagian dalam. Tetap miringkan kepala pada posisi tidur selama 2 hingga 5 menit, lalu tekan bagian depannya sehingga mendorong obat masuk ke dalam.

  1. Minyak Zaitun atau Baby Oil

Selain menggunakan obat tetes, cara membersihkan telinga juga dapat menggunakan minyak zaitun maupun baby oil. Cukup teteskan minyak zaitun maupun baby oil ke telinga yang bermasalah, lalu tunggu hingga kurang lebih lima menit.

Minyak zaitun sendiri sering digunakan karena jarang memberikan efek samping alergi pada penggunanya. Meskipun demikian, Anda perlu waktu cukup lama dalam melakukan earwax yang keras menjadi cukup lunak dan mudah dikeluarkan.

  1. Periksa THT

Jika Anda tidak yakin bisa menggunakan cara membersihkan telinga secara tepat dan aman, maka bisa mengunjungi dokter THT. Selain lebih aman, Anda juga bisa mengatasi semua permasalahan telinga secara profesional.

Sebaiknya, lakukan pemeriksaan ke THT secara rutin, umumnya satu bulan sekali atau sesuatu petunjuk dokter. Pemeriksaan ke THT juga sangat penting oleh pasien yang sudah mulai menua karena berbagai masalah bisa muncul secara bertahap.

Tes sendiri perlu dilakukan sejak awal untuk mengukur permasalahan serta pertimbangan dalam mengambil tindakan. Jadi Anda sudah tidak perlu lagi khawatir jika terjadi gangguan pendengaran, sebab dapat lebih aman menggunakan jasa dokter THT.

Organ pendengaran sangat penting serta sangat sensitif, sehingga cara membersihkan kotorannya tidak boleh sembarangan. Ada beberapa cara membersihkan telinga yang cukup aman serta mengurangi terjadinya permasalahan pendengaran.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *