Manfaat Berjemur Pagi Hari dan Waktu Terbaik Melakukannya

Manfaat berjemur pagi hari cukup banyak terutama bagi kesehatan tubuh. Seperti diketahui bahwa dengan aktivitas ini, Anda bisa merasakan bagaimana manfaat vitamin D yang memang diperlukan, karena punya peranan penting.

Perlu diketahui, waktu terbaik untuk melakukan kegiatan tersebut adalah antara jam 6 pagi hingga pukul 9 pagi. Pada saat itu, sinar matahari masih rendah dan tidak terlalu kuat. Vitamin D berperan penting untuk regulasi hormonal tulang.

Bacaan Lainnya

Dengan begini, risiko terkena sinar UV yang berbahaya dapat diminimalkan. Karena sinar UV ini memang sangat berbahaya terutama bagi kulit. Maka dari itu, saat berjemur disarankan maksimal 30 menit saja. Pilihlah dibawah jam 9, agar mendapat sinar UVB yang tidak merusak. Waktu terbaik berjemur adalah Jam 6-9 pagi.

Perbedaan Sinar UV A, UV B dan UV C

  • Sinar UV C memiliki panjang gelombang Pendek dan diabsorbsi oleh ozon atmosfere.
  • Sinar UV B memiliki efek di permukaan kulit, memicu kemerahan, terbakar dan kanker kulit. Terkuat pada jam 10 pagi hingga jam 4 sore.
  • Sinar UV A memiliki panjang gelombang terpanjang, mencapai sampai kedalaman kulit, dan memicu pengkerutan kulit dan aging atau penuaan kulit. Sinar ini dapat mencapai lapisan Epidermis hingga Dermis. Sinar UV A menjadi 95% radiasi kulit1Wilson BD. 2012. Comprehensive Review of Ultraviolet Radiation and the Current Status on Sunscreens. J Clin Aesthet Dermatol. 2012 Sep; 5(9): 18–23. .

Manfaat Berjemur Pagi hari Untuk Kesehatan Tulang

Vitamin D telah diketahui memiliki peran penting dalam homeotasis calsium dan metabolisme tulang. Efek Vitamin D lebih dari hormon. Vitamin ini merupakan nutrisi esensial yang belum dapat disintesis tubuh.

  • Kulit memiliki Provitamin D3 7-Dehydrocholesterol, sebuah precusor dari vitamin D.
  • ProVitamin D3 akan di konversi menjadi PreVitamin D3 melalui Radiasi UVB (sinar UV B) yang berpenetrasi di kulit2Knuschke P. 2021. Sun Exposure and Vitamin D. Surber C, Osterwalder U (eds): Challenges in Sun Protection. Curr Probl Dermatol. Basel, Karger, 2021, vol 55, pp 296–315.
  • Selama paparan Sinar Matahari, 7-Dehydrocholesterol di kulit akan menyerap radiasi UV B dan mengubah previtamin D3 menjadi isomer Vitamin D3.
  • Vitamin D dimetabolisme di Liver dan Ginjal menjadi 25-hydroksivitamin D dan 1.25 -dehydroksivitamin D  dalam bentuk aktifnya.
  • 1.25-dehydroksivitamin D inilah yang berperan penting dalam mengatur metabolisme calcium dan phosfat pada muskuloskeletal3Wacker M. 2013. Sunlight and Vitamin D. Dermatoendocrinol. 2013 Jan 1; 5(1): 51–108. Published online 2013 Jan 1.
Baca Juga:  Manfaat Buah Kiwi yang Sering di remehkan

Manfaat Berjemur Pagi Hari yang Perlu Diketahui

Bukan hanya mendapatkan vitamin D saja, tetapi ada beberapa manfaat lain yang juga bagus untuk tubuh ketika Anda melakukannya rutin, setidaknya satu minggu 2 atau 3 kali. Tetapi jangan terlalu sering.

Oleh karena itu, cobalah simak pembahasannya di bawah ini. Di mana kami sudah memberikan beberapa poin penting mengenai manfaat apa saja yang akan dirasakan ketika Anda rutin berjemur setiap pagi.

1.     Meningkatkan Mood Sehingga, Lebih Bersemangat

Manfaat berjemur pagi hari juga dapat membantu meningkatkan mood dan energi dalam tubuh. Paparan sinar matahari tersebut pada pagi hari dapat meningkatkan produksi serotonin sehingga mood Anda lebih baik.

  • Serotonin adalah hormon yang dapat membantu mengatur suasana hati, meningkatkan energi, dan mengurangi stres. Menambahkan kadarnya membuat hari Anda menjadi lebih berwarna dan bersemangat sehingga melakukan berbagai aktivitas nyaman saja.
  • Harus diakui semangat dalam bekerja itu memang penting. Dengan begini dalam kondisi serta berbagai situasi tetap mampu berpikir positif, bahkan berpengaruh juga ke kesehatan mental Anda.

2.     Mampu Menenangkan Siklus Tidur

Manfaat berjemur pagi hari juga dapat membantu mengatur siklus tidur Anda. Paparan sinar matahari pada pagi hari membantu setiap orang dalam mengatur produksi hormon melatonin dalam tubuh manusia.

  • Melatonin sendiri merupakan hormon yang membantu mengatur jam biologis tubuh dan siklus tidur manusia. Perlu diketahui senyawa ini sendiri berada di kelenjar Pineal yang terletak di bagian otak.
  • Besarnya sendiri sebiji kacang polong, apabila terganggu bukan tidak mungkin kalau tidur Anda juga kurang baik. Perlu diketahui juga bahwa produksi Melatonin sendiri dapat ditingkatkan juga melalui pola makan.

Hanya saja, menurut beberapa pakar manfaat berjemur pagi menjadi yang terbaik diantara semua cara meningkatkan produksi. Selain itu, meditasi menjadi salah satu langkah lain agar tidur tidak terganggu.

Baca Juga:  Suntik Meningitis : Panduan Manfaat hingga Efek Samping

3.     Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Di atas kami membahas manfaat dari berjemur di pagi hari adalah mendapatkan vitamin D saja. Bila di bahas lebih jauh lagi kandungan tersebut bukan hanya bagus bagi kesehatan melainkan kulit.

  • Matahari adalah tabir surya alami sehingga memberikan perlindungan alami dari berbagai macam permasalahan. Beberapa diantaranya adalah Glikosilasi Kolagen yaitu protein kolagen yang akhirnya rusak dalam tubuh.
  • Hal tersebut dapat terjadi akibat gula darah yang cukup tinggi, permasalahan tidak cukup sampai disitu saja, melainkan bisa menyebabkan terjadinya kendala serius, mulai dari penuaan dini pada kulit.
  • Manfaat berjemur pagi hari mampu memberikan ketenangan pada kulit yang meradang. Tidak heran, bila mereka yang rutin melakukannya mempunyai kondisi lebih sehat, bagus, dan tampak cerah alami.
  • Harus diakui bahwa aktivitas berjemur walau hanya 15 sampai 30 menit sudah cukup memberikan berbagai kemampuan untuk meningkatkan kesehatan dalam tubuh. Perlu diingat lagi jangan sampai salah waktu.

Pada dasarnya saat melakukan aktivitas ini bukan waktu yang jadi patokannya melainkan kandungan sinar UV atau indeksnya. Hal tersebut bisa dilihat melalui smartphone, usahakan di angka 0-2. Berjemur setiap pagi dapat memperbaiki struktur tulang anda, dan mencegahnya menjadi keropos serta mencegah terjadi OSTEOPOROSIS.

Agar meraih angka itu biasanya terjadi di pukul 6 sampai 9, hanya saja jangan berpatokan pada jam, melainkan indikator di smartphone. Dengan begini Anda dapat merasakan benar manfaat berjemur pagi hari.

References

  • 1
    Wilson BD. 2012. Comprehensive Review of Ultraviolet Radiation and the Current Status on Sunscreens. J Clin Aesthet Dermatol. 2012 Sep; 5(9): 18–23.
  • 2
    Knuschke P. 2021. Sun Exposure and Vitamin D. Surber C, Osterwalder U (eds): Challenges in Sun Protection. Curr Probl Dermatol. Basel, Karger, 2021, vol 55, pp 296–315
  • 3
    Wacker M. 2013. Sunlight and Vitamin D. Dermatoendocrinol. 2013 Jan 1; 5(1): 51–108. Published online 2013 Jan 1

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *