Osteoporosis: Penyabab, Apa dan Bagaimana

Salah satu penyakit tulang yang kerap terjadi adalah osteoporosis, tapi tahukah Anda apa penyebab osteoporosis itu? Untuk mengetahuinya, sebaiknya kenali pula seperti apa gejala dan penyebab, hingga bagaimana cara terbaik untuk mencegah dan mengobati penyakit ini.

Pasalnya, osteoporosis merupakan masalah kesehatan yang kerap terjadi pada orang berusia lanjut usia (lansia). Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan diri sejak dini untuk mencegah agar tubuh Anda tidak terkena penyakit ini di usia senja nanti.

Bacaan Lainnya

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui bagaimana metode yang tepat untuk mengobatinya untuk membantu orang tua atau keluarga yang sudah terlanjur terkena osteoporosis. Jadi, kenali dulu definisinya supaya Anda memahami langkah penanganannya.

Apa Osteoporosis, Penyebab, dan Gejalanya

Pada dasarnya, osteoporosis adalah kondisi di mana tulang menjadi lemah dan rapuh, sehingga meningkatkan risiko patah tulang. Kondisi ini sering terjadi pada orang lanjut usia, terutama wanita setelah menopause, tetapi dapat juga terjadi pada orang yang lebih muda. Jenis Osteoporosis dibagi menjadi primer dan sekunder.

Ada beberapa faktor penyebab yang dapat mempengaruhi risiko seseorang mengalami osteoporosis. Di antaranya yaitu termasuk faktor genetik, pola makan yang buruk, kurangnya aktivitas fisik, penggunaan obat tertentu, hingga kondisi medis tertentu.

Osteoporosis seringkali tidak memiliki gejala di awalnya. Namun, ketika tulang menjadi sangat rapuh, seseorang dapat mengalami patah tulang atau fraktur dengan sangat mudah, misalnya patah pinggul, tulang belakang, hingga pergelangan tangan. Osteoporosis dapaat memicu fraktur patologis dengan risiko pemasangan bone graft.

Baca Juga:  Fraktur Smith : Bedanya dengan Colles dan Borton

Bagaimana Metode Mencegah dan Mengobati Osteoprosis?

Setelah memahami definisi terkait apa penyebab osteoporosis, penting pula untuk memahami bahwa kondisi ini dapat dicegah dan diobati. Ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengurangi risiko terkena masalah ini dan memperkuat tulang, yaitu sebagai berikut:

  1. Konsumsi makanan sehat dan seimbang

Pola makan yang buruk dapat mempengaruhi kesehatan tulang. Pastikan Anda mengonsumsi makanan kaya kalsium dan vitamin D. Kalsium diperlukan untuk pembentukan tulang yang sehat, sedangkan vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium.

Makanan kaya kalsium bisa berupa produk susu, kacang-kacangan, sayuran hijau, hingga ikan, contohnya seperti salmon. Adapun vitamin D dapat diperoleh dari sinar matahari, telur, dan produk susu yang diperkaya.

  1. Lakukan olahraga secara teratur

Untuk mengetahui seperti apa osteoporosis bisa dicegah, salah satu alternatifnya adalah dengan melakukan aktivitas fisik teratur untuk membantu memperkuat tulang. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda, atau berenang.

  1. Hindari rokok dan alkohol

Gaya hidup tidak sehat sangat berpengaruh terhadap risiko penyakit, termasuk osteoporosis. Misalnya, merokok dan mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat mempengaruhi kesehatan tulang, jadi hindari rokok serta batasi konsumsi alkohol Anda.

  1. Periksa ke dokter secara teratur

Sebagai langkah mendeteksi apa osteoporosis dan gejalanya, sebaiknya lakukan pemeriksaan rutin ke dokter untuk membantu mengidentifikasi risiko dan mengambil langkah pencegahan terbaik. Pasalnya, setiap orang memiliki risiko terkenal masalah ini jika sudah lanjut usia.

  1. Konsumsi suplemen kalsium dan vitamin D jika diperlukan

Terakhir, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen kalsium serta vitamin D, terutama jika nutrisinya tidak cukup terpenuhi dari makanan. Namun, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memilih suplemen.

  1. Konsumsi obat penguat tulang
Baca Juga:  Ketahui Penyebab HIP Dysplasia Bayi dan Perawatannya

Jika sudah terlanjur kena, maka sebagai langkah pengobatan dokter akan meresepkan obat untuk meningkatkan kepadatan tulang, seperti bisfosfonat, teriparatid, atau denosumab. Pastikan untuk mengonsumsi obatnya secara rutin sesuai anjuran dokter.

Kesimpulannya, osteoporosis adalah kondisi yang dapat dicegah dan diobati dengan melakukan langkah-langkah pencegahan tertentu. Jadi, kenali apa osteoporosis itu sedini mungkin dan terapkan gaya hidup sehat agar Anda terhindar dari penyakit ini. Baca juga pengobatan osteoporosis.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *