Jenis Lemak : Trans, Saturated, dan Non Saturated

Jenis Lemak dalam Tubuh Manusia

0
1459

Jenis lemak dalam tubuh kita dibagi menjadi saturated, dan non saturated. Lemak adalah nutrisi yang memberikan energi. Lemak mempunyai 9 kalori setiap gramnya. Lemak akan membantu dalam absorbsi vitamin A,D,E dan K. Lemak terdiri dari saturated dan nonsaturated, dan kebanyakan makanan mempunyai lemak dari kedua tipe ini.

Jenis Lemak dalam Tubuh

  1. Lemak Saturated

Lemak saturated adalah solid pada suhu ruangan dan dikenal dengan lemak solid. Kebanyakan terdapat pada makanan berasal dari hewani seperti susu, keju dan daging. Ikan memiliki kadar lemak saturated rendah dibandingkan daging merah.

Lemak satuated juga terdapat pada minyak tropical seperti minyak kelapa, minyak sawit dan coklat. Anda juga dapat menemukan minyak tropikal ada berbagai macam snack dan makanan seperti krimer. Makanan dengan mentega dan margarin juga memiliki lemak saturated tinggi. Lemak saturated dapat meningkatkan kadar kolesterol. Diet sehat sebaiknya kurang dari 10% kalori harian dari lemak saturated.

  1. Lemak Trans

Lemak trans telah diubah dengan proses hidrogenasi. Proses ini akan meningkatkan daya tahan lemak terutama pada suhu ruangan. Lemak akan lebih keras dan kruncy. Lemak trans dapat meningkatkan kolesterol tubuh sehingga disarankan hanya makan sedikit. Lemak jenis ini ditemukan pada makanan snack, cracker, biskuit, salad, margarin dan lainnya.

  1. Lemak Non Saturated

Lemak non saturated adalah cairan pada suhu ruangan. Kebanyakan minyak ini didapat dari tanaman. Jika anda makan lebih banyak lemak non saturated akan memperbaiki kadar kolesterol. Jenis lemak nonsaturated meliputi mono non saturated dan poly non saturated.

  • Mono Non Saturated : lemak ini terdapat pada alpukat, kacang dan minyak sayur. Makan makanan dengan lemak tipe ini akan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Lemak mono non saturated juga akan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).
  • Poly Non Saturated : Lemak jenis ini terdapat pada bunga matahari, kedelai dan minyak jagung. Lemak tipe ini juga ditemukan pada makanan laut. Makan makanan tipe ini akan menurunkan LDL. Terdapat 2 jenis lemak poly non saturated yaitu omega 3 dan omega 6 fatty acids.
Baca Juga:  Manfaat asam folat bagi Ibu Hamil : Dosis dan Sumber

a. Omega 3 : ditemukan pad kedelai, canola, dan walnut. Ini juga ditemukan pada kerang dan ikan yang diketahui dengan EPA dan DHA (Eicosapentaenoic acid dan decosahexaenoic acid). Ikan salmon, anchovi, sarden, mackerel dan lainnya sangat tinggi EPA dan DHA. Konsumsi yang disarankan sekitar 250 mg setiap hari.

b. Omega 6 : ditemukan terbanyak pada minyak ikan, minyak jagung, minyak kedelai dan minyak sayur.

4. Lemak Total

Lemak total meliputi saturated, polynon saturated, monononsaturated dan lemak trans. Setiap anda makan makanan, perhatikan label dan kandungan gizi. Perhatikan kandungan lemak yang ada. Dan sebaiknya makan makanan dengan lemak non saturated yang tinggi omega 3 dan omega 6.

Oleh: dr. M. Wiwid Santiko

Ringkasan Artikel
Jenis Lemak : Trans, Saturated, dan Non Saturated
Judul Artikel
Jenis Lemak : Trans, Saturated, dan Non Saturated
Deskripsi
Jenis lemak dalam tubuh kita dibagi menjadi saturated, dan non saturated. Lemak adalah nutrisi yang memberikan energi. Lemak mempunyai 9 kalori setiap gramnya.
Author
Publisher Name
DokterMuslim
Publisher Logo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here