4 Penyebab Tangan Sering Kesemutan, Gejala Diabetes?

Penyebab tangan sering kesemutan bisa berasal dari banyak faktor. Salah satunya sering dialami oleh mereka yang memiliki pekerjaan di depan layar komputer. Minimnya mobilitas membuat aliran peredaran darah menjadi terganggu.

Kesemutan pada area tangan sendiri merupakan keluhan yang cukup umum terjadi. Namun, jika intensitasnya cukup sering tentu akan menghambat aktivitas kita sehari-hari. Karena itulah kita harus mencari tahu penyebabnya sehingga keluhan tersebut bisa diatasi.

Bacaan Lainnya

Secara khusus, artikel kali ini akan membahas beberapa hal yang menyebabkan tangan sering kesemutan. Jika saat ini Anda juga merasakan keluhan yang sama, maka pembahasan di bawah ini bisa menjadi solusi yang Anda butuhkan.

Penyebab Tangan Sering Kesemutan atau Kebas

Sensasi kebas atau kesemutan pada tangan dapat membuat kita kesulitan untuk menggerakkannya secara bebas. Adapun penyebab kesemutan sering terjadi pada area tangan adalah sebagai berikut:

1. Sindrom Terowongan Karpal (Carpal Tunnel Syndrome)

Ini adalah kondisi di mana saraf di area pergelangan tangan tertekan sehingga menyebabkan rasa kesemutan, kebas, dan sakit. Hal ini bisa terjadi karena tangan bersangkutan menopang terlalu lama anggota tubuh lain saat bersandar.

2. Sindrom Raynaud

Penyebab tangan sering kesemutan selanjutnya adalah adanya sindrom raynaud atau adanya penyempitan pada pembuluh darah arteri. Hal ini membuat aliran darah ke ujung jari-jari menjadi berkurang sehingga menyebabkan kebas.

3. Diabetes

Penderita diabetes sering mengalami gangguan sirkulasi darah yang dapat menyebabkan sensasi kebas pada tubuhnya. Jika rasa kebas terjadi secara tiba-tiba tanpa ada pemicu seperti tangan tertindih, maka kemungkinan gejala diabetes bisa saja terjadi.

Baca Juga:  Filariasis atau Kaki Gajah

4. Kebiasaan Merokok

Merokok juga bisa menjadi salah satu penyebab tangan sering kesemutan karena kebiasaan ini dapat merusak aliran darah dalam tubuh. Semakin banyak batang rokok yang dihabiskan, maka akan semakin memperburuk kondisi kesemutan.

Cara Mengatasi Tangan Sering Kebas

Agar aktivitas keseharian Anda tetap lancar, tentu masalah kebas pada area tubuh tertentu harus ditangani dengan tepat. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan sensasi kebas:

1. Aktif Bergerak dan Rutin Berolahraga

Penyebab tangan sering kesemutan paling umum adalah terganggunya aliran darah ke tangan atau jari. Dengan aktif bergerak dan rutin berolahraga, aliran darah di dalam tubuh akan menjadi lebih lancar sehingga kita tidak mudah mengalami kebas.

2. Perbanyak Asupan Vitamin B

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengatasi kesemutan adalah vitamin B dan juga magnesium. Untuk vitamin B, Anda bisa mengonsumsi makanan seperti apel, pisang, blueberry, atau alpukat yang juga mengandung magnesium.

3. Hentikan Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok kerap menjadi sumber masalah dari kondisi kesehatan tertentu, termasuk kesemutan. Oleh karena itu, mulailah hidup sehat dengan mengurangi atau menghentikan kebiasaan merokok.

4. Latihan Peregangan

Ketegangan otot dan saraf juga bisa menjadi penyebab tangan sering kesemutan. Untuk itu, Anda bisa melakukan latihan peregangan secara rutin, terutama di area-area yang sering mengalami kebas.

5. Pemberian Obat

Pada kondisi yang lebih parah, dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk minum obat-obatan tertentu. Obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) dan obat pereda nyeri tertentu dapat membantu mengurangi gejala.

Sensasi kebas pada tubuh adalah masalah umum yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kondisi medis dan gaya hidup. Karenanya, kita harus tahu apa penyebab dari masalah ini dan menentukan penanganan yang tepat.

Baca Juga:  Reumatoid Artritis – Komplikasi dan Manifestasi Ekstraartikuler (Part.2 of 4)

Dengan perubahan gaya hidup yang lebih sehat, masalah kesemutan biasanya akan teratasi. Jika penyebab tangan sering kesemutan masih belum diketahui, sebaiknya hubungi dokter untuk bisa berkonsultasi lebih intens.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *