Mengenal Ewing Sarcoma (Tumor Ganas Tulang) dan Gejalanya

Ewing Sarcoma harus dipahami dengan benar jika Anda sedang mempelajari jenis – jenis kanker. Memang saat usia muda atau tua, Anda harus tetap waspada dengan segala jenis penyakit yang mungkin saja menyerang.

Kanker adalah salah satu jenis penyakit yang cukup ditakuti, karena banyak penderitanya berakhir meninggal. Memang ada beberapa pengobatan yang bisa dilakukan jika mengalami kanker, namun terkadang membutuhkan biaya dalam jumlah besar.

Bacaan Lainnya

Itu sebabnya orang – orang banyak belajar tentang jenis – jenis kanker kemudian berusaha menghindarinya. Hal ini bagus karena Anda bisa berusaha menjaga diri dari penyakit mematikan. Salah satunya dengan mempelajari apa Ewing Sarcoma. Jenis kanker ini berbeda dengan Osteosarcoma1Durer S. 2022. Ewing Sarcoma. StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2023 Jan. 2022 Mar 7..

Jika Anda belum pernah mendengar jenis penyakit ini, mungkin saja karena tidak banyak orang yang menderitanya. Namun tetap harus dipahami apa pengertiannya, penyebab serta gejala yang mungkin timbul pada penderita.

Pengertian Ewing Sarcoma dan Penyebabnya

Salah satu jenis kanker yang cukup mematikan dan menggerogoti sedikit demi sedikit adalah ewing sarcoma. Meskipun tidak begitu banyak manusia menderita penyakit ini, namun harus diwaspadai karena dampaknya sama saja dengan jenis kanker lain.

  • Ewing sarcoma adalah jenis kanker yang menyerang bagian jaringan lunak pada tulang atau sekitarnya, bisa saja terjadi pada bagian tulang mana saja.
  • Ewing sarcoma bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia, sama halnya dengan jenis kanker lainnya. Umumnya orang akan berusaha mencari tahu apa penyebabnya sehingga mereka bisa menjauhi penyebab tersebut, tujuannya adalah agar tidak menderita.
  • Namun ternyata ewing sarcoma sampai saat ini masih belum diketahui apa penyebabnya. Jadi Anda baru bisa belajar apa ewing sarcoma dan bagaimana gejalanya. Memang bidang kedokteran kini sudah maju, namun masih ada masalah kesehatan yang tidak terjawab.
  • Sampai saat ini banyak ahli mengatakan bahwa penyakit ini bisa saja terjadi karena mutase genetic, namun masih tidak tahu bagaimana alurnya. Para peneliti juga sudah mencari tahu dan menemukan bahwa penyakit ini tidak berhubungan dengan faktor penyebab eksternal.
Baca Juga:  Ketahui Penyebab HIP Dysplasia Bayi dan Perawatannya

Misalnya karena paparan radiasi, lingkungan kurang sehat dan lain sebagainya. Bahkan peneliti juga mengatakan bahwa penyakit ini tidak disebabkan oleh keturunan. Hanya saja mungkin ada mutase genetic, namun mutase genetic juga bisa saja terjadi secara acak.

Sehingga satu – satunya hal yang bisa Anda lakukan adalah melakukan Tindakan pengobatan jika mengalami gejala – gejalanya. Itu sebabnya Anda harus belajar apa saja gejalanya selain Ewing sarcoma.

Jika Anda belum pernah mendengar nama penyakit ini dan tidak tahu apa gejalanya, coba pelajari penjelasannya berikut ini.

Gejala Ewing Sarcoma

Gejala merupakan hal – hal yang bisa Anda rasakan ketika ada penyakit di dalam tubuh. Ewing sarcoma sebagai salah satu penyakit mematikan tentu saja dapat dideteksi dengan melihat gejala yang dirasakan oleh pasien.

Meskipun tidak ada penjelasan mengenai penyebab utama penyakit ini, namun Anda bisa didiagnosis setelah menyampaikan ke dokter karena merasakan beberapa gejala berikut2Zollner SK. 2021. Ewing Sarcoma-Diagnosis, Treatment, Clinical Challenges and Future Perspectives. J Clin Med . 2021 Apr 14;10(8):1685. doi: 10.3390/jcm10081685.

  1. Penurunan Nafsu Makan dan Berat Badan

Ewing sarcoma memiliki gejala umum yaitu adanya penurunan nafsu makan dan berat badan. Penurunan ini biasanya terjadi sangat drastis tanpa adanya sebab penyakit lain. Jadi jika ada penurunan nafsu makan dan berat badan drastis, sebaiknya jangan remehkan hal ini.

Selain itu penurunan nafsu makan dan berat badan juga diikuti dengan wajah pucat. Segera periksakan pada dokter jika sampai mengalami hal tersebut.

  1. Patah Tulang Tanpa Sebab

Kemudian gejala lainnya adalah patah tulang tanpa sebab. Seperti pada Ewing sarcoma, penyakit ini menyerang jaringan lunak tulang dan sekitarnya, sehingga mungkin saja menyebabkan patah tulang tanpa ada penyebab lain seperti jatuh, kecelakaan atau lainnya.

Baca Juga:  Osteoporosis: Penyabab, Apa dan Bagaimana

Jika Anda merasakan patah tulang disertai nyeri hebat, maka jangan sampai menunda lagi untuk memeriksakannya ke dokter, karena penyakit mematikan ini harus segera diobati dengan benar.

  1. Lumpuh

Lumpuh juga bisa menjadi salah satu gejalanya, namun lumpuh adalah gejala khusus karena tidak selalu terjadi. Biasanya jika sudah mengalami gejala penurunan berat badan, penurunan nafsu makan, patah tulang dan lumpuh, maka penyakit kankernya bisa dibilang cukup parah.

Biasanya gejala lumpuh terjadi pada penderita yang letak kankernya adalah di bagian tulang belakang.

Sedangkan ciri radiologisnya adalah ewing sarcoma akan menunjukkan hasil CT scan yang menunjukkan adanya sel kanker di daerah tulang. Anda bisa langsung menemui dokter dan memeriksakan diri jika mengalami gejala – gejala tersebut.

Pengobatan yang bisa dilakukan adalah operasi dan kemoterapi seperti pada umumnya. Jika memungkinkan, pasien juga bisa saja mendapat perawatan radioterapi. Meskipun terkadang membutuhkan waktu lama, namun mungkin saja penyakit ini bisa sembuh dengan cara itu.

Selain itu pastikan Anda benar – benar memahami Ewing sarcoma dengan benar dan mengingat gejalanya, jadi jangan sampai salah menilai ciri – ciri penyakit ini.

References

  • 1
    Durer S. 2022. Ewing Sarcoma. StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2023 Jan. 2022 Mar 7.
  • 2
    Zollner SK. 2021. Ewing Sarcoma-Diagnosis, Treatment, Clinical Challenges and Future Perspectives. J Clin Med . 2021 Apr 14;10(8):1685. doi: 10.3390/jcm10081685

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *