Jenis Lensa Kacamata : Tipe dan Perbedaannya

Tips Memilih Lensa Kacamata

0
1812

Jenis lensa kacamata meliputi polikarbonat, trivex, high index plastic, aspheric, photochromic, dan polarisasi. Berdasarkan focalitas, dibagi menjadi bifocal dan trifocal. Kacamata sekarang telah menjadi asesoris fashion dan style.

Kegunaannya sangat baik untuk membantu penglihatan manusia selain menggunakan kontak lensa. Terdapat jenis lensa kacamata didunia ini yang telah ditemukan. Berikut kami akan menguraikannya.

Jenis Lensa Kacamata yang Tersedia

Kemajuan teknologi lensa sangat tinggi dimana berhasil membuat kacamata eksklusif. Sekarang, kebanyakan terbuat dari plastik hi-tech. Ini membuat lebih terang dan tidak mudah pecah dibandingkan terbuat dari kaca, serta dapat melindungi mata dari sinar ultraviolet. Lensa tersebut lebih terang, tipis dan tidak mudah memuai dibandingkan bahan kaca dan jenis lastik lain.

  1. Lensa Polikarbonat

Lensa ini sangat baik dipilih apabila bermain dan berolahraga, bekerja dimana memicu benturan yang merusak kacamata, dan memiliki lingkungan anak-anak dengan aktifitas tinggi. Jenis ini juga mempunyai proteksi tinggi terhadap sinar UV.

  1. Lensa Trivex

Ini terbuat dari plastik terbaru yang mirip dengan lensa polikarbonat. Lensa ini mempunyai resistensi baik, ringan dan tipis. Lensa ini juga dapat mengkoreksi pandangan lebih baik pada beberapa orang.

  1. Lensa Hi-Index Plastik

Jika anda membutuhkan peresepan kacamata, maka lensa jenis ini sangat ringan dan tipis dibandingkan lensa anak sekolahan yang sangat tebal sebagaimana lensa jaman dahulu.

  1. Lensa Asferik

Lensa ini memiliki berbagai derajat kurvatura. Ini artiya lensa dapat lebih tipis, dan datar sehingga anda dapat menggunakan permukaan porsi lebih besar.

  1. Lensa Photochromic

Sinar matahari mengubahnya dari yang jelas menjadi berwarna. Anda mungkin tidak lagi membutuhkan kacamata hitam, meski mungkin tidak menggelapkan di mobil Anda jika kaca depan menghalangi sinar UV. Mereka bisa berupa gelas atau plastik.

  1. Lensa Polarisasi

Lensa ini akan mengurangi silau dari permukaan seperti air, sehingga sangat baik digunakan berolahraga dan menyelam. Tetapi lensa ini tidak baik untuk dashboard mobil karena menghalangi penglihatan dengan tampilan kristal liquid.

Baca Juga:  Mata berair : Penyebab, Gejala hingga Pengobatan

Gangguan penglihatan anda akan menentukan jenis lensa apa yang baik untuk anda. Lensa cekung digunakan pada rabun jauh, dan lensa cembung digunakan untuk rabun dekat. Jika anda mempunyai astigmatisma, dimana bentuk dan kurvatura kornea tidak teratur maka membutuhkan lensa silinder. Lensa ini akan membantu mengarahkan dan memusatkan cahaya ke retina untuk ditangkap reseptor.

Jenis Lensa Kacamata Multifokal

Jika ada memiliki gangguan penglihatan lebih dari satu, maka lensa multifocal seperti bifocal da trifocal diperlukan. Ini mempunyai 2 atau lebih prescription untuk mengkoreksi pandangan anda.

  1. Lensa Bifocal

Lensa ini adalah jenis tersering dari multifocal. Lensa ini terbagi menjadi 2 bagian. Bagian atas membantu penglihatan jauh, dan bagian bawah untuk penglihatan jarak dekat. Biasanya diresepkan orang dengan usia lebih dari 40 tahun yang tingkat fokus lensanya sudah tidak baik (presbiopia) atau perubahan gangguan lensa mata karena usia.

  1. Lensa Trifocal

Jenis ini adalah jenis bifocal yang memiliki 3 bagian. Lensa ini berada dibagian superior lensa bifokal dimana anda akan melihat sepertihalnya layar komputer.

Jenis Pelapis Lensa Kacamata

  1. Antireflektif : membantu menugurangi silau, refleksi, halo disekitar cahaya dan memperbaiki visualitas.
  2. Scratch resisten dan proteksi Sinar UV : lensa yang sering digunakan sekarang.
  3. Lensa Tinted : kadang-kadang, terang dan gelap akan membantu lensa melihat baik. Warna kuning akan meningkatkan kontras. Warna abu-abu pada kaca mata tidak akan merubah warna.
  4. Pelapis Mirror : jenis ini akan membuat pemakai melihat berbagai warna seperti emas, perak adn biru.

Intinya, sebelum anda memilih kacamata, maka diskusikan terlebih dahulu ke dokter terutama dokter spesialis mata. Disini akan diperiksa kelainan dan gangguan pada mata anda. Jika memungkinkan, maka dilakukan pengobatan medika mentosa dan resep kacamata. Pemilihan tepat jenis lensa akan membantu anda melihat lebih efektif dan jelas.

Baca Juga:  Mata Juling (Strabismus) : Gejala, Pemeriksaan hingga Pengobatan

Oleh: dr. M. Wiwid Santiko

Ringkasan Artikel
Jenis Lensa Kacamata : Tipe dan Perbedaannya
Judul Artikel
Jenis Lensa Kacamata : Tipe dan Perbedaannya
Deskripsi
Jenis lensa kacamata meliputi polikarbonat, trivex, high index plastic, aspheric, photochromic, dan polarisasi.
Author
Publisher Name
DokterMuslim
Publisher Logo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here