Cara Membuat Larutan Oralit Bagi Anak dan Dewasa

Cara membuat larutan oralit sering kali dibutuhkan oleh sebagian orang, hal ini dikarenakan larutan tersebut memiliki fungsi sebagai pertolongan pertama ketika seseorang terkena penyakit diare. Oleh sebab itulah banyak orang menganggap oralit sebagai obat untuk diare.

Larutan tersebut terbilang cukup unik karena bisa diracik secara mandiri dengan berbagai bahan yang ada di rumah, oleh sebab itu banyak orang menganggapnya sebagai obat dan pertolongan pertama. Karena selain mudah dibuat, juga bahannya mudah untuk ditemukan.

Bacaan Lainnya

Diare sendiri terkadang disepelakan oleh sebagian orang, namun ketika secara tiba-tiba terkena penyakit tersebut akan membuat aktivitas menjadi terhambat. Oleh sebab itu Anda perlu mengetahui cara membuat larutan oralit sebagai pertolongan pertama ketika diare. Perhatikan feses nya warna hijau, kuning, merah atau hitam.

Mengenal Terlebih Dahulu Definisi Oralit

Oralit sendiri merupakan sebuah obat yang berbentuk larutan, manfaat utama dari obat ini adalah untuk menggantikan cairan serta elektrolit yang ada di dalam tubuh. Biasanya saat seseorang terkena diare menyebabkan cairan di dalam tubuh terkuras, sehingga dehidrasi.

Karena dehidrasi menyebabkan tubuh menjadi mudah lemas dan letih untuk menjalankan segala aktivitas, oleh sebab itu cara membuat larutan oralit dibutuhkan sebagai pertolongan pertama dalam rangka mencegah serta mengatasi dehidrasi di dalam tubuh Anda tersebut.

Hal tersebut terjadi karena di dalam larutan ini terkandung kandungan elektrolit yang memiliki peran menggantikan cairan tubuh dengan cepat, karena jika tidak ditangani dengan serius menyebabkan begitu saja dapat berakibat fatal. Mulai dari rasa haus berlebih hingga pusing.

Baca Juga:  Alergi Coklat : Gejala hingga Pengobatan

Bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Larutan Oralit

Sebelum mengetahui cara membuat larutan oralit, alangkah baiknya untuk mengetahui bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuatnya. Sehingga Anda dapat membuatnya dengan sempurna untuk mendapatkan khasiat sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Banyak orang beranggapan bahwa setiap jenis obat memiliki bahan yang cukup sulit untuk ditemukan serta memiliki harga tinggi, namun hal tersebut merupakan mitos belaka. Karena untuk membuat oralit Anda mudah ditemukan di mana saja, sehingga tidak perlu bingung.

Bahan yang dibutuhkan dalam cara buat larutan oralit umumnya adalah gula, garam, serta ait putih. Oleh sebab itulah di Indonesia terkadang larutan obat ini disebut sebagai Larutan Gula Garam atau bisa disingkat menjadi LGG, berasal dari bahan penyusun obat ini.

Cara Membuat Larutan Oralit untuk Orang Dewasa

Dosis yang dibutuhkan untuk membuat larutan tersebut berbeda bagi anak dan dewasa, karena kebutuhan cairan didalam tubuh yang berbeda. Pada diare, awasi tanda bahaya diare pada anak. Perbedaannya terletak pada takaran dalam bahan yang digunakan untuk membuat obat ini, bahannyapun semuanya sama.

  1. Langkah pertama dalam membuat larutan oralit adalah menyiapkan bahan terlebih dahulu, pertama siapkanlah 6 sendok teh gula, setengah sendok teh garam, serta satu liter air.
  2. Selanjutnya persiapkan tempat untuk mencampur bahan tersebut, biasanya memakai gelas.
  3. Pastikan gelas sudah dicuci terlebih dahulu sehingga steril saat digunakan, selanjutnya masukkan semua bahan tersebut menjadi satu kesatuan didalam gelas.
  4. Selanjutnya pastikan untuk mengaduknya secara merata, baru setelah selesai diaduk siap diminum oleh penderita.

Langkah Membuat Larutan Oralit untuk Anak

Cara membuat larutan oralit untuk anak sedikit berbeda dibanding orang dewasa, perbedaan hanya terletak pada dosis serta takaran dalam bahan yang digunakan untuk membuatnya. Dosis pada anak sendiri dianjurkan maksimal satu liter, dengan pemberian 200 ml sekali.

Baca Juga:  Defisiensi Vitamin K : Tanda Bahaya hingga Pengobatan

Untuk takaran dalam bahannya sendiri lebih sedikit jika dibandingkan dengan orang dewasa, pertama siapkanlah gula sebanyak 1 sendok teh. Lalu siapkan garam sebanyak setengah sendok teh serta 200 mililiter air putih.

Cara membuatnya hampir mirip, cukup siapkan air putih didalam gelas sebanyak 200 ml lalu campurkan semua bahan gula dan garam tersebut. Jangan lupa diaduk dengan rata, baru diberikan kepada anak Anda ketika sudah tercampur semua.

Penyakit diare, apalagi diare karena amuba sendiri jika dibiarkan begitu saja dapat menghambat aktivitas, oleh sebab itu penting untuk melakukan pertolongan pertama menggunakan cara membuat larutan oralit.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *