Penyebab Darah Tinggi (Review Terbaru)

Penyebab Darah Tinggi yang dapat anda Cegah dan Atasi

0
331

Penyebab darah tinggi dibagi menjadi faktor eksternal dan faktor internal atau genetik dan lingkungan. Tekanan darah diukur dari pemompaan darah terhadap dinding pembuluh darah. Pada dasarnya Jantung akan memompakan darah ke vasa artery dan mengedarkan darah ke seluruh tubuh.

Hipertensi adalah nama medis untuk tekanan darah tinggi yang sangat membahayakan kesehatan karena membuat jantung lebih sulit untuk memompa darah, dan berkontribusi dalam pengerasan arteri atau arterisklerosis, menjadi stroke dan penyakit ginjal dan berkembangnya gagal jantung.

Apa itu Tekanan Darah Tinggi?

Tekanan darah ditentukan berdasarkan batas atas (sistolik) dan batas bawah (diastolik). Untuk range nya meliputi :

  1. Normal : kurang dari 120 dan dibawah 80 (120/80).
  2. Prehipertensi : 120-139 dan diastoliknya 80-89 mmHg.
  3. Hipertensi Stage 1 : sistoliknya 140-159 dan diastoliknya 90-99
  4. Hipertensi stage 2 : sistoliknya diatas 160 dan diastoliknya diatas 100.
  5. Hipertensi Urgensi : sistolik diatas 180 dan diastolik 100 tanpa disertai target organ.
  6. Hipertensi Emergensi : sistolik diatas 180 dan diastolik diatas 100 disertai target organ seperti gagal ginjal, stroke dan lainnya.

Penyebab Darah Tinggi

Penyebab pasti tekanan darah tinggi tidak diketahui, tetapi ada beberapa faktor dan kondisi yang berperan berkembangnya penyakit ini seperti : merokok, obesitas, kekurangan aktifitas fisik, terlalu banyak garam dalam diet, terlalu banyak konsumsi alkohol lebih dari 1-2 gelas sehari, stress, usia tua, faktor genetik, riwayat keluarga tekanan darah tinggi, penyakit gagal ginjal, penyakit tiroid dan sleep apnea.

Hipertensi Esensial

Pada kebanyaka kasus, diatas 95% dimana penyebab hipertensi ini tidak dapat ditentukan. Tekanan darah tinggi ini disebut hipertensi essensial. Meskipun hipertensi esensial ini masih misteri, tetapi sering dihubungkan dengan beberapa faktir riiko.

Tekanan darah ini terjadi baik laki-laki dan perempuan. Biasanya meningkat setelah usia 65 tahun dan lebih banyak pada wanita. Diet dan gaya hidup berperan penting terutama makan garam. Terdapat istilah salt sensitive, dimana berarti sedikit makanan bergaram akan meningkatkan tekanan darah. Tekanan darah juga meningkat pada obesitas, diabetes, stress, terlalu banyak intake potasium kalsium dan magnesium, serta konsumsi alkohol dan aktifitas fisik yang kurang.

Baca Juga:  Manfaat asam folat bagi Ibu Hamil : Dosis dan Sumber

Hipertensi Sekunder

Penyebab hipertensi sekunder ini telah diidentifikasi.  Penyebabnya seperti penyakit gagal ginjal. Juga hipertensi yang dipicu tumor dan abnormalitas pada glandula adrenal (kelenjar yang mensekresi berlebihan hormon yang meningkatkan tekanan darah), dan pil KB yang terdiri dari estrogen, serta penggunaan obat yang meningkatkan tekanan darah dengan mengkontriksikan pembuluh darah.

Siapa yang lebih sering Hipertensi?

Orang dengan riwayat hipertensi keluarga, perokok, orang afrika dan amerika, wanita hamil, ibu dengan konsumsi Pil KB, orang dengan usia diatas 35 tahun, obesitas, tidak berolahraga, sering konsumsi alkohol, terlalu banyak makan makanan berlemak dan garam, dan orang dengan sleep apnea.

Oleh: dr. Wiwid Santiko

Ringkasan Artikel
Penyebab Darah Tinggi
Judul Artikel
Penyebab Darah Tinggi
Deskripsi
Penyebab darah tinggi dibagi menjadi faktor eksternal dan faktor internal atau genetik dan lingkungan. Tekanan darah diukur dari pemompaan darah terhadap dinding pembuluh darah.
Author
Publisher Name
DokterMuslim
Publisher Logo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here