Makanan Buka Puasa untuk Ibu Menyusui Agar ASI Tetap Lancar

Menjalankan ibadah puasa bagi ibu menyusui tentu akan jadi tantangan tersendiri, bahkan Anda juga dituntut untuk mengonsumsi makanan buka puasa untuk ibu menyusuidan sahur yang menyehatkan agar kebutuhan ASI tetap terpenuhi.

Pada dasarnya memang tidak ada perbedaan yang cukup signifikan antara Anda berpuasa atau tidak. Sebab ASI tetap terpenuhi dengan adanya cadangan lemak. Namun sebaiknya tetap pilih makanan untuk ASI booster. ASI terdiri dari Kolustrum, foremilk dan hind milk 1Nielse SD. 2017. Peptides Released from Foremilk and Hindmilk Proteins by Breast Milk Proteases Are Highly Similar. Front Nutr . 2017 Nov 2;4:54. doi: 10.3389/fnut.2017.00054. eCollection 2017..

Bacaan Lainnya

Rekomendasi Makanan Buka Puasa untuk ibu Menyusui Sebagai ASI Booster

Berpuasa tetap tenang jika kebutuhan ASI bagi si kecil selalu terpenuhi. Ada beberapa jenis makanan yang bisa dijadikan sebagai sumber ASI booster terbaik, berikut beberapa diantaranya untuk menu berbuka busui.

1. Kacang Almond

Kacang almond merupakan salah satu cemilan yang bagus untuk busui. Terutama cemilan di malam hari menjelang tidur. Pasalnya kacang almond memiliki kandungan yang berfungsi untuk memperlancar ASI.

Beberapa diantaranya adalah vitamin E, fosfor dan kalium. Jadi sebaiknya konsumsi kacang almond saat buka puasa. Jika tidak terlalu suka dimakan biasa maka Anda bisa mengubahnya menjadi beberapa menu lainnya2Taneja S. 2021. Impact of nutritional interventions among lactating mothers on the growth of their infants in the first 6 months of life: a randomized controlled trial in Delhi, India. Am J Clin Nutr. 2021 Apr; 113(4): 884–894..

Baca Juga:  Sindrom Piriformis : Gejala hingga Tatalaksana

2. Telur

Makanan buka puasa untuk ibu menyusui menyehatkan untuk para ibu menyusui yang sedang berpuasa adalah telur. Bahkan selain bagus sebagai menu berbuka puasa ternyata telur juga baik apabila dikonsumsi saat sahur.

Pasalnya telur kaya kandungan lemak sehat serta protein. Kedua kandungan tersebut sangat bagus untuk membantu menjaga stamina dari para busui selama menjalankan ibadah puasa. Telur juga dipercaya mampu memperlancar ASI.

3. Alpukat

Buah alpukat punya kandungan lemak hampir 80%. Bahkan dalam satu buah alpukat mengandung 250 kalori. Selain itu ada kandungan lain yang bagus untuk busui seperti vitamin serta mineral.

Menjadikan alpukat sebagai menu makanan buka puasa untuk ibu menyusui yang menyehatkan mampu menjadikan Anda jadi tetap berenergi. Produksi ASI selama berpuasa juga akan tetap lancar dengan kualitas baik.

4. Ikan dan Daging

Ada berbagai macam jenis ikan dan daging yang cocok untuk Anda saat berpuasa. Mulai dari sapi, ayam, salmon, tuna, dan lainnya. Sebab daging dan ikan mempunyai kandungan protein yang sangat berlimpah.

Kandungan protein tersebut sangat baik dalam mendukung produksi ASI. Selain itu protein juga akan menjadikan tubuh Anda tetap fit walaupun menjalankan ibadah puasa. Ada nutrisi lainnya yang bagus untuk tubuh3Aumastere L. 2019. Impact of Maternal Diet on Human Milk Composition Among Lactating Women in Latvia. Medicina (Kaunas) . 2019 May 20;55(5):173. doi: 10.3390/medicina55050173..

Misalnya saja zat besi, vitamin B12, asam lemak berupa omega 3 dan seng. Rangkaian nutrisi ini sangat bagus sebagai makanan buka puasa, karena baik untuk kesehatan sekaligus perkembangan otak bayi.

5. Bayam

Bayam termasuk salah satu jenis sayuran yang direkomendasi untuk makanan buka puasa untuk ibu menyusui. Pasalnya bayam mampu membantu menjadikan jumlah air susu meningkat dan berkualitas meskipun sedang berpuasa seharian.

Baca Juga:  Sedot Lemak (Liposuction) : Jenis, Manfaat dan Efek Samping

Anda bisa mengolah bayam menjadi berbagai macam menu berbuka yang sesuai dengan selera. Namun dirasakan Anda menambahkan minyak zaitun pada menu masakan tersebut. Tujuannya adalah memperkaya nutrisi.

6. Gandum Utuh

Gandum utuh jadi makanan buka puasa busui menyehatkan bunda sekalian. Sebab gandum utuh mengandung zat karbohidrat kompleks sekaligus serat. Keduanya akan jadi sumber energi pada busui.

Gandum utuh kerap dimanfaatkan sebagai bahan baku dalam pembuatan oatmeal, pasta serta roti. Anda bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan tersebut saat berbuka. Jika tidak suka maka dapat mengonsumsi beras merah.

Meskipun sedang menyusui Anda tetap bisa menjalankan ibadah puasa dan memenuhi kebutuhan ASI untuk buah hati. Selain makanan buka puasa untuk ibu menyusui di atas, sebaiknya dukung dengan konsumsi buah dan sayuran.

References

  • 1
    Nielse SD. 2017. Peptides Released from Foremilk and Hindmilk Proteins by Breast Milk Proteases Are Highly Similar. Front Nutr . 2017 Nov 2;4:54. doi: 10.3389/fnut.2017.00054. eCollection 2017.
  • 2
    Taneja S. 2021. Impact of nutritional interventions among lactating mothers on the growth of their infants in the first 6 months of life: a randomized controlled trial in Delhi, India. Am J Clin Nutr. 2021 Apr; 113(4): 884–894.
  • 3
    Aumastere L. 2019. Impact of Maternal Diet on Human Milk Composition Among Lactating Women in Latvia. Medicina (Kaunas) . 2019 May 20;55(5):173. doi: 10.3390/medicina55050173.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *