Cara Menangani Demam Anak di Rumah dengan Benar

Cara menangani demam anak di rumah seringkali dibutuhkan oleh sebagian besar orang, sehingga ketika mendadak si kecil mengalami sakit bisa segera dilakukan pertolongan pertama secepat mungkin. Karena pasti Anda merasa khawatir jika anak mengalami demam.

Adanya demam ini disebabkan oleh berbagai macam penyebab, namun sebagai orang tua tidak perlu merasa khawatir. Karena umumnya jika anak mengalami sakit seperti ini berarti memiliki tanda bahwa imun tubuhnya berfungsi dengan baik untuk melawan virus di dalam.

Bacaan Lainnya

Perubahan suhu tubuh ini biasanya disebabkan oleh pengaruh lingkungan, namun juga terkadang disebabkan oleh perilaku aktivitas tubuh sehingga sering membuat daya imun menurun. Oleh sebab itu Anda harus mengeri cara atasi demam anak di rumah.

Cara Menangani Demam Anak di Rumah

Sebagian besar orang tua pasti merasa khawatir jika anaknya tiba-tiba mengalami sakit secara mendadak, seperti contohnya tidak enak badan, masuk angin, hingga mengalami demam tinggi. Hal ini sendiri secara tidak sengaja membuat aktivitas hariannya menjadi terganggu. Anda harus mengetahui pertolongan pertam demam.

Terlebih jika anak Anda tergeletak lemah di kasurnya, sehingga Anda harus membutuhkan cara menangani demam anak di rumah. Hal ini sangat diperlukan sehingga bisa memberikan pertolongan pertama ketika si kecil sedang sakit, jadi tidak perlu membawanya ke klinik. Anak setelah imunisasi juga bisa demam.

Namun sebagian besar orang tua mungkin tidak terlalu mengetahui langkah mudah untuk menangani si kecil ketika sakit, hal ini diperlukan sehingga bisa memberikan pertolongan pertama untuk anak segera mungkin. Demam ini sering disebabkan Tipes dan Demam berdarah. Berikut rekomendasi dari kami yang bisa Anda lakukan.

  1. Melakukan Kompres

Cara menangani demam anak di rumah pertama bisa dilakukan dengan mengkompres pada bagian kepalanya, caranya cukup mudah untuk dilakukan pertama cukup rebus air hingga mendidih. Setelah itu tunggu hingga agak hangat dan siapkan handuk kecil sebagai kompres.

Baca Juga:  APGAR Score (Pemeriksaan dan Intepretasi)

Jika tidak memiliki handuk, bisa menggunakan bahan berdasar kain lainnya namun harus yang memiliki tekstur halus dan mudah menyerap air. Selanjutnya setelah air lumayan hangat, tuangkan ke dalam wadah seperti baskom, lalu celupkan handuk kecil ke dalam baskom itu.

Cara menangani demam anak di rumah selanjutnya lakukan kompres hangat kepada ketiak sekitar 10 hingga 15 menit, lakukan pada kedua bagian ketiak dengan merata. Selanjutnya celupkan kembali ke dalam baskom lalu kompreskan pada bagian dahi hingga suhu turun.

  1. Perhatikan Asupan Cairan

Saat si kecil sedang sakit, biasanya asupan cairan di dalam tubuh akan terkuras habis dengan cepat. Hal ini terjadi karena sistem imun di dalam tubuh membutuhkan banyak energi untuk mencegah penyakit menyebar, sehingga membutuhkan banyak sekali cairan dalam tubuh.

Oleh sebab itu saat sedang sakit anak rentan mengalami dehidrasi, oleh sebab itu dalam cara atasi demam anak, Anda harus memperhatikan asupan cairannya setiap saat. Pastikan bahwa si kecil sering mengkonsumi cairan, utamakan untuk memberikan air putih.

Namun Anda juga dapat memberikan larutan elektrolit karena di dalam nya mengandung kandungan elektrik yang bermanfaat bagi tubuhnya, larutan ini sendiri memiliki peran untuk mengisi kekurangan cairan dalam tubuh. Sehingga sangat penting untuk memberikannya.

  1. Beri Obat Penurun Demam

Cara menangani demam anak di rumah lainnya adalah dengan memberikan obat penurun demam, namun Anda harus memberikan cara ini sebagai solusi paling akhir. Ketika si kecil sudah dikompres serta memiliki asupan cairan yang cukup, namun masih tetap demam. Bila curiga demam tifoid atau tipes, maka periksa lab baik kultur, widal, IgM dan IgG Tifoid dan perlu diberikan antibiotik.

Baca Juga:  Difteri pada orang dewasa : Gejala hingga Imunisasi Pencegahan

Jika masih tetap demam lebih baik diberikan obat penurun seperti paracetamol, namun pastikan obat hanya diberikan ketika suhu diatas 38 derajat saja. Karena pemberian obat berlebih tidak bagus bagi perkembangan organ tubuh si kecil.

Gunakan obat yang sudah terdaftar di dalam BPOM saja, Anda bisa memastikannya melalui website BPOM sehingga si kecil aman untuk mengkonsumsinya. Terdapat makanan yang dapat meningkatkan trombosit darah ketika demam.

Dengan menggunakan berbagai cara tersebut Anda tidak perlu merasa khawatir dan panik, karena ketika tiba-tiba mendadak si kecil sakit tinggal mengikuti cara menangani demam anak di rumah tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *