Makanan Sahur yang Bikin Kenyang lama Seharian

Memilih makanan sahur yang bikin kenyang lama selama seharian berpuasa adalah hal yang penting untuk dilakukan. Sebab selama melakukan ibadah puasa Anda diharuskan menahan lapar dan haus cukup lama. Berpuasa akan membantu metabolisme gula darah, protein dan lemak darah1Wang Yiren. 2022. The Effect of Fasting on Human Metabolism and Psychological Health. Dis Markers . 2022 Jan 5;2022:5653739. doi: 10.1155/2022/5653739. eCollection 2022..

Jadi pastikan asupan nutrisi tercukupi sehingga ibadah bisa berjalan dengan lancar dan tidak mudah lemas. Tidak harus mahal, sebab ada berbagai jenis makanan yang direkomendasikan untuk pengganjal perut selama seharian. Saat berpuasa, nafas akan berbau dan hal ini merupakan hal yang wajar.

Bacaan Lainnya

Rekomendasi Makanan Sahur yang bikin Kenyang lama Saat Berpuasa

Dengan memenuhi nutrisi dan energi yang cukup saat sahur akan membantu tubuh Anda untuk tetap fit. Sebaiknya jangan asal makan kesukaan saja, berikut ada beberapa rekomendasi makanan bernutrisi dan mengenyangkan2Stephen Secor. 2016. Integrative Physiology of Fasting. Compr Physiol . 2016 Mar 15;6(2):773-825. doi: 10.1002/cphy.c150013..

1. Telur

Telur merupakan bahan makan yang tinggi kandungan protein. Jumlah protein dalam telur yang dikonsumsi di pagi hari akan menjadikan rasa kenyang lama. Jika Anda suka telur maka jangan melewatkannya saat sahur.

Sebaiknya konsumsi satu butir telur rebus saja sebagai makanan penutup. Apabila memang kurang suka dengan menu rebus biasa. Maka Anda bisa mengolah telur menjadi berbagai jenis menu makanan sesuai selera.

Baca Juga:  Jet Lag : Mengantuk dan Meriang Setelah Berpergian

2. Apel

Selain telur, buah apel juga bisa jadi makanan sahur yang bikin kenyang lama. Apel bagus sebagai makanan penutup agar Anda tetap kenyang dan bersemangat menjalankan ibadah puasa. Sebab apel kaya air dan serat.

Keduanya mampu memberikan efek mengenyangkan lebih lama daripada buah lainnya. Sebaiknya konsumsi apel bersama dengan kulitnya. Sebab kulit apel justru kaya serat pektin yang memiliki peran sebagai penekan nafsu makan.

Bahkan jika puasa kali ini juga dimanfaatkan untuk diet maka apel harus masuk ke hidangan sahut. Meskipun hanya memiliki 80 kalori, kandungan serat serta air pada apel tetap akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

3. Oatmeal

Makanan sahur yang bikin kenyang lama dan menyehatkan bisa Anda peroleh dari oatmeal. Ketika dikonsumsi saat pagi hari sebelum subuh oatmeal mampu memberikan efek kenyang yang lama. Bahkan karbohidrat kompleksnya mampu memenuhi kebutuhan energi tubuh.

Bukan hanya itu saja, oatmeal juga punya kandungan serat yang tinggi dan dapat mengenyangkan lebih lama. Konsumsi oatmeal sesuai selera misalnya dengan menambahkan kacang almond, buah segar dan susu.

4. Sup Sayur

Jika Anda salah satu pihak yang kerap menjadikan puasa sebagai momen terbaik untuk diet. Maka sup sayur jadi pilihan makanan sahur yang bikin kenyang lama dan menyehatkan terbaik. Meskipun hanya sayuran ternyata ampuh dalam mengenyangkan.

Sebab sup sayur kaya akan nutrisi dan air sehingga bisa membuat Anda kenyang serta nafsu makan menurun. Anda hanya perlu menyesuaikan jenis sayur untuk sup berdasarkan kebutuhan serta selera saja.

5. Alpukat

Buah alpukat termasuk makanan sahur yang bikin kenyang lama dan menyehatkan sekaligus mengenyangkan yang bisa Anda coba saat berpuasa. Semangkuk atau segelas jus alpukat mampu jadi pencegah lapar terbaik yang biasa muncul di siang hari.

Baca Juga:  Alergi Alkohol : Gejala hingga Penanganan

Satu alpukat memiliki banyak kandungan serat dan lemak baik. Sehingga butuh waktu lama bagi tubuh untuk mencernanya. Banyak yang percaya jika lemak ini mampu mensugesti otak agar perut tetap kenyang.

Selain itu ada banyak kandungan nutrisi lainnya seperti folat, potasium, serta vitamin E. Dalam beberapa penelitian ketiganya mampu menjadikan rasa kenyang lebih lama apabila dibandingkan dengan jenis makanan lain.

6. Ikan Tuna dan Salmon

Selain alpukat, ikan tuna dan salmon juga punya kandungan lemak baik. Sehingga cocok jika dijadikan makanan sahur yang bikin kenyang dan menyehatkan sekaligus mengenyangkan. Keduanya juga bagus untuk menurunkan kolesterol jahat pada darah.

Tidak ada salahnya menambahkan ikan pada menu sahur saat berpuasa nanti. Anda dapat mengubahnya menjadi berbagai jenis menu sesuai selera. Misalnya dikukus atau dipanggang dengan menambahkan berbagai jenis sayuran.

7. Beras Merah

Beras merah merupakan jenis beras yang lebih lambat dicerna tubuh. Akibatnya, ketika dikonsumsi maka beras merah akan tahan dan menjadi cadangan energi yang baik bagi tubuh. Selain nutrisi, menjaga hidrasi ketika berpuasa juga penting. Pada saat sahur, perbanyak mengkonsumsi air putih. Indikator cukup adalah, air seni yang keluar menjadi bening. Selama berpuasa hindari aktifitas yang memicu anda dehidrasi berat.

Baca juga : Manfaat berpuasa Ramadhan bagi kesehatan dan fakta unik berpuasa Ramadhan

Hampir semua orang ingin tahan lapar selama berpuasa. Dengan begitu, solusinya adalah mengonsumsi aneka makanan sahur yang bikin kenyang lama dan menyehatkan seperti di atas tidak hanya sehat Anda juga akan merasa kenyang lebih lama. Berpuasa Ramadhan menjadi salah satu rekomendasi pada pasien penyakit kardiovaskuler3Akhtar MA. 2022. Ramadan fasting: recommendations for patients with cardiovascular disease. Heart . 2022 Feb;108(4):258-265. doi: 10.1136/heartjnl-2021-319273. Epub 2021 May 14.

References

  • 1
    Wang Yiren. 2022. The Effect of Fasting on Human Metabolism and Psychological Health. Dis Markers . 2022 Jan 5;2022:5653739. doi: 10.1155/2022/5653739. eCollection 2022.
  • 2
    Stephen Secor. 2016. Integrative Physiology of Fasting. Compr Physiol . 2016 Mar 15;6(2):773-825. doi: 10.1002/cphy.c150013.
  • 3
    Akhtar MA. 2022. Ramadan fasting: recommendations for patients with cardiovascular disease. Heart . 2022 Feb;108(4):258-265. doi: 10.1136/heartjnl-2021-319273. Epub 2021 May 14

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *