Manfaat Cairan Klorofil dan Risikonya bagi Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Mengkonsumsi Cairan Klorofil Setiap Hari

0
409

Klorofil adalah pigmen pada tumbuhan hijau yang membantu mengubah energi cahaya menjadi energi. Manfaat Cairan Klorofil sangat banyak bagi kesehatan. Klorofil seperti sayuran hijau, dan baik untuk sumber vitamin A, C, E dan K. Penelitian menunjukkan banyak manfaat dari klorofi. Anda dapat membuah cairan klorofil ini sendiri atau mengkonsumsinya dari suplemen.

Klorofil ini diketahui kaya akan vitamin dan antioksidan. Suplementasi lebih efektif, dan dalam bentuk clorofilin yang terkandung tembaga dan magnesium. Clorofilin ini dapat menstimulasi imunitas tubuh, menghancurkan jamur ditubuh, detoksifikasi racun darah, membersihkan kuman usus, mencegah kanker, dan menghilangkan bau.

Penelitian terus berjalan untuk mengetahui manfaat lebih lanjut dari klorofil ini. Prinsipnya konsultasilah dengan dokter sebelum anda mengkonsumsi herbal dan suplemen. Karena terkait efek samping terutama anda yang memiliki penyakit jantung, penyakit hepar dan penyakit ginjal.

Apa Manfaat Klorofil Bagi Kesehatan?

  1. Penyembuhan Luka

Klorofil telah diketahui untuk merurunkan reaksi inflamasi dan pertumbuhan bakteri pada luka kulit.  Penelitian pada luka dengan pengobatan papain-urea-klorofilin lebih efektif daripada pengobatan lain. Pemberian salep juga akan menurunkan nyeri.

Klorofilin sangat efektif juga pada jerawat ringan dan sedang. Pada penelitian 2015, seseorang dengan jerawat dan porus besar di kulit, gejalanya membaik setelah menggunakan klorofilin topikal selama 3 minggu.

  1. Pembentukan Darah

Beberapa orang meganggap cairan klorofil dapat membantu pembentukan darh dengan meningkatkan kualitas sel darah merah. Penelitian tahun 2004, menunjukkan bahwa rumput laut terkandung 70% klorofil dan mengurangi tranfusi darah pada pasien talasemia dan penyakit darah lainnya. Tetapi penelitian ini tidak menyimpulkan klorofil secara langsung sebagai penurun kebutuhan tranfusi. Mekanisme rumput laut ini terhadap sel darah merah belum diketahui.

  1. Detoksifikasi dan Kanker

Peneliti melihat bahwa efek klorofil dan klorofilin pada kanker. Pada penelitian hewan menunjukkan klorofil menurunkan insidensi tumor hepar sekitar 29-64 persen dan tumor lambung sekitar 24-45%.

Baca Juga:  794 Manfaat Jus Lidah Buaya secara Medis

Penelitan lain menunjukkan klorofil dapat membatasi ingesti alfatoksin (senyawa yang memicu kanker). Penelitian ini masih dikembangkan lebih jauh terkait konsumsi klorofil dapat menurunkan biomarker alfatoksin.

  1. Penurun Berat Badan

Salah satu manfaat populer yang di klaim dari cairan klorofil adalah membantu menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan mengkonsumsi tanaman hijau yang kaya klorofil setiap hari, akan menurunkan berat badan dibandingkan tidak mengkonsumsinya. Peneliti juga menemukan bahwa zat ini dapat mengurangi kadar bahaya kolesterol.

  1. Sebagai Deodoran Alami

Klorofilin telah digunakan sejak tahun 1940 untuk menetralkan bau badan. Penelitian terbaru menunjukkan seseorang dengan trimetilaminuria, (kodnisi dengan urin bau busuk), menunjukkan klorofilin secara signifikan dapat menurunkan kadar trimetilamin. Sehingga senyawa ini di klaim dapat mengurangi nafas bau, meskipun penelitian lain masih dibutuhkan lebih lanjut.

Apa Risiko Menggunakan Klorofil?

Klorofil alamiah dan klorofilin belum diketaui sebagai agen toksik tetapi dapat memicu beberapa efek sampung seperti : masalah pencernaan, diare, feses menjadi hijau,mkuning dan hitam yang disebabkan perdarahan saluran pencernaan dan adanya gatal, serta sensasi terbakar bila digunakan topikal.

Peneliti belum mempunyai data lebih efek menggunakan klorofil bagi ibu hamil dan menyusui. Sehingga menggunakannya pada ibu hamil dan menyusui harus diperhatikan dan ijin dokter, apalagi berisiko berinteraksi dengan obat lainnya.

Bagaimana Cara Menggunakan Cairan Klorofil?

Anda dapat memperoleh cairan klorofil di toko obat berlisensi. Sediannya relatif berbeda dari tablet, salep, sprai dan cairan. Dosis yang disarankan adalah 100-300 mg per hari dibagi 3 dosis. Suplemen ini belum ada regulasi penggunaannnya dan dosis antar orang berbeda, sehingga konsultasi dengan dokter diperlukan. Seseorang dapat mengkonsumsinya bersama dengan air, jus dan saos.

Baca Juga:  7 Manfaat Jahe dari Anti-Jantung Koroner hingga Penurun Berat Badan

Bagaimana Memperoleh Klorofil Alami?

Anda dapat memperoleh cairan klorofil alami, dengan cara 3 daun parsleu setara dengan 2 sendok makan klorofil. Adapun tanaman lain yang menjadi sumber baik klorofil alamia adalah beberpa sayuran seperti rumput laut, kacang hijau, bayam, parsley, arugula, kacang panjang dan bawang bombai.

Sati cangkir bayang mengandung 24 mg klorifil. Daun parsley mengandung 19 mg klorofil setiap cangkirnya. Anda dapat memblender parsley dengan air untuk mendapatkan cairan klorofil. Bahan sayuran hijau lainnya rata-rata terkandung 4-15 mg klorofil per cangkirnya. Sayuran sejenis brokoli dan asparagus menjadu sumber terbaik klorofil.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga Bermanfaat. Salam DokterMuslim.com

Oleh: dr. M. Wiwid Santiko
Yogyakarta, 20 Juni 2017

Ringkasan Artikel
Manfaat Cairan Klorofil dan Risikonya bagi Kesehatan
Judul Artikel
Manfaat Cairan Klorofil dan Risikonya bagi Kesehatan
Deskripsi
Klorofil adalah pigmen pada tumbuhan hijau yang membantu mengubah energi cahaya menjadi energi. Klorofil seperti sayuran hijau, dan baik untuk sumber vitamin A, C, E dan K.
Author
Publisher Name
DokterMuslim
Publisher Logo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here