7 Manfaat Jus Wortel bagi Kesehatan Anda [Terbaru]

Khasiat Jus Wortel bagi Kesehatan

0
569

Manfaat jus wortel bagi tubuh dan kesehatan kita sangat banyak. Wortel merupakan sumber terbaik vitamin, nutrient dan serat. Meminum jus wortel adalah langkah terbaik mengkonsumsi wortel selain dimasak dalam bentuk salad dan sayuran. Manfaat tersebut kami rangkumkan dalam 7 manfaat jus wortel bagi kesehatan anda.

  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Jus wortel sangat banyak manfaatnya dan rendah kalori. Pada jus ini akan menggantikan soda dan gula yang membantu meningkatkan metabolism tubuh anda. Jus wortel ini juga meningkatkan sekresi empedu yang meningkatkan metabolism untuk mengubah makanan menjadi energy. Empedu adalah cairan yang berfungsi mencerna lemak. Berdasarkan penelitian tahun 2006, peningkatan aliran empedu akan meningkatkan metabolism dan meningkatkan penurunan berat badan pada tikus. Hasil yang sama diduga sama pada manusia.

  1. Meningkatkan Kualitas Mata dan Pandangan

Banyak ahli yang mengatakan bahwa makan wortel akan baik untuk kesehatan mata anda. Jus wortel ini adalah sumber terbaik untuk beta karoten, slah satu jenis vitamin A yang sangat tinggi antioksidannya. Vitamin A ini akan membantu melindungi permukaan mata dan berkontribusi menguatkan pandangan mata.

Meminum jus jambu dapat mencagah berbagai penyakit mata sepert degenerasi macular, katarak dan kebutaan. Wortel juga terkandung lutein, yaitu bentuk antioksidan yang elindungi mata dari kersakan cahaya. Penelitian menunjukkan bahwa lutein berkaitan menurunkan risiko degenerasi macular, sebuah penyakit mata yang menyebabkan kehilangan pandangan.

  1. Menghaluskan Kulit

Jika anda memiliki masalah kulit seperti muncul ruam, psoriasis maka jus wortel akan meningkatkan tampakan kulit. Wortel terkandung vitamin C sebagai penyembuh. Ini membantu kulit rekoveri leih cepat dari luka di kulit dan trauma. Beta karoten di wortel juga akan mengurangi peradangan pada kulit yang mempercepat proses penyembuhan.

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kedinginan dan flu dapat terjadi sekitar 1 hingga 2 minggu yang akibatnya mengganggu penderita hingga tidak dapat bekerja dan sekolah. Untuk menguatkan imunitas tubuh dan membantu tubuh melawan infeksi, tambahkan wortel pada minuman anda untuk menjaga kesehatan anda.

Baca Juga:  Fungsi Air Ketuban : Wajib diketahui Calon Ibu

Wortel terkandung antioksidan yang membantu tubuh melawan radikal bebas, kerusakan selular, dan peradangan. Vitamin C pada jus wortel ini juga akan meningkatkan sistem imun membantu menyembuhkan kedinginan dan flu.

  1. Mengurangi Risiko Kanker

Kanker dapat berkembang ketika sel abnormal terbentuk dan berproliferasi tidak terkontrol. Antioksidan akan membantu menghentikan kerusakan sel, dan jus wortel ini akan melindungi terbentuknya kanker. Pada penelitian, dimana jus wortel digunakan pengobatan selama 3 hari pada penyakit leukemia dan penyakit nontumor sebagai control.

Pada penelitian ini, wortel menginduksi kematian sel dan menghentikan progresifitas leukemia. Hal ini diduga pada wortel terkandung senyawa aktif untuk mengobati leukemia. Penelitian lain pada laki-laki menunjukkan bahwa beta karoten melindungi terhadap kanker prostat.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Jika anda memiliki masalah mengendalikan kolesterol atau jika anda ingin mengendalikan kolesterol tanpa obat, maka wortel dapat digunakan. Wortel kaya akan kalium dan menjaga kadar kolesterol anda. Rendahnya kadar kolesterol akan mengurangi risiko terhadap penyakit kardiovaskuler dan stroke. Namun tetap, sebelum menjalankan tips ini dan menghentikan pengobatan, tetap harus dengan ijin dokter yang merawat anda.

  1. Menjaga Kesehatan Kehamilan

Minum jus wortel juga memiliki manfaat saat dan setelah kehamilan karena terkandung kalsium, asam folat, kalium, magnesium dan vitamin A yang tinggi. Kalsium akan membantu perkembangan tulang dan kartilago janin. Asam folat akan mencegah naural tube defect. Berdasarkan data ACOG, wanita hamil dan menyusui membutuhkan setidaknya 1 gram kalsium per harinya.

Vitamin A dan Vitamin C pada jus wortel juga beraksi sebagai antioksidan. Vitamin ini akan melindungi ibu dan janin dari radikal bebas dan meningkatkan imunitas sehingga menurunkan risiko infeksi semasa kehamilan.

  1. Menguatkan Fungsi Otak

Beta karoten pada jus wortel  akan meningkatkan fungsi kognitif dan mengurangi risiko beberapa gangguan memori dan demensia. Stress oksidatif sering berkaitan dengan kerusakan seluler dan terjadi ketika otak dan sel syaraf tidak dapat beregenerasi.

Baca Juga:  Mual Muntah dalam Kehamilan : Hiperemesis Gravidarum

Beta karoten pada wortel akan menguatkan fungsi otak dan meningkatkan memori. Pada penelitian, pekerja yang diterapi dengan 10 mg beta karoten selama 12 minggu menunjuukan kelompok yang menerima beta karoten memiliki stress oksidatif lebih rendah dibandingkan kelompok yang tidak diberikan beta karoten.

Apa Efek Samping Jus Wortel?

Meskipun jus wortel mempunyai nutrisi dan manfaat bagi kesehatan, sangat perlu diperhatikan meminum tidak terlalu banyak. Buah dan sayur dalam bentuk jus terkandung rendah serat dibandingkan tidak di jus. Terlalu banyak mengkonsumsi beta karoten dapat berpotensi merubah warna kulit anda. Ini akan memberikan warna orange. Jika anda makan dan minum terlalu banak maka kulit secara sementara akan terlihat kuning cerah dan berwarna orange.

Tetaplah jaga kesehatan, dan waspada terhadap berbagai penyakit. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tulis di komentar.

Oleh: dr. M. Wiwid Santiko
Kudus, 30 Juni 2017

Ringkasan Artikel
7 Manfaat Jus Wortel bagi Kesehatan Anda [Terbaru]
Judul Artikel
7 Manfaat Jus Wortel bagi Kesehatan Anda [Terbaru]
Deskripsi
Manfaat jus wortel bagi tubuh dan kesehatan kita sangat banyak. Wortel merupakan sumber terbaik vitamin, nutrient dan serat.
Author
Publisher Name
DokterMuslim
Publisher Logo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here