Manfaat Air kelapa Muda : Tinjauan Medis Lengkap

0
969

Manfaat air kelapa muda untuk kesehatan telah menjadi pembahasan yang menarik, karena air kelapa telah menjadi minuman yang enak, menyegarkan, dan terkandung berbagai nutrisi. Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba mengulas manfaat air kelapa terutama bagi kesehatan anda.

Manfaat Air Kelapa muda bagi Kesehatan

  1. Manfaat menangkal Diabetes Melitus

Penelitian menunjukkan bahwa air kelapa dapat menurunkan kadar gula darah dan memperbaiki marker diabetes di hewan. Pada penelitian lain, tikus dengan induksi diabetes kemudian diobati dengan air kelapa, memiliki kadar gula lebih terjaga dibandingkan tikus yang lain. Pada penelitian yang sama juga menemukan bahwa tikus memiliki kadar yang rendah HbA1c, dan diukur kadar gula darah dalam waktu lama.

Penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk mengkonfirmasi efek ini pada manusia. Air kelapa juga sumber terbaik magnesium, yang memperbaiki sensitifitas insulin serta menurunkan kadar gula darah pada diabetes tipe 2.

  1. Sebagai Antioksidan

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang diproduksi sel selama metablisme. Jumlahnya meningkat ketika terjadi respon injuri. Ketika radikal bebas banyak, maka terjadi stress oksidatif di tubuh, dan terjadi kerusakan sel yang meningkatkan menungkinan terkena penyakit.

Penelitian menunjukkan air kelapa terdapat antioksidan yang dapat memodifikasi radikal bebas menjadi bentuk yang lebih stabil sehingga lebih tidak berbahaya. Penelitian juga menunjukkan kerusakan hepar pada tikus, membaik dengan konsumsi air kelapa dibandingkan yang tidak diberikan air kelapa.

Pada penelitian lain, tikus yang memakan fruktosa tinggi kemudian diobati dengan air kelapa. Radikal bebas menurun, tekanan darah, kadar insulin dan trigliserid juga menurun. Sehingga dalam hal ini membuat kesimpulan air kelapa mempunyai kandungan antioksidan meskipun penelitian pada manusia belum dilakukan.

  1. Sumber Nutrisi yang baik

Seperti kita ketahui, pohon kelapa tumbuh dan dikenal sebagai cocos nucifera. Air kelapa ditemukan pada kelapa hijau muda. air kelapa ini diproduksi di buah kelapa dan sekitar 93% berisi air dengan sangat sedikit kandungan lemaknya.

Baca Juga:  7 Tanda Awal Diabetes Melitus Tipe 2

Ini sangat berbeda dengan santan, dimana kandungannya 50% air dan sangat tinggi lemak. Kepala sendiri membutuhkan waktu 10-12 bulan untuk matang. Air kelapa sudah mulai ada dalam bentuk air kelapa muda sekitar usia 6-7 bulan. Satu kelapa berisi sekitar 1-1.5 gelas air kelapa.

Air kelapa muda sangat baik dan tinggi kandungan serat, vitamin C dan beberapa mineral yang dibutuhkan tubuh lainnya. Ternyata, dalam 1 gelas air kelapa mengandung :

  • Vitamin C : 10%
  • Magnesium : 15%
  • Kalium : 17%
  • Natrium : 11%
  • Kalsium : 11%
  • Karbohidrat : 9 gram
  • Serat : 3 gram
  • Protein : 2 gram
  1. Menyehatkan Jantung

Meminum air kelapa dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler. Pada penelitian di tikus yang mengkonsumsi air kelapa terjadi penurunan kadar kolesterol dan trigliserid pada darah. Penelitian ini juga menurun pada lemak hepar.

Pada penelitian yang lain pada tikus yang diberikan terapi air kelapa dengan dosis 4ml/100 g berat tubuh, setelah 45 hari, pada kelompok yang diberi air kelapa kadar kolesterol dan trigliseridnya menurun dibandingkan dengan obat golongan statin.

Pada dewasa bila dikonfersi dengan berat badan 68 kg, maka setidaknya sehari mengkonsumsi 2.7 liter air kelapa muda. meskipun ditemukan air kelapa dapat seefektif denan statin, penelitian lebih lanjut tetap harus dilakukan.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Air kelapa ternyata diduga dapat menurunkan tekanan darah. Pada penelitian kecil orang hipertensi yang diberi air kelapa menunjukkan sekitar 70% terjadi perbaikan pada tekanan sistolik. Adanya kalium 600 mg dapat menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi. Pada studi hewan juga menunjukkan adanya aktifitas antitrombotik untuk mencegah terbentuknya bekuan darah.

  1. Mencegah terbentuknya Batu Ginjal

Meminum cukup cairan sangat penting untuk mencegah adanya batu ginjal. Meskipun air putih, tetap menjadi pilihan terbaik selain air kelapa. Batu ginjal terbentuk ketika kalsium oksalat berkombinasi membentuk kristal di urin. Kristal ini kemudian menjadi batu.

Baca Juga:  Jenis Osteoporosis : Primer, Sekunder, OI dan IJO

Pada penelitian terbaru pada tikus dengan batu ginjal, air kelapa ditemukan dapat mengurangi jumlah kristal di urin. Peneliti ini juga mempercayai bahwa ini akan mengurangi radikal bebas yang terjadi akibat kadar oksalat yang tinggi. Sehingga dari sini disimpulkan bahwa, terdapat pencegahan potensial dari batu ginjal dan pembentukan batu oleh air kelapa.

  1. Mengganti Ion Tubuh dan Sumber minuman yang Baik

Air kelapa muda dapat meredakan dehidrasi dan mengganti ion tubuh yang hilang selama berolahraga. Ini karena air kelapa mengandung kalium, natrium, kalsium dan magnesium. Pada beberapa penelitian menunjukkan air kelapa dapat mengembalikan hidrasi setelah berolahraga. Pada partisipan mengaku rasa tidak nyaman dan mual dapat reda.

Air kelapa sangat rendah kalorinya. Simpanlah pada lemari es, dan dapat dikonsumsi hingga 203 minggu setelahnya. Air kelapa muda dalam praktiknya juga dapat ditambah perasa, gula, dibuat puding, es krim dan lainnya agar anda tidak bosan dan lebih bervariatif mengkonsumsinya.

Demikian uraian tentang manfaat air kelapa muda yang mungkin masih jarang diketahui. Segala yang berada di dunia ini diciptakan pastilah ada manfaatnya, termasuk air kelapa muda. jangan ragu untuk minum air kelapa muda. Tetaplah sehat dan tetap berolahraga.

Oleh: dr. Wiwid Santiko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here