Penyebab Bibir Bengkak sesuai Referensi Medis

0
10
doktermuslim

Penyebab bibir bengkak diantaranya peradangan, adanya cairan dibawah kulit bibir akibat beberapa reaksi seperti reaksi alergi. Berbagai penyebab bibir bengkak ini, dari reaksi ringan hingga reaksi alergi berat.

Reaksi alergi berat disebut dengan anafilaksis. Berbagai alergi dapat menyebabkan reaksi anafilaksis dan dapat terjadi beberapa menit setelah terpapar alergen dan memicu syok anafilaksis. Kadang juga disebabkan reaksi imunitas. Pengobatan segera yang harus dilakukan adalah memberikan EPINEPHRIN. Tanda syok anafilaksis adalah:

  1. Tekanan darah rendah
  2. Saluran nafas menebal
  3. Lidah dan tenggorokan menebal
  4. Pulsasi nadi cepat dan lemah

Penyebab Bibir Bengkak

  1. Alergi

Reaksi alergi adalah reaksi ketika tubuh terpapar alergen dan memproduksi histamin. Histamin ini memicu gejala gatal, peradangan. Peradangan juga dapat membuat bibir bengkak. Ada beberapa jenis alergi yang sering terjadi.

  • Alergi Lingkungan

Reaksi alergi lingkungan seperti debu, asap, kutu, serbuk dan lainnya. Gejalanya meliputi : pembengkakan, sesak nafas, ruam kulit, hidung tersumbat dan gatal-gatal. Pemeriksaan dapat dilakukan dengan tes darah, patch tes dan skin tes.

  • Alergi makanan

Alergi makanan adalah penyebab tersering bibir bengkak. Berdasarkan data ACAAI, sekitar 4% dari dewasa dan 6% anak-anak memiliki alergi makanan. Makanan yang sering memicu seperti : telur, kacang, dan makanan laut.

Gejala alergi seperti : bengkak wajah, bengkak lidah, pusing, kesulitan menelan, nyeri perut, muntah, batuk dan sesak nafas. Menghindari alergen sangat penting.

  • Alergi obat dan gigitan serangga

Gigitan serangga dapat membuat bibir bengkak. Alergi obat juga.  Menurut ACAAI, penisilin menjadi penyebab alergi. Sekitar 10% seseorang alergi dengan antibiotik. Obat lain yang menyebabkan alergi seperti antikejang, kemoterapi dan NSAID. Gejalanya sama dengan gejala alergi.

  1. Angioedema

Angioedema adalah kondisi yang memicu pembengkakan dibawah kulit termasuk bibir dan mata. Gejalnya gatal, nyeri dan dapat mengancam jiwa. Biasanya terjadi 24-48 jam. Pengobatan meliputi antihistamin, kortikosteroid, dan injeksi epinefrin.

  1. Penyebab Lain

Setelah alergi dan angioedema, ada juga penyebab yang sering terjadi dari bibir bengkak seperti : injuri, cheilitis glandularis, sindrom melkersson rosenthal (lidah fisura atau fasial paralisis), dan cheilitis granulomatosa.

Baca Juga:  Cegah “mengompol”, lakukan Senam Kegel Segera

Oleh : dr. Wiwid Santiko

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here