Hamil 7 minggu : Panduan Ibu Hamil Lengkap

0
1186

Hamil 7 minggu adalah kondisi dimana ibu sudah memasuki usia kehamilan 7 minggu atau 1 bulan menuju 2 bulan dan pada masa ini sangat penting karena terjadi embriogenesis. Untuk mengetahui hamil pada minggu-minggu sebelumnya, silahkan baca dan buka panduan ibu hamil lengkap sebelumnya di website doktermuslim tercinta.

Perubahan pada Ibu Hamil 7 minggu

Selama kehamilan pada minggu ini, tubuh akan mengalami perubahan yang berubah secara bertahap. Pada minggu ini anda sudah dapat mengatakan kepada kerabat bahwa anda sudah hamil. Ibu akan menglami peningkatan berat badan. Penurunan berat badan juga terjadi tetapi relatif jarang kejadiannya. Penurunan berat badan berkaitan dengan jika ibu mual muntah progresif (Hiperemesis gravidarum).

Perkembangan Janin Ibu Hamil 7 minggu

Pada minggu ini, beberapa organ internal mulai terbentuk di embrio tubuh janin. Folikel rambut dan puting payudara mulai terbentuk, alis juga mulai terbentuk. Siku dan tumit mulai terlihat dan badan bayi mulai memanjang.

Pada minggu ini ukuran janinnya, adalah sepanjang 2.5 cm pada akhir minggu. Jika diibaratkan, sebesar satu ruas jari. Hal ini tentu masih kecil sekali, sehingga perkembangan lebih lanjut dengan asupan nutrisi sangat diperlukan.

Apa yang harus dilakukan Ibu Hamil 7 minggu

Jika anda belum memeriksakan kehamilan, maka saat ini adalah saat dimana anda harus menentukan dokter dan memeriksakan kehamilan anda. Pada saat ini, anda berada di trimester pertama dan tetap mengalami gejala mual muntah (morning sickness).

Sekitar 7-8% dari semua kehamilan ibu, mengalami gejala morning sickness yang disebabkan meningkatnya jumlah hormon di tubuh ibu. Jika mual muntah memburuk, maka segera konsultasikan ke dokter terdekat karena curiga terdapat hiperemesis gravidarum.

  1. Tips untuk ibu hamil

Untuk masa ini, ibu tetap harus meningkatkan intake makanan dan minuman yang bergizi. Ada hal yang dapat anda lakukan, seperti : makanlah sedikit demi sedikit tapi sering, cobalah makan sereal sebelum beraktifitas pagi hari, perbanyak tidur siang.

Baca Juga:  Hamil 14 Minggu : Panduan Ibu Hamil Lengkap

Selain itu anda juga dapat mencoba minum jahe, lemon, dan makan semangka untuk meredakan mual dan muntah. Mengunyah jahe dapat membantu meredakan mual. Janganlah menunda makan dan tengkurap setelah makan.

Hindari makanan pedas dan jangan memasak dulu. Perbanyak mengkonsumsi vitamin B6 sebesar 50 mg setiap harinya. Untuk suplemen dan multivitamin lain, silahkan diskusikan dengan dokter terdekat anda.

  1. Tips untuk Suami

Saat ini mulailah merencanakan memeriksakan USG dan sonogram. USG di awal kehamilan berguna untuk menyingkirkan kemungkinan penyakit dan mencari GS (Gestasional Sac) atau kantung kehamilan. Buatlah rencana dan lingkari kalender anda. Motivasi ibu dengan baik, dan tetap jaga makanan bergizi ibu.

Oleh: dr. Wiwid Santiko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here