Lebih dari 25 Bahaya Rokok Bagi Tubuh

Cara Mengatasi Kecanduan Rokok

2
1596

Bahaya rokok bagi tubuh sangat banyak, dan tanpa mengesampingkan bagaimana cara merokoknya, rokok sangat berbahaya bagi kesehatan anda. Tidak ada bahan yang aman dalam rokok, mulai dari aseton, tar, nikotin sampai karbon dioksida.

Material ini dapat terhirup dan tidak hanya berefek di paru-paru. Ini dapat berefek pada bagian tubuh lain. Merokok dapat meningkatkan berbagai komplikasi jangka panjang ditubuh. Meskipun merokok dapat meningkatkan risiko berbagai masalah dalam beberapa tahun, ada beberapa bagian tubuh yang berefek segera terhadap rokok. Kenali segera gejala dan efek merokok hingga kecanduan rokok.

Mengapa Rokok Berbahaya?

Rokok sangat berbahaya bagi tubuh. Tidak ada yang aman dalam rokok. Mengganti rokok dengan sihsa, rokok elektrik dan cerutu tidak akan membuat anda terhindar dari bahaya kesehaan. Rokok terdiri dari 600 bahan yang ditemukan pada cerutu dan hookah. Ketika bahan ini dibakar, maka sekitar 7000 senyawa kimia muncul. Senyawa tersebut sangat beracun dan setidaknya 69 senyawa berkaitan dengan kanker.

Di amerika serikat sendiri angka mortaliaas merokok 3 kali lebih besar dibandingkan yan tidak merokok. Efek rokok tidak segera muncul, tetapi komplikasi dan kerusakan dapat muncul setelah beberapa tahun. Dan berita baiknya, dengan berhenti merokok dapat menjauhi efek tersebut.

Bagaimana Bahaya Rokok terhadap Sistem Syaraf?

Salah satu bahan rokok adalah pengatur mood yang disebut nikotin. Nikotin akan mencapai otak dalam beberapa detik dan membuat anda merasa berenergi serta moodnya membaik. Tetapi efek sampingnya dalam beberapa jam kemudian anda merasa sangat kelelahan dan ketakutan. Nikotin inilah yang membuat beberapa orang sulit untuk berhenti merokok.

Berhenti dari nikotin dapat mempengaruhi fungsi kognitif, dimana membut anda merasa depresi, kecemasan dan kekhawatiran. Dengan berhenti mengkonsumsi nikotin rokok maka juga akan merasakan gejala pusing dan masalah tidur. Ingat, ini hanya ujian anda untuk berhenti merokok. Karena efek ini sementara dan apabila anda berheti total maka efek ini tidak muncul.

Baca Juga:  Apa Penyebab Rambut Putih (Beruban)?

Bagaimana Bahaya Rokok terhadap sistem Pernafasan?

Ketika anda menghirup rokok, maka anda mendapat material yang merusak paru-paru. Kerusakan tergantung derajatnya. Kekronisan yang nonreferssibel dapat terjadi selain infeksi tentunya. Kekronisan tersebut diantaranya:

  1. Emfisema : rusaknya sakus udara di paru-paru
  2. bronchitis kroinis : pperadangan permanen di saluran pernanfasan dan paru-paru bronkus.
  3. PPOK, adanya Penyakit paru obstruksi kronis di paru paru serta kanker paru-paru tentunya.

Berhenti merokok akan menimbulkan gejala sementara seperti tersumbat dan rasa tidak nyaman pada paru-paru dan saluran nafas karena proses penyembuhan. Produksi mucus akan meningkat pada saat ini.

Anak-anak dengan orangtua merokok lebih mudah batuk, sesak dan terserang asma dibandingkan anak dengan orangtua tidak merokok. Hal ini juga meningkatan risiko penyakit bronchitis dan pneumonia.

Bagaimana Bahaya Rokok terhadap sistem Kardiovaskuler?

Merokok akan mengganggu sistem kardiovaskuler. Nikotin akan membuat pembulh darah menebal, dan mengurangi aliran darah. Juga dapat menyempitkan, dan merusak pembuluh darah mennimbulkan penyakit peripheral arteri (PAD).

Merokok juga meningkatkan tekanan darah, melemahkan dinding pembuluh darah dan meningkatkan gumpalan darah. Ini yang sangat beresiko menimbulkan stroke. Anda juga dapat beresiko penyakit jantung jika setelah operasi jantung, serangn jantung dan dipasang ring jantung pada arteri koronaria.

Merokok tidak hanya mempengaruhi sistem kardiovaskuler, tetapi juga kesehatan anda secara umum. Terpaparnya asap rokok juga sam beresiko walaupun tidak merokok. Risiko ini seperti stroke, serangan jantung dan penyakit jantung.

Bagaimana Bahaya rokok terhadap sistem Kulit, rambut dan Kuku?

Tanda di kulit adalah perubahan kulit. Material rokok dapat merubah struktur kulit. Pada penelitian terbaru dikatakan meningatkan kanker kulit yaitu squamous sel karsinoma. Kuku jari dan kuku kaki tidak terproteksi dari rokok. Dengan merokok akan meningkatkan infeksi jamur pada kuku tersebut. Rambut juga sama, dapat terimbas efek nikotin. Penelitian menunjukan, merokok meningkatkan rambut rontok, cepat beruban dan gundul.

Baca Juga:  Manfaat Buah Kiwi yang Sering di remehkan

Bagaimana Bahaya Rokok terhadap Saluran Pencernaan?

Merokok akan meningatkan risiko kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker laring, dan kanker esophagus. Merokok juga meningatkan kanker pancreas. Seseorang yang merokok tetapi tidak menghirupnya maka meningkatkan kanker mulut.

Merokok juga berefek pada insulin dimana membuat insulin semakin resisten. Akibatnya akan meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan komplikasinya sehingga pada kasus diabetes tipe 2 cenderung meninkat lebih cepat pada perokok dibandingkan yang tidak merokok.

Bagaimana Bahaya Rokok terhadap sistem Reproduksi?

Nikotin akan membuat aliran darah di genital pria dan wanita terganggu. Untuk laki-laki akan menurunkan seksualitasya. Untuk perempuan dapat membuat saat berhubungan seksual tidak puas dengan penurunan lubrikasi dan ketidakmampuan mencapai orgasme puncak.

Merokok juga menurunkan kadar hormone seksual pada laki-laki dan perempuan. Akibatnya keinginan dan hasrat berhubugan seksual menurun dibanding yang tidak merokok.

Berikut Tabel 26 Efek berbahaya rokok bagi tubuh

Efek Berbahaya Rokok Bagi Tubuh
No. Efek yang ditimbulkan Lokasi
1 Gangguan Mood Otak
2 Mudah cemas
3 Gangguan membau
4 Cepat menopause
5 Rambut berbau Kepala
6 Penglihatan buruk Mata
7 Kesehatan gigi buruk Gigi dan Mulut
8 Pembuluuh darah menyempit Arteri
9 Imunitas menurun
10 Pembekuan darah
11 Meningkatkan risiko aknker darah
12 Kaki diabetes
13 Bronchitis Paru-paru
14 Kanker paru-paru
15 Batuk persisten kronis
16 Penyakit PPOK
17 Penyakit jantung Jantung
18 Tingginy kolesterol
19 Penurunan nafsu makan Lambung
20 Infertilitas reproduksi
21 Disfungsi ereksi
22 Masalah dengan kehamilan dan janin
23 Kanker servik
24 Jari berwarna kuning Tangan
25 Kulit berkerut Kulit
26 Kanker tulang Tulang

Oleh : dr. M. Wiwid Santiko
Yogyakarta, 31 Mei 2017

Ringkasan Artikel
Lebih dari 25 Bahaya Rokok Bagi Tubuh
Judul Artikel
Lebih dari 25 Bahaya Rokok Bagi Tubuh
Deskripsi
Bahaya rokok bagi tubuh sangat banyak, dan tanpa mengesampingkan bagaimana cara merokoknya, rokok sangat berbahaya bagi kesehatan anda. Tidak ada bahan yang aman dalam rokok, mulai dari aseton, tar, nikotin sampai karbon dioksida.
Author
Publisher Name
DokterMuslim
Publisher Logo

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here