Kapan USG melihat Jenis Kelamin Bayi

USG melihat Kelamin Janin

0
693

USG melihat jenis kelamin sering dilakukan, untuk menentukan dan melihat secara intrauterin jenis kelamin janin, sehingga orangtua, dokter dapat mengetahui jenis kelamin bayi. Pemeriksaan USG ini tidak serta merta dilakukan pada awal kehamilan, melainkan menunggi differensiasi perkembangan alat kelamin sehingga sudah terpisahkan jelas, apakah laki-laki atau perempuan.

Kapan USG melihat Jenis Kelamin Janin?

Anda mungkin melakukan USG pada usia kehamilan 18-20 minggu untuk mengevaluasi kehamilan, lokasi plasenta dan komplikasi. Pada minggu tersebut, juga dapat menentukan jenis kelamin janin. Beberapa faktor seperti stadium kehamilan dan posisi janin dalam rahim, akan mempengaruhi akurasitas prediksi jenis kelamin. Untuk akurasi 100%, anda harus menunggunya sampai lahir. Tetapi pada minggu ke 18-20 minggu, sudah dapat dilakukan USG melihat jenis kelamin.

Apakah USG diperlukan selama kehamilan?

USG dilakukan hanya jika atas indikasi medis. Seperti tertulis di atas, USG dilakukan petugas kesehatan untuk mengevaluasi janin selama di rahim. Untuk wanita dengan kehamilan tidak berkomplikasi, USG bersifat minor saja. Artinya boleh dilakukan tetapi tidak menjadi keharusan jika memang sudah dipastikan kehamilannya tanpa komplikasi.

Jika USG tidak melihat Denyut Jantung Janin pada minggu ke-7, Apa artinya itu Gangguan?

Tidak. Ini tidak berarti adanya masalah. Denyut jantung mungkin tidak terdeteksi untuk beberapa alasan, seperti posisi rahim kebalik (Tipped uterus), perut besar, dan tidak akuratnya menghitung periode menstruasi. Denyut jantung sangat baik terdeteksi dengan USG transvaginal pada awal kehamilan. Fokus pada perkembangan fetus, jika tidak ditemukan abnormalitas embrio dimana CRL > 5 mm. Jika anda USG setelah minggu ke-6, perhatian muncul jika tidak ditemukan Gestasional Sac. Karena pada minggu ke-6 biasanya baru terlihat gestasional Sac.

Baca Juga:  Manfaat Buah Kiwi yang Sering di remehkan

Berapa akurat USG menentukan Usia Gestasi Kehamilan?

Dokter akan menggunakan kadar hormon dalam darah, hitungan menstruasi terakhir dan hasil USG untuk menentukan usia gestasi. Variasi pada siklus wanita dan masing-masing kehamilan, dapat meyulitkan perhitungan usia gestasi.

Kenapa Jadwal USG setiap orang bisa berbeda?

Jika ada pertanyaan berkaitan dengan usia gestasi, lokasi plasenta dan komplikasi lain, maka USG dijadwalkan pada pasien. Karena USG harus digunakan untuk indikasi medis saja, banyak kehamilan sehat tidak membutuhkan USG. Rata-rata jumlah berapa kali USG setiap ibu hamil sangat berbeda dan bervariasi tergantung ada tidaknya komplikasi kehamilan.

Berapa Akurat USG menentukan Hari Konsepsi/fertilisasi?

Kadar hormonal, USG dan periode menstruasi dapat digunakan untuk menentukan hari konsepsi. Viabilitas sperma sangat bervariasi yang mana berhubungan seksual 3-5 hari pada hari ovulasi (keluarnya sel telur ke rahim), maka akan menghasilkan fertilisasi (bertemunya sel sperma dan sel telur). USG untuk menentukan hari konsepsi tidak reliabel karena USG tidak dilakukan pada 5-7 awal usia kehamilan. Baca juga kapan USG pertama Kehamilan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here