Apa Penyebab Rambut Putih (Beruban)?

Cara Mencegah Rambut Beruban

0
113
rambut putih

Penyebab rambut putih atau beruban sangat jarang kita ketahui karena ini pasti dialami setiap orang yang menjalani proses penuaan. Untuk anak muda, rambut normalnya berwarna, coklat, hitam, merah atau pirang.

Apabila anda bertambah usia hingga tua, maka area kepala akan menitis dan rambut anda akan berubah dari warna asli menjadi abu-abu atau putih. Fenomena ini disebut beruban.

Apakah Rambut putih itu normal?

Tubuh anda memiliki folokel, dimaana kantung kecil berada di sel kulit kepala. Folikel rambut mempunyai sel pigmen yang disebut dengan melanin. Sel ini akan memberi warna rambut anda. Tetapi pada suatu saat ketika menua, maka folikel rambut kehilangan pigmennya, akhirnya rambut putih terjadi.

Apa Yang menjadi Penyebab Rambut Putih diusia Muda?

Rambut putih sangat mencolok terutama pada seseorang dengan rambut warna hitam. Meskipun rambut putih menandakan proses penuaan dan aging, tetepi sebetulnya rambut putih dapat terjad pda segala usia termasuk ketika anda masih diusa sekolah dan kuliah.

Jika anda usia remaja belasan tahun, anda mungkin dapat menemukan 1 atau beberapa rambut putih. Paling sering karena rambut premature, dan kehilangan pigmennya. Namun tetap tergantung penyebabnya. Berikut Penyebab yang mungkin terjadi:

  1. Faktor Genetik

Factor ini cukup berperan tinggi dalam menciptakan rambut putih. Jika anda memiliki rambut putih pada usia dini, mungkin karena orangtua anda, atau kkek anda pernah memiliki rambut putih saat usia muda. Anda tidak dapat merubah factor genetik. Tetapi jika anda tidak menyukai rambut putih, anda dapat mewarnai rambut anda. Berkonsultasilah pada ulama terkait mewarnai rambut.

  1. Stress dan Emosional

Setiap orang dapat memiliki stress dari waktu ke waktu. Konsekuensinya apabila kita stress berat adalah gangguan tidur, cemas, perubahan nafsu makan dan tingginya tekanan darah. Ternyata stress juga dapat berefek pada rambut anda. Berdasarkan penelitian 2013, ada hubungan antara stress dan depesi stem sel pada folikel rambut di tikus.

Baca Juga:  10 Gejala Awal kanker Pada Laki-laki

Jadi jika anda memiliki rambut putih, mungkin anda sering banyak fikiran dan stress. Teori ini juga menjelaskan kenapa beberapa pemimpin dunia lebih mudah beruban dan memiliki banyak rambut putih pada usia muda.

  1. Penyakit autoimun

Adanya penyakit autoimun dapat menyebabkan rambut putih premature. Ini terjadi ketika imunitas tubuh anda menyerang sel normal. Pada beberapa kasus seperti alopesia (rambut rontok dan kebotakan), dan vitiligo (kulit menjadi putih abnormal), imunitas tubuh akan menyerang rambut dan menyebabkan hilangnya pigmen.

  1. Penyakit Tiroid

Gangguan hormonal dapat disebabkan masalah tiroid seperti hipertiroid dan hipotiroid. Keduanya diduga berkaitan dengan premature rambut putih. Tiroid sendiri adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu, erloksi di leher. Fungsinya membantu metabolism tubuh. Ternyata, kesehatan tiroid mempengaruhi warna rambut anda. Produksi berlebihan dan kekurangan tiroid, dapat menyebabkan tubuh memproduksi melanin sedikit, sehingga pigmenpun sedikit dan akhirnya menjadi rambut putih.

  1. Defisiensi Vitamin B12

Rambut putih pada usia muda dapat mengindikasikan defisiensi (kekurangan) vitamin B12. Vitamin ini berperan pada tubuh anda. Vitamin ini memberi anda energy dan berkontribusi kesehatan rambut anda termasuk pertumbuhan dan warna rambut.

Kekurangn vitamin ini, berkaitan dengan anemia pernisiosa dimana Ketika tubuh tidak dapat menyerap vitamin B12. Tubuh anda membutuhkan vitmin B12, untuk kesehatan sel darah merah, yang membawa oksigen ke seluruh tubuh termasuk sel rambut. Defsiensi ini dapat membuat sel rambut lemah dan produksi melanin pun melemah.

  1. Kebiasaan Merokok

Ada kaitannya antara rambut putih premature dengan merokok. Satu penelitian ditemukan kaitan rambut putih sebelum usia 30 tahun, dan merokok. Seperti yang telah diketahui bersama bahwa, merokok akan meningkatkan risiko kanker paru-paru dan akhirnya berefek pada rambut.

Baca Juga:  Nyeri perut Menstruasi : Gejala hingga Pengobatan

Merokok akan menyempitkan pembuluh darah yang akhirnya mengurangi aliran darah ke folikel dan menyebabkan rambut rontok. Racun pada rokok akn merusak bagian tubuh anda termasuk folikel rambut sehingga rambut putih terbentuk.

Apakah Rambut Putih dapat dicegah?

Pencegahan rambut putih tergantung penyebabnya. Jika penyebabnya factor genetik, maka tidak ada yang bias anda lakukan untuk mencegahnya karena itu bersifat permanen. Jika karena masalah kesehatan, maka konsultasikan ke dokter. Pigmentasi rambut mungkin akan kembali tetapi tidak ada jaminan 100% berhasil.

Berdasarkan penelitian, jika masalah tiroid menyebabkan rambut rontok, maka pigmentasi rambut dapat terjadi setelah pemberian terapi hormone tiroid. Pemberian suplementasi vitamin B12, pada defisiensi B12, dapat memperbaiki folikel dan warna fambut.

Jika rambut rontok karena stress dan merokok, maka langkah untuk mencegahnya hindari stress dan tidak merokok. Demkian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Oleh: dr. M. Wiwid Santiko
Yogyakarta, 28 Mei 2017

Ringkasan Artikel
Apa Penyebab Rambut Putih (Beruban)?
Judul Artikel
Apa Penyebab Rambut Putih (Beruban)?
Deskripsi
Tubuh anda memiliki folokel, dimaana kantung kecil berada di sel kulit kepala. Folikel rambut mempunyai sel pigmen yang disebut dengan melanin. Sel ini akan memberi warna rambut anda. Tetapi pada suatu saat ketika menua, maka folikel rambut kehilangan pigmennya, akhirnya rambut putih terjadi.
Author
Publisher Name
DokterMuslim
Publisher Logo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here