Olahraga yang Aman Bagi Lansia >60 Tahun

Berbeda dengan anak muda, memilih olahraga yang aman bagi lansia (lanjut usia) tidaklah mudah. Terutama bagi lansia yang sudah berusia lebih dari 60 tahun, penting untuk memilih jenis olahraga yang aman dan intensitasnya tidak berlebihan.

Meskipun demikian, tubuh renta bukan berarti hambatan bagi para lanjut usia untuk terus berolahraga. Selama Anda memberikan aktivitas yang ringan dan sesuai dengan kondisi stamina mereka, maka tidak perlu khawatir akan terjadi masalah.

Bacaan Lainnya

Justru, berolahraga sebenarnya sangat dilanjutkan bagi orang yang sudah lanjut usia. Sebab dengan berolahraga, mereka bisa semakin aktif sehingga tubuhnya tetap bugar serta terhindar dari gangguan persendian atau masalah kesehatan lainnya.

Tips Memilih Olahraga yang Aman Bagi Lansia >60 Tahun

Karena faktor usia dan kondisi kesehatan yang mungkin sudah mulai menurun, tidak semua olahraga cocok untuk lansia berusia di atas 60 tahun. Berikut ini beberapa tips memilih aktivitas fisik bagi para lanjut usia:

  1. Berkonsultasi dengan dokter untuk mengevaluasi kondisi kesehatan dan memberikan saran tentang jenis olahraga yang aman.
  2. Pilih olahraga ringan seperti berjalan, bersepeda, berenang, dan senam ringan.
  3. Hindari olahraga berisiko cedera.
  4. Lakukan pemanasan dan pendinginan untuk membantu mencegah cedera dan mempercepat pemulihan.
  5. Lakukan secara teratur, contohnya dengan jadwal 30 menit per hari, lima kali seminggu.

Rekomendasi Jenis Olahraga yang Aman Bagi Lansia >60 Tahun

Setelah mengetahui tips memilih aktivitas fisik yang aman, saatnya menentukan jenis olahraga seperti apa saja yang baik untuk dilakukan oleh lansia. Berikut ini beberapa rekomendasi aktivitas olahraga terbaik untuk dicoba:

  1. Berjalan Kaki

Berjalan kaki adalah jenis olahraga yang aman bagi lansia karena tidak menguras banyak tenaga. Selain itu, aktivitas berjalan kaki juga sangat sederhana, murah, dan mudah dilakukan tanpa butuh peralatan khusus. Berjalan kaki dapat melatih otot kaki dengan baik.

Baca Juga:  Makanan Sahur terbaik dan Apa saja yang Harus dihindari

Berjalan kaki secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan kekuatan otot, juga membantu menjaga berat badan tetap sehat. Berjalan kaki juga dapat membantu meningkatkan keseimbangan serta koordinasi tubuh.

  1. Senam Ringan

Aktivitas aerobik seperti senam ringan juga sangat direkomendasikan bagi para lanjut usia. Anda bisa memberikan aktivitas seperti senam pagi, senam yoga, tai chi, atau bahkan sekedar peregangan ringan.

Aktivitas senam ringan sangat baik untuk membantu meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan keseimbangan. Senam ringan juga bisa membantu meningkatkan kesehatan mental sekaligus mengurangi stres.

  1. Bersepeda

Bersepeda adalah olahraga yang aman bagi lansia karena tidak menimbulkan tekanan besar pada sendi. Bersepeda juga membantu meningkatkan kesehatan jantung, memperkuat otot, serta meningkatkan fleksibilitas tubuh.

Namun, sebelum bersepeda, pastikan untuk memilih sepeda yang sesuai dan menggunakan helm untuk melindungi kepala. Selain itu, pastikan untuk mengontrol jarak tempuhnya agar tidak terlalu jauh.

  1. Renang

Renang adalah olahraga yang bagus untuk lansia karena tidak menimbulkan tekanan pada sendi. Renang juga bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan kekuatan otot, serta fleksibilitas saat bergerak.

Selain itu, renang sangat efektif dalam membantu melatih pernapasan bagi para lansia. Dengan aktivitas renang pula, Anda bisa melatih dan meningkatkan keseimbangan tubuh, serta sangat aman bagi lanjut usia di atas 60 tahun.

  1. Aerobik Air (Aquarobic)

Selain renang, Anda juga bisa menyarankan aktivitas aerobik air atau aquarobic kepada para orang tua lanjut usia. Sebenarnya, prinsip dari aquarobic sama saja dengan kegiatan aerobik seperti senam ringan.

Bedanya, aquarobic dilakukan di kolam renang, sehingga bisa membantu kesehatan mental dengan cara menenangkan serta mengurangi stres. Selain itu, olahraga ini dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Baca Juga:  Jenis Alat Kontrasepsi

5 jenis aktivitas di atas sangat baik untuk diterapkan bagi para lanjut usia supaya tubuhnya tetap sehat dan bugar. Namun, pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter terkait jenis olahraga yang aman bagi lansia yang Anda pilih untuk memastikan keamanannya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *