Menjaga Kesehatan Otak agar “Encer”, Apa Saja Caranya?

Menjaga kesehatan otak merupakan hal yang penting untuk dilakukan setiap orang sejak dini demi menghindari masalah-masalah di masa tua nanti. Apabila tidak dipikirkan sejak dini, beberapa masalah serius akan mengganggu di masa depan kelak.

Otak sendiri merupakan organ penting yang memiliki fungsi sebagai pengendali seluruh organ di dalam tubuh makhluk hidup. Sedangkan penurunan fungsi organ penting tersebut biasanya terjadi ketika manusia sudah berada di usia renta.

Bacaan Lainnya

Apabila Anda tidak menjaga kesehatan organ penting tersebut sejak dini, maka akan meningkatkan risiko terjadinya kepikunan, penyakit alzheimer, dan masalah-masalah kesehatan otak lainnya. Tentu siapa saja tidak ingin mengalaminya bukan?

Hanya saja terkadang kebiasaan masyarakat pada umumnya, berpikir bahwa dengan mengonsumsi obat tertentu dapat menyehatkan otak secara praktis. Padahal dengan cara seperti itu, hanya akan menimbulkan masalah pada organ penting lainnya.

Oleh sebab itu, menghindari masalah-masalah lainnya dan untuk memelihara kesehatan otak tersebut harus dilakukan secara alami. Maka dengan begitu, di masa tua nanti Anda dapat hidup bahagia bersama keluarga.

Apa Saja Tips untuk Menjaga Kesehatan Otak?

Mungkin masih banyak hal-hal yang tidak banyak orang ketahui tentang cara untuk memelihara kesehatan otak tersebut dari kegiatan sehari-hari. Untuk beberapa tips memelihara kesehatan otak tersebut, pembaca bisa simak informasinya sebagai berikut1Avan A. 2022. Brain health: Key to health, productivity, and well-being. Alzheimers Dement . 2022 Jul;18(7):1396-1407. doi: 10.1002/alz.12478. Epub 2021 Sep 27.

  1. Mengurangi Makanan Tinggi Kolesterol

Kolesterol sendiri sebenarnya merupakan komponen yang cukup penting untuk menjaga otak manusia. Sedangkan kolesterol tersebut didapatkan dari makan yang dikonsumsi sehari-hari. Sehingga kebutuhan kolesterol dapat terpenuhi.

Baca Juga:  Tanda Bahaya Diare Pada Anak

Namun, apabila Anda terlalu banyak makan dengan kandungan kolesterol secara berlebih, justru memberikan masalah terhadap kesehatan, termasuk kesehatan otak. Kadar kolesterol terlalu tinggi tersebut dapat meningkatkan kolesterol jahat.

Masalah-masalah yang terjadi apabila Anda terlalu banyak memakan makanan dengan kandungan kolesterol tinggi yaitu seperti terjadinya penyumbatan pembuluh darah pada otak. Penyumbatan tersebut dapat menghambat sirkulasi oksigen di dalam darah menuju otak.

  1. Istirahat yang Cukup

Demi menjaga kesehatan otak dan membuat otak dapat bekerja secara optimal, maka seseorang perlu beristirahat dalam waktu yang cukup. Terkadang beberapa orang sering salah presepsi tentang hal ini, menyamai dirinya dengan para jenius di masalalu.

Pada kenyataannya tidur yang cukup merupakan hal cukup penting untuk dilakukan setiap orang agar di masa tua otaknya tetap terawat dengan baik. Tidur yang cukup akan membantu dalam memperkuat memori jangka pendet dan juga jangka panjang.

Sebelumnya cara seperti ini sudah diuji coba dengan mengamati kelompok belajar anak. Hasilnya anak-anak yang tidur malamnya cukup berhasil mendapatkan nilai ujian lebih baik daripada anak-anak dengan kekurangan tidur.

  1. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Omega-3

Berikutnya untuk menjaga kesehatan otak, Anda membutuhkan makanan yang memiliki kandungan omega-3. Sejak lama makanan dengan dengan kandungan omega-3 tersebut mampu mencegah masalah-masalah pada otak2Yongjun Wang. 2020. What is brain health and why is it important?. BMJ. 2020; 371: m3683..

Dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan omega-3 mampu menghindari penurunan fungsi otak karena penuaan dan meningkatkan daya ingat. Kandungan omega-3 tersebut bisa didapatkan dari makanan jenis ikan-ikan seperti sarden dan ikan salmon.

  1. Melakukan Kegiatan Fisik

Melakukan kegiatan fisik seperti berolah-raga tidak hanya dapat membantu menyehatkan tulang dan pembentuk otot. Ternyata melakukan olahraga juga dapat membantu dalam menjaga kesehatan otak manusia.

Baca Juga:  Neuritis optik : Gejala hingga Pengobatan [lengkap]

Pada dasarnya dengan melakukan kegiatan olahraga mampu memperbaiki kinerja pembuluh darah, sehingga mencegah menyumbatan oksigen menuju otak melalui darah. Sedangkan, olahraga yang perlu dilakukan secara rutin tersebut tidak perlu berlebihan.

Anda dapat melakukan aktivitas fisik seperti melakukan kegiatan senam rutin, joging, dan beberapa kegiatan olahraga yang disukai. Paling proses olahraga ringan tersebut bisa dilakukan setiap 30 menit perharinya.

Meskipun terkesan cukup sepele, ternyata hasilnya benar-benar dirasakan setelah Anda menginjak usia tua nanti. Oleh sebab itu, mulai dari sekarang jangan pernah melewatkan kesempatan untuk menjaga kesehatan otak sebelum terlambat.

References

  • 1
    Avan A. 2022. Brain health: Key to health, productivity, and well-being. Alzheimers Dement . 2022 Jul;18(7):1396-1407. doi: 10.1002/alz.12478. Epub 2021 Sep 27
  • 2
    Yongjun Wang. 2020. What is brain health and why is it important?. BMJ. 2020; 371: m3683.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *