Manfaat Mengkonsumsi Bandeng Juwana dan Kandungan Gizinya

Siapa sangka jika kandungan gizi dan manfaat mengkonsumsi bandeng juwana sangat bermanfaat bagi tubuh manusia dan memiliki peran penting. Selain enak juga, hewan ini berperan sebagai protein hewani yang tinggi dan mudah ditemukan. Mendengar namanya tentu akan mengingatkan Anda dengan provinsi Jawa Tengah, yaitu Semarang.

Sebagai makanan khas dari kota Semarang, banyak pengusaha daerah tersebut juga membuka bisnis oleh-oleh bandeng Juwana. Maka tidak heran, apabila kota Lawang Sewu memiliki beragam olahan makanan presto. Bahkan ikan jenis ini ketika sudah dipresto mampu bertahan sampai 6 hari dalam lemari pendingin.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, olahan presto tidak berpengaruh besar terhadap perubahan gizi yang terkandung di dalamnya. Ketika tidak menyukai jenis presto tentu memiliki langkah lain berupa mengolahnya sendiri sesuai keinginan. Mengenai masalah kandungan gizi, ulasan berikut ini akan membantu Anda memberikan penjelasan singkat.

Manfaat Mengkonsumsi Bandeng Juwana

Terdapat beberapa porsi rincian dalam perhitungan komposisinya per 100 gram dalam satu ikan. Melansir pada data Kemenkes RI Tabel Komposisi Pangan Indonesia (TKPI) meliputi, kalsium 20 Miligram, Kalium 27,1 Miligram, Energi 123 Kalori, Protein 20,0 Gram, dan  Natrium 67 Miligram. Kemudian terdapat beberapa vitamin, seperti vitamin A, B, serta asam lemak omega-3 (EPA dan DHA)1Nutrifox. 2023. https://nutrifox.com/nutrition/fish-milkfish-cooked-dry-heat.

Kandungan tertinggi saat mengonsumsi ikan segar terdapat pada protein, fosfor, besi, retinol, niasin dan seng. Setiap komposisi gizi tentu memiliki manfaatnya masing-masing bagi kesehatan tubuh Anda.

Baca Juga:  Jenis Lemak : Trans, Saturated, dan Non Saturated

Agar mengetahui apa saja manfaatnya, poin-poin berikut ini akan membahasanya secara singkat dan jelas.

1. Asam Lemak Omega-3 Bermanfaat Pada Kesehatan Otak

Manfaat mengkonsumsi bangeng juwana dan Kandungan gizi ikan bandeng berupa asam lemak omega-3 berperan penting bagi kesehatan otak manusia. Berupa asam lemak tak jenuh ganda atau lemak esensial yang banyak menawarkan berbagai kebaikan. Salah satunya banyak Anda temukan dalam ikan maupun minyak ikan, Zat EPA dan DHA mampu memberikan manfaat secara signifikan untuk pembentukan otak serta sel baru pada otak ikut membaik2Del Gobbo LC. 2010. Risks and benefits of fish consumption for childbearing women. Can J Diet Pract Res . 2010 Spring;71(1):41-5. doi: 10.3148/71.1.2010.41..

2. Vitamin B12, Zat Besi, Folat Bermanfaat Mencegah Anemia

Selanjutnya, vitamin B12, zat besi, maupun folat merupakan kandungan gizi ikan bandeng juga bermanfaat untuk sel darah merah. Bagi penderita anemia sangat cocok mengonsumsi protein hewani tersebut agar terhindar dari penyakit kekurangan darah merah. Zat besi sebesar 2 miligram mampu mengontrol produksi darah serta mencegah anemia secara berkala.

3. Kalsium, Vitamin Bagi Kesehatan Tulang dan Mata

Umumnya jenis ikan yang bertulang akan memiliki gizi kalsium tinggi, seperti bandeng dengan takaran 20 – 51 miligram kalsium. Takaran tersebut apabila mengkonsumsinya secara rutin dan berjangka akan membantu menguatkan tulang sampai gigi menjadi kuat.

Manfaat lainnya juga mampu menghindarkan tubuh pada masalah tulang, seperti osteoporosis. Sementara kandungan gizi ikan dan manfaat mengkonsumsi bandeng juwana berupa vitamin A ternyata mampu menyehatkan mata, menghindarkan masalah mata hingga usia tua.

Pada 100 gramnya terdapat takaran sebesar 150 IU vitamin A bisa menjaga kesehatan mata secara berkala. Mengkonsumsinya dengan berbagai olahan agar tidak bosan perlu dilakukan demi mendapatkan mata sehat3Healthbenefittimes. 2023. https://www.healthbenefitstimes.com/milkfish/.

Baca Juga:  7 Manfaat Jus Wortel bagi Kesehatan Anda [Terbaru]

4. Komposisi Protein Bagi Kesehatan Kulit

Gizi lainnya berupa protein juga tidak kalah dalam memberikan manfaat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Komposisi sebesar 20 gram tersebut mengandung suatu zat bernama kolagen peptide bermanfaat bagi kulit Anda.

Kolagen peptide ini sangat baik untuk proses pembangunan sel kulit serta menghidrasi kulit. Kolagen sendiri merupakan sebuah protein struktural dari kulit bandeng yang sehat sebagai antioksidan, antihipertensi, maupun antikanker.

Ketika ingin mendapatkan kulit sehat bukan hanya dari rutin minum air putih, tidur cukup, juga harus memperhatikan porsi kandungan protein pada makanan.

Mengetahui bagaimana manfaat dan fungsi dari setiap makanan yang akan masuk pada tubuh sangat berguna. Demi kebaikan jangka panjang juga adanya informasi berupa kandungan gizi ikan bandeng dan manfaat mengkonsumsi bandeng juwana membuat semua orang jadi lebih tertarik mengonsumsinya.

References

  • 1
    Nutrifox. 2023. https://nutrifox.com/nutrition/fish-milkfish-cooked-dry-heat
  • 2
    Del Gobbo LC. 2010. Risks and benefits of fish consumption for childbearing women. Can J Diet Pract Res . 2010 Spring;71(1):41-5. doi: 10.3148/71.1.2010.41.
  • 3
    Healthbenefittimes. 2023. https://www.healthbenefitstimes.com/milkfish/

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *