Manfaat Ikan Gabus untuk Penyembuhan Operasi Caesar

Banyak yang menyatakan bahwa manfaat ikan gabus baik untuk membantu memulihkan luka pasca operasi caesar. Jenis ikan ini rendah lemak dan memiliki kandungan kalori cukup tinggi. Ikan Gabus disebut juga dengan Ikan Kutuk atau Ikan Kuthuk dan nama ilmiahnya adalah Channa striata.

Bukan hanya itu ikan gabus juga terbukti memiliki protein tinggi bahkan mengalahkan salmon. Kandungan protein tersebut juga lebih tinggi dari bandeng, mas dan kakap.

Bacaan Lainnya

Selain membantu menyembuhkan luka pasca operasi caesar, jenis ikan ini juga memberikan gizi tinggi bagi para penderita gizi buruk. Bagi para ibu hamil yang melahirkan secara caesar ada baiknya mengonsumsi jenis ikan gabus agar luka sayatan segera pulih.

Manfaat Ikan Gabus, Bantu Sembuhkan Luka Operasi

Ikan gabus bagus untuk membantu penyembuhan dan pemulihan luka pasca tindakan operasi caesar. Melahirkan secara normal memang mampu menjadi salah satu keinginan hampir setiap ibu.

Terkadang ada kondisi tertentu yang memungkinkan seseorang harus melewati operasi caesar dan butuh waktu lama untuk menyembuhkannya. Tidak perlu merasa khawatir Anda bisa mengonsumsi ikan gabus untuk membantu mempercepat penyembuhan luka operasi.

Kandungan Nutrisi dalam 100 gram Ikan Gabus1FatSecret. 2023. https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/ikan-gabus:

  • Kalori : 89
  • Lemak : 1.25 gram
  • Protein : 18.31 gram
  • Energi : 372 kj
  • Natrium : 74 mg
  • kalium 374 mg

Menurut penelitian ikan gabus mampu membantu mempercepat penyembuhan dan pemulihan luka bekas operasi. Secara garis besar berikut beberapa manfaat ikan gabus yang mampu membantu mempercepat luka pasca operasi caesar.

Baca Juga:  Kista Baker Popliteal (Baker Cyst) : Gejala hingga Terapi

1.     Mempercepat Penyembuhan Luka

Setiap tindakan pembedahan tentu akan meninggalkan bekas luka. Bagi sebagian orang bekas luka tersebut akan terasa sangat mengganggu. Agar sayatan pasca operasi bisa segera pulih dibutuhkan zat yang mampu membantu proses penyembuhannya. Ikan Gabus diketahui memiliki kadar protein tinggi sekitar 25.5% dan albumin tinggi sekitar 6.22%2Sulfitri. 2020. Comparison of Cork Fish (Channa striata) Albumin Content from Boiling and Steaming Process by Using Biuret Test. KOVALEN: Jurnal Riset Kimia, 6(1), 2020: 67-73.

Ikan gabus bisa dijadikan salah satu alternatif makanan untuk membantu mempercepat penyembuhan bekas luka. Hal ini disebabkan karena jenis ikan tersebut mengandung senyawa albumin yang bermanfaat menyembuhkan luka termasuk bekas operasi. Pemberian albumin yang adekuat dapat mempercepat penyembuhan luka melalui percepatan tranduksi dan transkripsi, melalui sitokin proinflamasi dan NF-KB3Utariani A. 2020. Effects of Albumin Infusion on Serum Levels of Albumin, Proinflammatory Cytokines (TNF-α, IL-1, and IL-6), CRP, and MMP-8; Tissue Expression of EGRF, ERK1, ERK2, TGF-β, Collagen, and MMP-8; and Wound Healing in Sprague Dawley Rats. Int J Inflam. 2020; 2020: 3254017..

2.     Pertumbuhan Otot Jadi Lebih Cepat

Manfaat ikan gabus selanjutnya adalah membantu pembentukan dan pertumbuhan otot. Bekas luka akan menghilang jika sudah tumbuh otot dan kulit baru. Proses pertumbuhan dan pembentukan otot bisa berjalan cepat ataupun lambat. Baca juga tutorial luka agar cepat kering dan sembuh.

Agar jaringan otot baru bisa tumbuh dengan lebih cepat dibutuhkan protein dalam jumlah yang cukup banyak. Mengonsumsi ikan gabus mampu membantu memenuhi kebutuhan protein agar proses pembentukan jaringan baru bisa berjalan lebih cepat.

3.     Menyehatkan Pencernaan

Jenis ikan ini juga bagus untuk membantu menjaga kesehatan organ pencernaan. Bukan hanya bisa mempercepat penyembuhan luka saja, manfaat ikan gabus juga bisa dirasakan bagi yang memiliki riwayat penyakit serius disebabkan oleh pencernaan.

Baca Juga:  Hidrosefalus - Definisi, Klasifikasi, Etiologi dan Patofisiologi

Kanker usus merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan karena masalah pencernaan. Daging pada jenis ikan ini relatif lebih empuk jika dibandingkan dengan jenis lainnya sehingga organ pencernaan tidak akan bekerja keras untuk mencernanya.

4.     Menjaga Keseimbangan Cairan

Kandungan albumin yang terdapat pada ikan gabus juga bermanfaat sebagai agen penyeimbang cairan di dalam tubuh seseorang. Ketika kondisi cairan dalam tubuh tidak seimbang maka hal ini akan menyebabkan protein tidak berfungsi secara optimal.

Dalam kasus tersebut protein tidak bisa bekerja secara maksimal untuk membantu menyembuhkan luka serta membentuk jaringan otot baru. Jadi bekas operasi caesar tidak bisa segera pulih.

5.     Memperbaiki Kondisi Gizi dan Nutrisi Tubuh

Agar sayatan pasca pembedahan bisa cepat sembuh Anda harus mencukupi kebutuhan gizi dalam tubuh. Sebab kekurangan gizi berarti tubuh tidak memiliki cukup asupan nutrisi untuk memperbaiki jaringan otot.

Jadi berbagai olahan menu dari ikan gabus terbilang cukup bagus untuk memenuhi kebutuhan gizi setelah menjalani operasi caesar baik Sesar ERACS dan Sesar Biasa . Jenis makanan ini juga bagus untuk sang buah hati.

Selama masih dalam tahap menyusui secara otomatis apa yang dikonsumsi oleh ibu juga akan berpengaruh terhadap pertumbuhan si kecil. Jadi ketika Anda kekurangan gizi maka air susu juga menjadi tidak berkualitas dan membuat bayi mengalami malnutrisi.

Gizi seimbang bisa diperoleh dengan mudah dan sederhana, yaitu mengonsumsi makanan yang baik bagi tubuh. Ada banyak sekali manfaat ikan gabus bagi kesehatan mulai dari penyembuhan luka hingga bisa dijadikan menu makanan untuk mencukupi gizi harian.

References

  • 1
    FatSecret. 2023. https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/ikan-gabus
  • 2
    Sulfitri. 2020. Comparison of Cork Fish (Channa striata) Albumin Content from Boiling and Steaming Process by Using Biuret Test. KOVALEN: Jurnal Riset Kimia, 6(1), 2020: 67-73
  • 3
    Utariani A. 2020. Effects of Albumin Infusion on Serum Levels of Albumin, Proinflammatory Cytokines (TNF-α, IL-1, and IL-6), CRP, and MMP-8; Tissue Expression of EGRF, ERK1, ERK2, TGF-β, Collagen, and MMP-8; and Wound Healing in Sprague Dawley Rats. Int J Inflam. 2020; 2020: 3254017.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *