Prosedur Bedah Tiroidektomi

0
1654

DEFINISI TIROIDEKTOMI

Tirroidektomi adalah sebuah tindakan pembedahan yang dilakukan untuk mengangkat kelenjar tiroid. Biasanya diindikasikan karena terdapat tumor, benjolan ataupun penyakit lainnya yang menurut pertimbangan medis, dibutuhkan pengangkatan kelenjar tiroid.

Kelenjar tiroid berada di leher, di sekitar kartilago tiroid atau adam apple (jakun). Kondisi pengangkatan tiroid dapat dalam keadaan hipotiroid, hipertiroid maupun eutiroid sesuai kondisi dan pertimbangan pasien.


PROSEDUR TIROIDEKTOMI

  1. Menginsisi pada leher bagian depan 4 cm di atas suprasternal notch sedikit melengkung dengan konkavitas ke atas
  2. Memperdalam incise sampai m. plastyma, flap atas dibebaskan dari jaringan di bawahnya dengan cara tajam kemudian dengan cara tumpul sampai setinggi incisura thyroidea. Merawat perdarahan yang terjadi. Flap bawah dibebaskan dengan cara seperti di atas sampai setinggi suprasternal notch, pembebasan bagian medial lebih penting dari pada bagian lateral
  3. Membuat insisi vertical di garis tengah leher pada fascia colli dari cartilage thyroid sampai supra sternal notch.
  4. Memisahkan M. Sternothyroideis secara longitudinal dengan struktur di bawahnya dengan jari telunjuk dan kemudian disisihkan ke lateral. Tampak Kapsula chirrugis glandula thyroid dan M. Sternothyroid.
  5. Membuat insisi pada kapsula chirrugis, memisahkan dari stuktur di bawahnya secara tumpul dengan jari-jari kemudian ditarik ke lateral. Untuk dissectie sebelah lateral dan posterior di bawah fascia ini harus hati-hati adanya kemungkinan perlukaan pada V. thyroid media. Maka tampaklah Gl . thyroidea
  6. Dengan jari-jari lobus lateralis kanan kelenjar thyroid ditarik kemedial dan V. Thyroidea media diklem dan diligasi barulah dipotong
  7. Lobus lateralis kanan kelenjar thyroid ditarik kekiri bawah dan M. Sterno hyoideus dan M. Sternothyroideus kanan ditarik kekanan atas untuk mengexpose pol. Superior lob. Lateralis kanan kel. Thyroid ini.
  8. Kemudian vascular pedicle superior kel. Thyroid sebelah kanan dimobilisir dengan cara : tajam pada sebelah medialnya dengan klem, tajam pada sebelah profundusnya yg relative lekat dengan struktur dibawahnya.
  9. Kemudian masukkan jari telunjuk tangan kiri kedalam ruangan profundus polus superior tersebut yang dibatasi sebelah profundus oleh Vert. cervicalis, sebelah lateral Carotis. Dengam jari-jari polus superior ini dibebaskan seluruhnya dari jaringan sekitarnya.
  10. Setelah R. externus n. laryngeus Sup. diindentifikasi dan diselamatkan, maka Vasa thyroidea superior dipegang dengan klem pada 2 tempat dan diligasi sebelah luar dari klem tersebut dengan zide atau catgut yg kuat, kemudian dipotong diantara kedua klem diatas.
  11. Untuk lebih safe maka buat ligasi lagi pada sebelah proximal dari ligasi proximal vasa thyroidea superior.
  12. Melakukan dissectie jaringan ikat kendor yang dibatasi oleh kelenjar thyroid sebelah medial dari a. rotis disebelah lateral untuk mencari a. thyroidea inferior. Setelah didapat maka lingkari dengan zyde atau catgut yang kuat yang masih dilonggarkan lebih dulu. Kemudian vascular pedicle inferior dibebaskan dari jaringan sekitarnya secara tumpul.
  13. Setelah bebas vascular pedicle inferior ini dipegang dengan klem kemudian diligasi lalu dipotong seperti vasculair pedicle superior diatas.
  14. Polus superior dan polus inferior lateralis kanan kelenjar thyroid yang telah bebas ini disatukan kemudian lobus lateralis kanan ditarik ke medial. Jalan laryngeus inferior kanan dan hubungannya dengan kelenjar  parathyroidea  superior dapat dilihat
  15. Jaringan ikat kendor yang mengikat kelenjar thyroid kee lig. Cricothyroid yang disebut suspensorium dipegang dengan dengan dua klem dan dipotong di antara di kedua klem tersebut
  16. Kemudian kelenjar thyroid dapat dipotong (subtotal /partial resecti). Pada Subtotal thyroidectomy bilateral/ unilateral sisa lobus kelenjar thyoid dijahitkan fascia prethrtacealis dengan zyde.
  17. Operasi pada lobus lateralis kanan untuk total thyroidektomy dilanjutkan, bila terdapat a. thyroidea ima dipegang dengan dua klem diligasi kemudian Isthmus kelenjar thyroid dipisahkan dengan  permukaan anterior trachea secara tumpul yatu masukkan klem arteri yang bengkok diantara isthmus dan trachea dari bawah keatas kemudian dibuka ditutup secara berganti. Lalu isthmus dipegang dengan  dua klem  diligasi dan dipotong
  18. Lobus lateralis kanan kel. Thyroid kemudian dibebaskan seluruhnya dari jaringan yang masih melekat padanya
  19. Bila kedua lobus lateralis kel. Thyroid akan dipotong maka prosedur ini diulangi pada sisi kiri
  20. sternothyroid kanan dan kiri dijahit kembali juga m. sternohyoid dijahit kembali dengan zyde. Bila perlu drain dipasang.
  21. Fascia colli dijahit dengan baik
  22. platysma dan kulit kemudian ditutup, operasi selesai
Baca Juga:  Perdarahan Subkonjunctiva (Definisi, Gejala dan Tatalaksana)

REFERENSI

Charles et al. 2009. Schwartz’s : principles of surgery 9th edition. McGraw-Hill

Tim Penulis, 2002. Bedah Reveald.

Townsend. 2007. Sabiston : Textbook of Surgery 18 edition. Saunders

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here