Mengenal Manfaat Jenang Kudus Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat jenang kudus bagi kesehatan sendiri mungkin sering dibicarakan oleh berbagai kalangan masyarakat. Karena jenang kudus atau biasa disebut dengan sebutan dodol ini, cukup banyak dikonsumsi oleh masyarakat umum sehingga harus tahu kandungan gizinya.

Hal tersebut dikarenakan seiring berkembangnya zaman, makin banyak orang yang peduli dengan kesehatan tubuhnya. Karena menjaga kesehatan lebih mudah dibanding mengobati, atas dasar hal tersebut mulai banyak orang ingin mengetahui manfaat dari makanannya.

Bacaan Lainnya

Apakah makanan yang dimakannya memiliki kandungan gizi bagus sehingga mampu memberi manfaat kesehatan bagi tubuhnya, oleh sebab itulah banyak orang menanyakan tentang manfaat jenang kudus bagi kesehatan. Mengingat makanan ini banyak dikonsumsi warga.

Mengenal Lebih Jauh Seputar Jenang Kudus

Jenang kudus atau biasa disebut dodol sendiri merupakan makanan khas kota Kudus, terbuat dari bahan dasar berupa beras ketan, santan, serta gula jawa. Hal ini yang menjadikannya unik karena mampu menghasilkan makanan bertekstur lembut dan memiliki rasa cukup manis.

Biasanya oleh-oleh khas kota Kretek ini diburu oleh wisatawan baik dari manca negara atau kota lainnya ketika sedang singgah di Kudus, hal ini yang menyebabkan banyak orang bertanya mengenai manfaat jenang kudus bagi kesehatan karena sering menyantapnya.

Terlebih jika Anda sudah berumur pasti lebih memedulikan kesehatan dibanding yang lebih muda, oleh sebab itulah mulai bertanya mengenai kandungan gizi suatu makanan seperti dodol ini. Apakah dodol ini memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan atau tidak.

Baca Juga:  Karada Scan : Cara Kerja hingga Intepretasi (Lengkap)

Manfaat Jenang Kudus Bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya

Sebelum mengetahui manfaat jenang kudus untuk kesehatan, alangkah baiknya Anda untuk mengetahui kandungan gizinya terlebih dahulu. Karena dengan mengetahui kandungan gizi akan mempermudah dalam proses mengetahui berbagai dampaknya saat dikonsumsi tubuh.

Camilan dengan rasa manis dan tekstur kekenyalan ini biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, namun terdapat kandungan gizi yang jarang diketahui oleh masyarakat. Seperti kandungan energi dari satu buah dodol bisa mencapai 220 kilo kalori dengan protein 2,6 gram. Zat gula ditubuh kita diatur oleh hormon insulin dan glukagon.

Dengan jumlah energi sebesar itu, dodol juga diikuti dengan kandungan gizi penting lainnya seperti karbohidrat 39,5 gram; lemak 5,7 gram; serta kalsium 0,04 mili gram. Sehingga dapat disimpulkan terdapat manfaat jenang kudus bagi kesehatan berdasar kandungan gizi itu.

  1. Sebagai Sumber Karbohidrat

Dengan jumlah energi cukup besar sekitar 220 kilo kalori, makanan tradisional khas kota kretek tersebut dapat dikatakan sebagai sumber karbohidrat. Hal ini juga dibuktikan dengan tingginya kandungan karbohidrat di dalamnya yang bisa mencapai angka 39,5 gram per biji.

Sebagai sumber karbohidrat, jenang kudus berfungsi sebagai bahan penghasil energi bagi tubuh, sehingga semua sistem di dalam tubuh dapat berjalan dengan sempurna. Karena setiap organ dan sistem memerlukan energi untuk bisa bekerja lancar.

Selain itu karbohidrat juga berperan sebagai sarana untuk meningkatkan massa otot pada tubuh, ketika kekurangan asupan karbohidrat tubuh akan mengambil energi dari otot tubuh. Sehingga penting untuk menjaga asupan energi dari karbohidrat supaya tetap terjaga. Karbohidrat juga diketahui mencegah penyakit gizi buruk.

  1. Sebagai Sumber Gula

Manfaat jenang kudus bagi kesehatan lainnya berperan sebagai sumber gula bagi dalam tubuh, hal ini dibuktikan dari rasa manisnya serta dibutuhkan banyak gula supaya bisa menciptakan dodol yang manis serta enak untuk dikonsumsi.

Baca Juga:  Penyebab Bibir Bengkak sesuai Referensi Medis

Fungsi gula bagi tubuh Anda sendiri cukup penting diantaranya berfungsi untuk menjaga tekanan darah, meningkatkan kinerja otak, menghaluskan bibir, serta mencegah depresi. Oleh sebab itu penting untuk menjaga asupan gula supaya tidak kekurangan.

Namun dalam mengkonsumsi gula juga perlu dibatasi, sehingga tidak terkena penyakit seperti diabetes ketoacidosis dan diabetes melitus. Oleh karena itu kami menyarankan bagi Anda untuk mengkonsumsi jenang kudus tidak terlalu banyak tiap harinya.

Makanan tradisional khas kota kretek yang banyak dinikmati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia ini memiliki berbagai kandungan gizi didalamnya, sehingga memiliki manfaat jenang kudus bagi kesehatan tersendiri.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *