Makanan Sahur terbaik dan Apa saja yang Harus dihindari

Makanan Sahur Terbaik dan Sehat di bulan Ramadhan

0
617

Makanan sahur terbaik ketika melaksanakan puasa bulan ramadhan, harus mengikuti aturan gizi dan nutrisi serta menopang kebutuhan kalori seseorang. Apa yang anda makan ketika sahur, maka akan menjadi nutrisi sepanjang hari anda beraktifitas.

Makanan tersebut akan diubah menjadi energi yang digunakan selama setidaknya 13 jam (waktu indonesia). Terdapat makanan yang diserap cepat yang mana membuat cepat lapar, dan makanan yang cerna lambat yang mana membuat anda tahan dan optimal menjalan aktifitas dengan energi penuh.

Pertama anda harus tahu kebutuhan kalori anda perhari. Kebutuhan kalori perhari manusia dengan berat badan 50-80 Kg rata rata adalah 2000-3000 kalori. Artinya, anda harus memenuhi setidaknya tiga per empat dari jumlah kalori tersebut. Dengan asupan kalori yang cukup maka energi di tubuh anda akan optimal, mood akan tidak berubah, dan terhindar dari pusing dan lemas.

Makanan sahur yang baik haruslah mengandung karbohidrat, protein, sayuran, air, dan lemak yang cukup. Selain anda mencermati makanan sahur terbaik, anda harus menghindari makanan yang akan membuat anda cepat merasa lapar dan lemas. Berikut ulasannya.

MAKANAN SAHUR TERBAIK

Makanan Tinggi Protein

Sangat esensial dan penting makan protein pada sahur kita. Protein akan membuat anda kenyang, dicerna lama (membuat anda merasa kenyang lama), dan sangat pnting untuk menstablkan kadar gula darah yang mana sangat penting ketika anda berpuasa 12 jam lebih.

Makan karbohidrat skala besar (sereal, roti, gula), akan menyebabkan kadar gula darah fluktuatif dan membuat anda mudah lapar dan kecapekkan, pusing,serta mood berubah. Sehingga asupan protein sangat penting ketika sahur. Sumber protein adalah : putih telur, dada ayam, daging, tahu, tempe, ikan, bubuk potein casein, dan almond.

Baca Juga:  Cegah “mengompol”, lakukan Senam Kegel Segera

Kurma

Kurma menjadi makanan yang diberkahi dimana beberapa kali telah disebutkan baik di AlQuran dan sunnah dan menjadi nutrisi terbaik serta menjadi bagian  makan sahur anda. Makanlah kurma setidaknya 3 biji pada saat sahur.

Makanan Lemak Sehat

Makanan lemak sehat adalah yang rendah kadar LDL (low densiti lipoprotein) atau lemak jahat dan tinggi HDL (high density Lipoprotein) atau lemak baik. Sumber lemak tersebut yang dapat anda masukkan ke menu sahur anda diantaranya : minyak kelapa, minyak zaitun, alpukat, kelapa,ikan salmon, dan mentega.

Makanan tinggi Antioksidan

Makanan antioksidan tinggi selalu menjadi sumber terbaik ketika sahur karena tinggi flavanoid untuk menangkal radikal bebas. Sumber makanan antioksidan tinggi diantaranya : strawberry, jeruk, mangga, pepaya dan lainnya.

Sayuran dan Minuman

Selain itu anda juga dapat mencoba untuk makan sayuran berserat agar pencernaan anda lancar. Jangan sampai sahur tanpa sayuran. Sayuran contohnya bayam, brokoli, selada, kol, kangkung dan lainnya. Minum air lemon dan air kelapa juga baik untuk mengganti elektrolit. Sayuran yang tinggi air contohnya timun dan tomat. Dalam sayuran akan mendangung vitamin yang dibutuhkan tubuh anda yang mana sayuran juga akan membasakan tubuh anda.

MAKANAN SAHUR YANG HARUS DIHINDARI

  1. Segala makanan refinasi
  2. Roti putih, mie instan dan wafer
  3. Teh dan kopi atau makanan dan minuman yang mengandung kafein
  4. Makanan kering
  5. Segala produk dengan pemanis buatan, dan gula yang cepat cerna karena membuat anda cepat kenyang dan cepat lapar.
  6. Makanan asin yang membuat anda haus
  7. jangan pernah mengkonsumsi alkohol.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here