Kram Kaki : Cara penanganan yang benar

0
944

Kram kaki terjadi ketika otot di kaki tiba-tiba kaku dan tidak dapat relaksasi dan kondisi ini didapat biasanya akibat intensitas spasme berlebihan pada kaki. Kram ini biasanya tidak berbahaya, dan biasanya dapat ditangani sendiri dirumah.

Kram ini juga dapat dipicu aktifitas lain dan olahraga, seerti duduk lama bahkan tidur. Otot akan terasa keras. Anda juga dapat merasakan cekit-cekit di dalam kaki. Kram biasanya berlangsung beberapa detik hingga beberapa menit. Ketika terjadi ini, maka segera lakukan relaksasi.

Tips relaksasi Kram Kaki

  1. Lakukan Jika anda duduk, berdiri dan mengangkat berat tiba tiba kram
  2. Secara tegas, lakukan peregangan otot dengan gerakan fleksi kaki. Jaga fleksi sampai nyeri hilang.
  3. Pijat otot sambil diregangkan. Cobalah dengan mengkompress es pada area yang anda pijat.
  4. Berikan hangat pada otot kram dengan handuk hangat. Anda juga dapat menggunakan air hangat.
  5. Gunakan pereda nyeri krim, seperti ibuprofen hingga nyeri mereda.

Bagaimana mencegah kram kaki

  1. Peregangan Otot

Pemanasan terhadap otot, terutama sebelum menggunakannya dalam jangka waktu panjang. Peregangan sebelum dan sesudah olahraga. Jika kaki kram saat malam, maka regangkan sebelum ke kasur. Lakukan beberapa menit dengan olahraga ringan sebelum tidur akan membantu otot relaksasi ketika tidur.

  1. Menjaga Hidrasi

Minum air putih akan mencegah kram. Sel otot akan baik jika kadar airnya cukup. Minum ketika anda beraktifitas atau ketika cuata panas da kering akan menjaga hidrasi otot.

  1. Makan makanan sehat

Mengisi makanan dengan buah dan sayur segar, yang tinggi kalsium, kalium dan magnesium seperti buah pisang akan baik mencegah spasme otot. Menghindari minum alkohol juga.

  1. Obat-obatan

Beberapa efek samping obat dapat memicu kram otot. Ketika kram datang, maka perhatikan obat yang dikonsumsi. Berkonsultasilah ke dokter terkait efek samping pengobatan.

  1. Alas Kaki

Memakai alas kaki yang halus, dan tidak tinggi akan menghindari anda dari kram ini. Jika otot kram, dan tidak menghilang dengan penanganan diatas, maka segeralah ke dokter untuk dilakukan penanganan medis.

Baca Juga:  Nyeri Punggung saat Hamil : Penyebab dan Pengobatan

Oleh: dr. Wiwid Santiko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here