Hamil 4 minggu : Panduan Ibu Hamil Lengkap

0
605

Hamil 4 minggu adalah kehamilan seseorang dengan usia 4 minggu, dimana hamil pada usia 4-7 minggu menjadi hal yang sangat penting. Setelah proses implantasi atau penempelan ke rahim, maka janin akan berkembang membentuk organ demi organ.

Ingat, untuk menghitung usia kehamilan, silahkan gunakan rumus naegel memperkirakan hari lahir bayi, dengan mengetahui hari pertama menstruasi terakhir. Bagi yang terlewat artikel serial ini, silahkan baca panduan ibu hamil 1-2 minggu dan hamil 3 minggu.

Perubahan pada Ibu Hamil 4 minggu

Gejala kehamilan pada minggu ke-4 mulai muncul, seperti nyeri pada payudara, pusing, nyeri kepala, nyeri punggung hingga mual dan muntah. Ini sangat penting mengetahui bahwa itu adalah tanda kehamilan, dan sebaiknya sudah dilakukan pemeriksaan tes pack beta hCG.

Beberapa orang memang gejala tersebut tidak muncul. Oleh sebab itu, jika gejala tersebut tidak muncul, tetapi ibu mengalami terlambat menstruasi, silahkan melakukan pemeriksaan kehamilan. Semakin dini terdeteksi, maka semakin baik.

Perkembangan Janin Ibu Hamil 4 minggu

Pada minggu ke empat ini, mulai terbentuk tiga lapisan utama tubuh yaitu endoderm, mesoderm dan ektoderm. Ketiga lapisan ini akan membentuk organ, jaringan, tulang, hingga kuku bayi. Untuk lebih jelasnya silahkan buka buku embriologi keith L moore.

  1. Lapisan endoderm akan menjadi organ internal yang dilapisi mukosa. Organ tersebut adalah : saluran cerna dari dalam mulut (Cavum oris) hingga sebelum anus. Karena anus (Proctodeum) berasal dari ektoderm. Saluran cerna termasuk esofagus, lambung, duodenum, ileum, jejunum, usus besar, dan rektum. Selain itu endoderm juga membentuk hepar, kelenjar tiroid, pankreas dan paru-paru.
  2. Lapisan mesoderm akan menjadi organ interna dan jaringan lain. Mesoderm sebenarnya terdapat pembagiannya lagi. Jaringan mesoderm seperti : jaringan ikat longgar, tulang, otot, darah, sistem urogenital, sistem pembuluh darah hingga jantung.
  3. Lapisan ektoderm akan menjadi lapisan luar dan syaraf, seperti kulit, kuku, rambut, kelenjar keringat, enamel gigi, kelenjar payudara, dan sistem syaraf termasuk otak kita. Sistem syaraf medula spinalis dan syaraf perifer juga berasal dari ektoderm.
Baca Juga:  Hamil 15 minggu : Panduan Ibu Hamil Lengkap

Bakal tangan dan kaki janin mulai terbentuk meskipun masih sulit dibedakan. Plasenta bayi juga mulai terbentuk, dan karena sudah terbentuk maka kadar hormon Beta hCG mulai meningkat. Aliran jantung mulai berdetak dan darah mengalir ke pembuluh darah. Jantung mulai berdetak minggu ke-3 akhir atau awal minggu ke-4.

Ukuran Janin Hamil 4 minggu

Pada minggu ini, ukuran janin masih sangat kecil sekali. Ukurannya masih sekitar 1.99 mm atau dengan perbandingan, setara dengan kepala jarum pentul.

Apa yang harus dilakukan pada Hamil 4 minggu

Jika ibu mengalami telat pada siklus menstruasi, maka tes kehamilan wajib dilakukan karena digunakan untuk memastikan sedang hamil atau tidak. Jika hasil tes menunjukkan hasil positif, maka anda dapat mencoba menjadwalkan untuk memeriksakan ke puskesmas, dokter, klinik atau rumah sakit terdekat anda.

Biasanya pemeriksaan terbaik oleh dokter dilakukan pada usia kehamilan 8-12 minggu untuk melihat adakah kelainan pada janin atau tidak, seperti hamil anggur, blighted ovum dan lainnya.

Jika tes negatif tetapi masih telat, maka anda harus mengulang tes hamil tersebut lagi setidaknya seminggu kemudian. Beberapa orang memang kadar beta hCG nya rendah, dan kadarnya baru terdeeksi setelah 2-3 minggu setelah telat. Kadar hCG tertinggi adalah 100 mg/dl.

Jika anda ragu melakukan tes kehamilan dari urin, maka mintalah bantuan pada petugas kesehatan yang sudah terbiasa dan ahli melakukan tes kehamilan. Hal ini penting untuk hasil yang lebih akurat, dan terpercaya.

  1. Tips untuk Ibu Hamil

Pada fase ini, mulailah bersahabat dengan dokter. Silahkan mulai periksa kehamilan dengan rutin dan tetap beraktifitas fisik. Ingat, aktifitas fisik ringan, dengan olahraga ringan khusus ibu hamil yang tidak membahayakan janin. Silahkan pelajari cara olahraga ibu hamil yang benar, efek danmanfaatnya, serta tanda bahaya dan batasannya.

Baca Juga:  Hamil 8 minggu : Panduan Ibu Hamil lengkap

Mulailah mengkonsumsi multivitamin ASAM FOLAT 400 mcg. Dapat juga mengkonsumsi dengan dosis yang lebih tinggi yaitu 800-1000 mcg asam folat serta pil tablet besi seperti sulfat ferrous atau ferrous fumarat. Ini sangat penting dimana asam folat mencegah neural tube defek dan sangat dibutuhkan perkembangan syaraf bayi.

  1. Tips untuk Suami

Sebagai suami, sudah memasuki minggu ke empat, maka silahkan menekan segala ketakutan dan kekhawatiran anda. Buatlah diri anda senang dan ibu senang. Mulailah mengabari sanak saudara anda bahwa anda sudah mau punya putra/putri. Motivasi bahagia ibu sangat penting, karena jika ibu bahagia, maka janin juga bahagia. Tetaplah melakukan hal positif seperti berdzikir dan memperbanyak membaca alquran.

Oleh: dr. Wiwid Santiko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here