Menggigil : Penyebab, Pemeriksaan hingga Pengobatan

0
1615

Menggigil adalah perasaan tubuh merasa dingin, tanpa penyebab yang terlihat, dimana otot berkontraksi, serta pembuluh darah di kulit menyempit atau konstriksi. Menggigil adalah sebuah tanda dan gejala suatu penyakit, dan sering dibarengi dengan demam, serta kedinginan.

Ketika sedang mengalami ini, tubuh akan bergerak konstan. Episode kejadian dapat beberapa menit hingga beberapa jam. Kadang juga terjadi secara periodik, setidaknya beberapa menit durasinya.

Penyebab Menggigil

Beberapa gejala ini terjadi setelah terpapar lingkungan yang lebih dingin. Ini juga dapat terjadi akibat respon infeksi bakteri dan virus yang menyebabkan demam. Menggigil biasanya sangat berkaitan dengan kondisi penyakit, sepertiĀ  malaria (demam menggigil).

Selain itu juga flu, meningitis, diare bakterial, pneumonea, infeksi saluran kemih dan radang tenggorokan. Untuk memeriksa dapat dilihat dari kondisi dan tampakan klinis penderita dengan bergerak-gerak tidak teratur atau tubuh gemetar.

Pengobatan Menggigil dirumah

Jika anak anda demam dengan menggigil, maka ada hal yang dapat anda lakukan dirumah untuk meredakan dan membuatnya nyaman. Uraian berikut adalah hal yang dapat digunakan untuk meredakan dirumah, tetapi bila gejala tersebut masih terus muncul, maka segera periksakan ke dokter terdekat anda.

  1. Pengobatan dirumah menggigil untuk Dewasa

Pengobatan biasanya bila terjadi demam. Demam ringan, tidak perlu ke dokter. Minumlah banyak air putih. Demam ringan yakni suhu tubuh dibawah 38.6 derajat celcius. Ketika demam ini, cobalah memakai pakaian yang longgar dan tidak ketat. Mandi dengan shower akan membantu meredakan demam, tetapi air dingin akan dapat menyebabkan menggigil sehingga kami sarankan dengan air hangat.

Apabila gejala masih atau memberat, dapat diberikan obat pereda demam seperti : parasetamol (acetaminophen) dan atau ibuprofen. Ibuprofen akan menurunkan demam dan mengurangi peradangan. Parasetamol dapat toksik di hepar, dan ibuprofen bila digunakan jangka panjang akan berefek pada kerusakan lambung dan ginjal.

Baca Juga:  Alergi Coklat : Gejala hingga Pengobatan

Anda harus ke dokter bila gejala tidak membaik selama 2 hari atau 48 jam, dan atau ditemukan gejala seperti : sesak nafas dan batuk berdahak berat, kaku kuduk leher, iritabilitas, bingung dan pusing berat, nyeri ketika buang air kecil, sering atau jarang buang air kecil, muntah berat, dan nyeri perut berat.

  1. Pengobatan dirumah menggigil untuk Anak-anak

Mengobati anak dari gejala demam dan menggigil sangat bergantung dari usia suhu dan gejala penyerta lainnya. Secara umum, jika anak demam dengan suhu 37.8-38.9 derajat celcius, dapat diberikan parasetamol sirup atau tablet. Perhatikan dosis pemberiannya berdasarkan berat badan anak.

Anak tetap memakai pakaian longgar dan minum yang banyak. Bila anak usia dibawah 18 bulan, jangan diberikan aspirin karena risiko terkena sindrom reye. Sindrom reye adalah penyakit serius yang berkembang pada anak yang diberikan aspirin ketika melawan infeksi virus.

Segera bawa anak ke dokter terdekat bila menemukan gejala berikut ini : demam anak dengan usia kurang dari 3 bulan, demam anak 3-6 bulan disertai letargis dan iritabilitas, demam anak 6-24 bulan lebih dari 1 hari, demam anak 24-17 tahun lebih dari 3 hari dan tidak berespon terhadap pengobatan dirumah.

Pemeriksaan dan Pengobatan Mengigil

Dokter dan tenaga kesehatan akan menggali riwayat gejala mulai dari kapan mulai muncul, durasi, suhu tubuh anak, kapan terakhir muncul, adakah terpapar alergen, adakah kaitan dengan gejala medis lain dan lainnya.

Pemeriksaan fisik dilakukan untuk membedakan penyebab demam apakah virus atau bakterial. Pemeriksaan lebih lanjut yang dapat dilakukan :

  1. Darah rutin dan kultur darah : untuk memeriksa bakteri, hematologi, dan kuman lain di darah.
  2. Kultur sputum : untuk melihat sekret yang mungkin infeksius dari paru-paru dan bronkus.
  3. Urinalisis : pemeriksaan urin rutin bila dicurigai infeksi saluran kemih
  4. X-ray dada : mendeteksi TB (tuberkulosis), penumonia dan infeksi lainnya
  5. Pemeriksaan fisik terhadap tenggorokan termasuk difteri, tonsila dan lainnya.
Baca Juga:  Perbedaan Marasmus dan Kwasiorkor Lengkap

Pengobatan harus dilakukan dengan baik. Jika demam tidak reda, maka dehidrasi berat dan halusinasi dapat muncul. Anak dengan usia 6 bulan hingga 5 tahun dengan demam dan kadang muncul kejang akan memicu kondisi penyakit kejang demam. Hal ini harus segera dibawa ke rumah sakit terdekat karena kejang demam pada anak sangat mengancam jiwa.

Oleh: dr. Wiwid Santiko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here