Hamil 3 minggu : Panduan Ibu Hamil Lengkap

0
821

Hamil 3 minggu adalah kehamilan pada minggu ketiga, biasanya pada minggu ini ovulasi dan implantasi sudah terjadi, dan selamat anda telah hamil. Anda harus menghitung usia kehamilan berdasarkan hari pertama terakhir menstruasi. Total kehamilan adalah 40 minggu. Untuk mengitung hari perkiraan lahir, silahkan gunakan rumus neagel, memperkirakan hari perkiraan lahir.

Perubahan pada tubuh Ibu hamil 3 minggu

Banyak ibu yang belum mengalami perubahan yang terlihat, tetapi kadang beberapa ibu sudah mulai gejala kram perut ringan, keluarnya cairan di daerah vagina selama proses ovulasi. Selama ovulasi, ovarium akan mengeluarkan sel telur yang matur, yang selanjutnya menuju tuba falopi hingga akhirnya menempel (implantasi) di uterus atau di rahim.

Sel sperma berjalan menuju rahim untuk fertilisasi dengan sel telur di ampula tuba falopi. Ingat hanya satu sel sperma yang dapat memfertilisasi sel telur. Kedua sel telur dan sel sperma mengandung 23 kromosom, yang mana bergabung menjadi zigot dengan total 46 kromosom. Pada fase fertilisasi ini, secara genetik, jenis kelamin, warna rambut, bentuk wajah, warna mata, dan berbagai tampakan telah ditentukan.

Perkembangan Janin Ibu Hamil 3 Minggu

Pada minggu ini, blastosit berkembang dan bermultiplikasi dengan cepat. Awalnya morula, berubah menjadi blastula, dan gastrula. Saat hari ke-6, terjadi implantasi dimana terdapat bagian sinsitiotropoblas dan tropoblas yang mana menjadi bakal plasenta. Bakal plasenta ini memproduksi hormon Beta hCG (human chorionic gonadotropin). Hormon inilah yang dapat dideteksi dengan tes pack kehamilan.

Minggu ketiga ini, cairan amnion mulai terbentuk untuk melindungi bayi selama kehamilan. Perkembangan fetus utama terjadi pada minggu ini, mulai perkembangan sistem kardiovaskuler (paru dan jantung), sistem pencerhaan, sistem syaraf dan sistem lainnya. Pada fase ini pemberian nutrisi ibu hamil diperlukan, seperti asam folat.

Baca Juga:  Hamil 16 minggu : Panduan Ibu Hamil Lengkap

Ukuran Janin Hamil 3 minggu

Embrio janin pada minggu ini masih sangat kecil, dan terlihat masih tahap seluler. Ukurannya jika dibahasakan masih sebesar kepala jarum pentul, dengan panjang sekitar 0.05 mm. Itupun dapat terlihat bila janin berada diluar. Sehingga pada perut ibu belum ditemukan pembesaran yang berarti.

Apa yang harus dilakukan pada Hamil 3 minggu

Olahraga ringan sangat penting selama kehamilan. Silakan konsultasi pada dokter terdekat anda terkait olahraga yang disarankan, tentunya ringan yang tidak mengganggu dan membahayakan janin. Ingat, saat fase ini jauhi minum alkohol, obat-obatan terlarang, kopi dan kafein serta tidak boleh merokok.

Pada fase ini, silahkan perbanyak mengkonsumsi Asam folat dan nutrisi vitamin serta mineral esensial yang berguna bagi perkembangan janin. Makanlah makanan yang berizi yang tinggi kalsium dan protein. Kalsium berguna untuk perkembangan tulang dan gigi (osteogenesis), dan protein untuk perkembangan organ.

  1. Tips Untuk Ibu Hamil

Tubuh mulai terjadi perubahan drastis. Mulailah dengan menikmati kehamilan, dan relaksasi. Buatlah diri anda heppy, tidak stress karena stress dapat mempengaruhi perkembangan janin. Perbanyaklah dzikir dan relaksasi. Jangan lupa makan asupan yang bergizi dan asupan asam folat, kalsium serta nutrisi esensial lainnya.

  1. Tips Untuk Suami

Bagi suami, mulailah rencanakan kehamilan. Mulai merencanakan dimana mau memeriksakan kehamilan, dan mengetahui pantangan ibu hamil. Support dan dukungan suami serta keluarga diperlukan untuk psikologis ibu hamil.

Oleh: dr. Wiwid Santiko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here