Manfaat asam folat bagi Ibu Hamil : Dosis dan Sumber

0
43
manfaat asam folat bagi ibu hamil

Manfaat asam folat bagi ibu hamil ibarat super hero, dimana mengkonsumsi vitamin prenatal dengan dosis rekomendasi 400 mcg (mikrogram) asam folat sebelum dan selama kehamilan akan mencegah defek lahir dari otak dan medula spinlis janin. Bentuk lain dalam sediaan sereal fortifikasi dan makanan alamiah lainnya.

Asam folat adalah bentuk dari vitamin B yang disebut dengan folat. Folat berperan penting dalam memproduksi sel darah merah dan membantu bayi untuk perkembangan neural tube (bakal syaraf) di otak dan medula spinalis. Sumber terbaik asam folat adalah sereal fortifikasi. Folat ditemukan alamiah pada sayuran hijau kehitaman dan buah sitrus.

Manfaat Asam folat bagi Ibu Hamil : Kapan Harus meminumnya?

Defek lahir terjadi pada minggu 3-4 kehamilan. Sehingga sangat penting untuk mengkonsumsi folat pada awal perkembangan syaraf dan perkembangan medula spinalis. Pemberian dapat berupa tablet asam folat. Penelitian menunjukkan wanita yang meminum asam folat sebelum kehamilan akan menurunkan kemungkinan melahirkan dini 50% atau lebih.

Berdasarkan CDC, mereka merekomendasikan mulai mengkonsumsi asam folat setiap hari pada bulan sebeum kehamilan dan setiap hari ketika sedang hamil. CDC juga merekomendasikan semua wanita agar mengkonsumsi asam folat. Sangat baik mengkonsumsi asam folat lebih dini. Semua vitamin prenatal tidak sama, dan tergantung apa yang anda butuhkan.

Manfaat Asam Folat bagi Ibu Hamil : Berapa banyak minumnya?

Dosis rekomendasi bagi wanita hamil adalah 400 mcg atau 0,4 mg setiap harinya. Jika anda mengkonsumsi multivitamin setiap hari, maka lihatlah dosis rekomendasi. Berikut ringkasan rekomendasi dosis asam folat yang di rekomendasikan setiap harinya:

  1. Jika mau hamil : 400 mcg
  2. Trimester pertama (bulan pertama hingga ketiga) kehamilan : 400 mcg
  3. Trimester kedua dan ketiga (bulan keempat hingga kesembilan) kehamilan : 600 mcg
  4. Ketika menyusui : 500 mcg
Baca Juga:  Cara Membedakan Vaksin Asli dan Palsu

Berikut adalah tabel ringkasan sumber alamiah asam folat

Nama Makanan Kandungan
Sereal fortifikasi 100% 400 mcg
Paru-paru sapi/kerbau 215 mcg
Kacang-kacangan 179 mcg
Bayam 115 mcg
Mie telur 110 mcg
Sereal dengan fortifikasi 25% 100 mcg
Kacang inggris 90 mcg

Manfaat asam folat bagi ibu hamil

Tanpa asam folat, maka neural tube (bakal syaraf) bayi tidak akan menutup dengan baik dan berkembang menjadi NTD (Nerual tube defek). Defek NTD ini meliputi : Pertama, Spina Bifida : tidak sempurnanya perkembangan medula spinalis di vertebra. Kedua, Anencephaly : perkembangan tidak sempurna bagian utama otak.

Bayi dengan ansensefali biasanya tidak bertahan hidup lama, sedangkan spina bifida dapat permanen. Ini adalah kondisi yang menakutkan. Namun, berita baiknya dengan mengkonsumsi asam folat akan melindungi bayi dari NTD ini dengan 50% lebih baik pencegahannya.

Berdasarkan data CDC, jika bayi dengan NTD lalu mengkonsumsi asam folat, maka melindungi risiko memiliki bayi laindengan NTD sebesar 70%. Jika terdapat riwayat NTD sebelumnya, direkomendasikan meningkatkan dosis asam folat hingga 4 gram setiap harinya (4000 mcg). Untuk detilenya silahkan tanyakan dokter terdekat yang merawat anda.

Ketika mengkonsumsi asam folat sebelum dan selama kehamilan, maka akan melindungi bayi dari: defek bibir sumbing, bayi prematur, bayi berat badan rendah, keguguran, dan pertumbuhan yang buruk.

Asam folat juga dapat mengurangi beberapa risiko penyakit seperti : komplikasi kehamilan (pada laporan kasus wanita yang mengkonsumsi asam folat selama trimester kedua, akan mengurangi risiko preeklamsia), penyakit jantung, stroke, penyakit alzeimer dan berbagai macam kanker (tumor). Demikian, semoga mencerahkan.

Oleh: dr. Wiwid Santiko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here