Hamil 10 minggu : Panduan Ibu Hamil Lengkap

0
11

Hamil 10 minggu berarti selamat bunda, bahwa anda telah memasuki usia kehamilan 10 minggu atau 2 bulan menuju 3 bulan. Pada minggu ini, rahim ibu akan terus tumbuh tetapi mungkin tidak terlalu jelas karena pertambahannya masih sedikit.

Beberapa ibu mungkin bersiap mengirimkan kabar berita ke kerabat, saudara, dan orang lain bahwa sedang hamil. Sangat penting untuk menjaga perasaan dan mood bunda dan suami. Sehingga pada minggu ini, perkuatlah terus hubungan interaksi dan komunikasi suami istri serta sudah berakrab dengan petugas kesehatan dokter.

Untuk panduan kehamilan lengkap, silahkan baca panduan ibu hamil dari minggu ke minggu berikut ini : Panduan Ibu Hamil.

Perkembangan Janin Hamil 10 minggu

Ini adalah akhir dari periode embrionik dan perkembangan akan memasuki periode fetal, dimana organ yang telah terbentuk (bakal organ) akan terus tumbuh dan berkembang dengan matang. Organ vital utama pada janin, seperti ginjal, hepar, otak dan paru-paru, mulai berfungsi tetapi masih sangat terbatas dan membutuhkan pematangan.

Pada saat ini, kepala bayi memiliki panjant setengah dari panjang total tubuh, dan terdapat penonjolan pada kepala depan karena perkembangan otak sudah dimulai. Kuku jari dan kuku kaki, rambut mulai terlihat pada minggu ini. Jari sudah terpisah satu sama lain. Janin juga sudah mulai aktif untuk menelan cairan amnoon dan menendang-nendangkan kakinya ke perut ibu tetapi masih minimal.

Ukuran Janin Hamil 10 minggu

Ukuran janin minggu ke-10 ini, sekitar 25 cm, atau apabila kami ibaratkan, sepanjang pisang susu (pisang kecil-kecil). Sedangkan untuk beratnya, sekitar 7 gram.

Apa yang harus dilakukan pada hamil 10 minggu

Periksa ke dokter pertama harus sudah dilakukan. Kunjungan pemeriksaan kedua ke dokter akan dilakukan sekitar minggu ke-12 hingga minggu ke-16. Selama pemeriksaan kehamilan ini, akan dilakukan pemeriksaan USG untuk melihat bayi pertama kali. Beberapa juga dilakukan pemeriksaan sonogram.

Baca Juga:  Hamil 11 minggu : Panduan Ibu Hamil lengkap

Sebelum mekakukan pemeriksaan sonogram, silahkan konsultasi ke dokter yang merawat anda bagaimana keamanan, efek dan manfaatnya. Stetoskop dopler juga dapat digunakan untuk memeriksa denyut jantung bayi. Bisa juga menggunakan USG Doppler. Tanda gerakan pertama janin disebut dengan “quickening”, dan akan terasa pada bunda. Biasanya mulai terasa pada usia kehamilan ke 13 hingga ke-16.

  1. Tips Untuk Ibu Hamil

Saat ini ibu sedang hamil, sehingga memperhatikan aktifitas sehari-hari harus diperlukan. Sebaiknya hindari aktifitas yang berat. Banyak ahli merekomendasikan olahraga yang baik adalah jalan kaki dan renang, karena tidak melelahkan dan menimbulkan goncangan hebat pada tubuh.

  1. Tips untuk Suami

Sebagai suami, anda harus mulai untuk menemani istri ketika berolahraga. Tanyakan olahraga ringan apa yang paling disukai. Lakukan aktifitas bersama, dan ringan, seperti : jalan kaki, berenang, golf, tenis meja tanpa melompat dan lainnya. Hal terpenting adalah menghabiskan waktu berdua, untuk mensupport mental dan psikis ibu yang sedang hamil.

Oleh: dr. Wiwid Santiko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here