Posisi Tidur Ibu Hamil Terbaik dan Teraman

Sleeping Position During Pregnancy

0
848

Posisi tidur ibu hamil menjadi perhatian kita, karena ibu hamil tidak boleh tidur dengan posisi sembarangan, terkait dengan posisi janin dan agar perkembangan janin tidak terganggu. Kelihatannya tidak mudah tapi mari kita pelajari. Jika anda biasanya tidur telentang dan tidur tengkurap, maka sekarang gantilah posisi tidur anda dengan posisi yang mengakomodasi perkembangan janin. Berikut perkembangan janin minggu ke minggu.

Posisi Tidur Ibu Hamil Terbaik

Posisi apakah teraman dan terbaik ketika tidur saat hamil? Setelah usia kehamilan memasuki bulan kelima, punggung mulai terasa tidak nyaman. Tidur telentang akan memberikan tekanan tambahan pada aorta dan vena cava inferior serta pembuluh darah yang berada di dinding belakang abdomen. Akibatnya aliran darah ke jantung dan ke kaki terganggu. Penekanan pada pembuluh darah ini akan melambatkan sirkulasi darah ke tubuh ibu dan janin.

  1. Hindari tidur Tengkurap dan Telentang

Anda mungkin menemukan kesulitan bernafas ketika telentang dan tengkurap. Ini karena bagian pusar menekan usus ketika anda tengkurap, sehingga posisi ini harus dihindari. bagaimana dengan tidur telentang?ini juga posisi tidur yang tidak tepat. Ketika anda telentang, maka lambung akan menekan rahim yang membesar, akibatnya mengganggu janin.

  1. Cobalah Tidur Miring ke Kiri

Sekarang, tidur miring ke kiri menjadi cara yang paling aman untuk perkembangan janin. Posisi ini membuat pertumbuhan perut lebih aman dan nyaman. Pada satu sisi tubuh lebih baik, dan para ahli merekomendasikan tidur miring ke kiri. Tidur posisi ini akan memperbaiki sirkulasi (aliran darah), memberikan nutrisi terbaik pada jantung ke plasenta bayi. Tidur miring ke kiri juga membuat berat badan janin tidak terganggu dari penekanan sehingga tidur miring kiri sangat kami anjurkan.

Baca Juga:  Alergi Nanas : Kenali Gejala hingga Pengobatannya

Tips Posisi Tidur Ibu Hamil

Disini ada beberapa tips posisi untuk membantu anda semakin dalam posisi nyaman dan melindungi bayi ketika ibu hamil sedang tidur:

  • Untuk lebih melindungi punggung dan pusar : taruhlah bantal dan guling di bawah perut dan diantara kedua lutut. Belilah bantal tambahan dan yang panjang serta yang lembut ketika sedang hamil. Posisikan bantal dibawah tubuh yang membantu anda tidur miring, dan mencegah ibu untuk berputar telentang dan tengkurap ketika tidur.
  • Untuk mencegah sesak nafas, tempatkan bantal di bawah leher dan sedikit mengangkat di bagian dada ibu.
  • Untuk mencegah nyeri ulu hati, naikkan keala beberapa sentimeter diatas kasur dengan bantal. Ini akan membantu menjaga asam lambung tidak naik dan tidak mengiritasi esofagus.

Janganlah panik jika anda tidur berputar dari tidur mirng menjadi telentang dan tengkurap. Ibu dapat mengganti posisi tidur dari tidur miring kiri ke miring kanan, yang terpenting ibu merasa nyaman. Anda tidak boleh bergadang. Ibu harus tidur terutama pada tengah malam, hal ini karena pertumbuhan janin membutuhkan istirahat yang lebih untuk perkembangan janin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here