Mengobati Flu “Tanpa Obat”

0
1302

Flu merupakan kejadian atau penyakit yang sering terjadi. Terutama saat ini, yakni perubahan musim yang drastis, ditopang dengan kondisi tubuh penderita yang turun membuat seseorang mudah terkena flu. Flu dapat dikarenakan virus, bakteri, alergi maupun jamur. Kasus terbanyak disebabkan karena virus.


Bagaimana Gejala Flu?

Seseorang dengan gejala flu akan memiliki gejala seperti keluar lendir, baik berupa lendir pekat maupun lendir bening. Gejala yang dapat ditemukan diantaranya :

  1. Keluar lendir dan ingus
  2. Batuk atau tanpa batuk
  3. Nyeri di sekitar tenggorokan
  4. Hidung tersumbat
  5. Kadang disertai mata gatal dan berair.

Apabila kita perhatikan dan diperiksa maka akan ditemukan mukosa hidung yang edema (membengkak), basah berwarna pucat encer dan seringnya banyak. Gejala lain yang dapat ditemukan berupa hidung tersumbat (obstruksi hidung) atau sering disebut dengan allergic shinner.

Pasien atau penderita juga menggosok-gosokkan hidungnya, karena terasa gatal, atau yang sering disebut dengan allergic salut.

Di daerah pangkal hidung akan terlihat garisĀ  di sepertiga bawah dorsum nasi, atau sering disebut dengan allergic crease.


Bagaimana tatalaksana tanpa obat?

Apabila kita mengalami flu dengan durasi akut, 1-2 hari dengan tanpa tanda infeksi, maka hal pertama yang kita lakukan adalah janganlah panik dan tetap tenang. Pada dasarnya apabila flu akut, maka akan sembuh dengan sendirinya apabila kondisi tubuh imunitas seseorang baik.

Untuk itu, untuk megobati tanpa obat, hal yang harus dilakukan dengan peningkatan imunitas. Diantaranya :


1. Minum minuman yang hangat

Minum minumah hangat adalah sangat kami anjurkan, dimana minuman hangat akan membuat vasodilatasi di area tenggorokan sehingga dikatakan dapat mempercepat reaksi penyembuhan dari gejala flu dan radang tenggorokan.

Minum hangat tidak harus dengan minuman khusus. Cukup air putih hangat sudah cukup membantu. Saat terjadi gejala flu, hindari meminum es.

Baca Juga:  Mimisan : Penyebab hingga Pertolongan Pertama dan Lanjutan

2. Makan yang bergizi dan teratur

Makan makanan bergizi dan teratur adalah cara yang sangat tepat untuk meningkatkan imunitas tubuh kita. Imunitas ini sangat berguna untuk melawan berbagai infeksi terutama infeksi virus. Makan yang bergizi itu setidaknya makanannya terdapat kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Sumber karbohidrat seperti nasi.

Dikatakan nasi merah lebih baik daripada nasi putih. Sumber protein seperti tahu, putih telur, daging dan lain sebagainya. Catatan untuk telur, yang mengandung protein tinggi adalah putih telurnya, sedangkan kuningnya mengandung lemak tinggi.

Sumber lemak sedikit saja, jangan terlalu banyak seperti minyak ikan, minyak kelapa, olive oil dan lain sebagainya.

Sumber vitamin dapat diperoleh dari buah-buahan, dan sumber mineral dapat diperoleh dari air dan buah-buahan juga. Dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan teratur, maka imunitas kita akan meningkat untuk melawan infeksi virus yang menyebabkan flu.


3. Minum juz buah-buahan

Juz merupakan sumber vitamin yang baik. Terutama vitamin C yang merupakan antioksidan terbaik. Antioksidan ini dapat menangkal berbagai radikal bebas dan membantu meningkatkan imunitas kita.

Oleh sebab itu, pada penderita flu, kita sarankan perbanyak minum juz terutama yang mengandung vitamin C tinggi seperti juz jeruk, juz mangga dan juz lainnya. Juznya tidak usah memakai es.


4. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup adalah hal yang penting dilakukan untuk menangani flu tanpa obat. Istirahat yang cukup tidak harus tidur, tetapi merelaksaikan diri. Duduk juga termasuk istirahat, intinya mengurangi aktifitas yang memberatkan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Apabila dengan pengobatan non medikamentosa ini belum ada perbaikan, segera konsultasikan ke dokter. Bagikan kepada teman anda agar tulisan ini kebermanfaatannya lebih dapat dirasakan berbagai orang. Semoga kita sehat.

Baca Juga:  Perbedaan Amandel dan Radang Tenggorokan (Lengkap)

REFERENSI

Efiaty Arsyad, Nurbaiti Iskandar, Jenny Bashiruddin, Ratna Dwi. 2012. Buku Ajar Ilmu Kesehatan : Telinga, Hidung, Tenggorok, Kepala dan Leher. Edisi 7. Badan Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada: Jakarta

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here