794 Manfaat Jus Lidah Buaya secara Medis

lebih dari 100 Khasiat Jus Lidah Buaya (terbukti secara Medis)

0
1261

Manfaat jus lidah buaya secara medis sangatlah banyak. Manfaat tersebut didapatkan setelah seseorang mengkonsumsi jus lidah buaya. Mungkin apabila kami tulis semua, lebih dari 794 manfaat  spesifik jus lidah buaya bagi kesehatan. Namun pada kesempatan kali ini, kami akan menguraikan 9 manfaat secara umum  dari mengkonsumsi jus lidah buaya.

Lidah buaya atau aloe vera adalah tanaman bergenis Aloe. Tanaman ini tumbuh pada negara tropis termasuk Indonesia dan telah diketahui untuk tanaman obat. Jus lidah buaya didapatkan dari daunnya lidah buaya yang dibuang getahnya. Yang sering digunakan untuk mengobati terbakar sinar batahari. Meminum jus ini ternyata memberikan manfaat yang besar bagi tubuh.

Jus lidah buaya dibuat dengan menghancurkan dan membelender daun aloe vera diikuti penambahan air dan es untuk kesegaran. Jus dapat ditambahkan gula, sirup, es krim dan perasa lainnya. Ini akan membuat rasanya lebih familiar di lidah.

Apa saja Manfaat Jus Lidah Buaya

  1. Sebagai Agen Alkalinitas

Tubuh dengan pH asam adalah tempat yang baik berkembangnya penyakit. Suasana ini dimana penyakit tumbuh subur. Membantu menjaga keseimbangan tubuh dengan makan dan minum minuman basa seperti jus lidah buaya diperukan. Pilihan lain selain lidah buaya adalah : sayuran hijau, akar sayuran, jeruk, kacang dan biji-bijian, cuka apel dan cuka kelapa.

  1. Menjaga Hidrasi Tubuh

Tanaman lidah buaya sangat kaya air, sehingga cara ini menjadi ideal untuk mencegah dan mengobati dehidrasi. Menjaga hidrasi tubuh akan membantu detoksifikasi racun dan kotoran sisa metabolisme. Jus ini juga terkandung gizi yang kuat untuk mengoptimalkan fungsi organ tubuh anda.

Ini sangat penting karena ginjal dan hepar anda bertanggung jawab terhadap proses detoksifikasi darah dan menghasilkan urin. Pemulihan dan latihan berat juga membutuhkan rehidrasi melalui asupan cairan tambahan. Tubuh anda membutuhkan lebih banyak cairan untuk menyiram dan melepaskan dari penumpukan asam laktat saat berolahraga. Cobalah jus lidah buaya ini sebagai pengganti air kelapa setelah berolahraga berat.

  1. Menjaga Fungsi Hepar

Ketika kita bicara detoksifikasi, maka hepar adalah kuncinya. Jus lidah buaya adalah jalan terbaik untuk menjaga kesehatan hepar anda. Ini karena memperbaiki fungsi hepar ketika tubuh bekerja keras. Jus jambut kaya akan nutrisi phytonutrien dan hidrasi tinggi.

  1. Mencegah Konstipasi

Meminum jus lidah buaya akan membantu meningkatkan konten air pada usus anda. Penelitian menunjukkan adanya hubungan antara peningkatan kadar air pada usus dan peristaltik stimulasi, yang membantu feses mengalir dengan normal. Jika anda konstipasi, cobalah meminum jus lidah buaya setiap hari rutin. Ini akan menormalkan bakteri pada usus dan menjaga keseimbangan flora normal.

  1. Kesehatan Kulit

Hidrasi jus lidah buaya dapat membantu mengurangi frekuensi dan penampakan jerawat. Ini juga membantu mengurangi penyakit kulit seperti psoriasis dan dermatitis. Jus ini kaya akan antioksidan dan vitamin yang membantu melindungi kulit.

Baca Juga:  Sesak Nafas : Perbedan Gejala Ringan, Sedang dan Berat

Bahan terpenting yang terkandung pada lidah buaya juga menunjukkan menetralkan efek radiasi sinar ultraviolet, memperbaiki kulit dari kerusakan sinar ultraviolet dan membantu mencegah kerutan kulit.

  1. Nutrisional Booster

Jus ini sangat baik karena terkandung vitamin, dan mineral seperti vitamin B, C, E dan asam folat. Ini juga terkandung kalsium, tembaga, kromium, natrium, selenium, potasium, magnesium dan zinc. Lidah buaya juga menjadi salahs atu tanaman yang kaya akan vitamin B12 sehingga dapat mencegah anemia defisiensi vitamin B12. Ini sangat baik untuk vegetarian juga.

  1. Meredakan Nyeri Ulu Hati

Meminum jus lidah buaya akan membantu meredakan ketika ada nyeri ulu hati. Bahan yang ada pada jus ini akan membantu mengendalikan sekresi asam kuat pada lambung anda. Efek ini akan terlihat pada ulkus gaster dan mencegahnya semakin membesar.

  1. Memperbaiki Pencernaan

Lidah buaya terkandung beberapa enzim yang diketahui membantu mencerna gula dan lemak untuk membantu pencernaan lebih halus. Jika sistem pencernaan tidak bekerja normal, anda tidak akan menyerap semua nutrisi dari makanan yang anda makan. Kesehatan usus sangat tergantung dari makanan yang anda makan.

Lidah buaya juga menurunkan iritasi pada lambung dan usus. Jus ini juga membantu pasien dengan IBS (irritabel bowel syndrome) dan pernyakit peradangan lain pada usus. Penelitian lain juga menunjukkan jus ini mengurangi nyeri dan rasa tidak nyaman pada IBS meskipun penelitian lain masih diperlukan. Jus ini juga dapat mencegah dari ulcerative colitis.

  1. Produk Kecantikan Alami

Jus lidah buaya dapa menjaga kesehatan dan kecantikan anda. Cobalah menggunakan sebagai pelembab, makeup, pelindung sinar UV, dan pengobaan terhadap iritasi kulit kepala dengan mencampurkan dengan minyak peppermint.

Baca Juga:  10 Manfaat Protein Whey (Evidence Based Medicine)

Efek samping dari Manfaat Jus Lidah Buaya

Sampai saat ini belum dikeahui efek samping secara pasti pada jus lidah buaya. Meskipun ada gejala pada beberapa orang seperti diare, perut kram, kanker colon, dan lainnya. Peneliti mengemukakan, jika ada efek samping, kemungkinan karena adanya antraquinon yang mengandung agen laksatif. Antraquinon ini ditemukan pada daun lidah buaya dan berpotensi toksik sehingga harus dihindari.

Interaksi Obat dengan Manfaat Jus Lidah Buaya

Jus lidah buaya menunjukkan pada beberapa obat. Jika anda mengkonsumsi obat yang mengandung sitokrom P450 3A4 dan CYP2D6, maka janganlah minum jus lidah buaya. Efek samping dapat muncul. Lidah buaya juga mempunyai efek sevoflurance yang memicu perdarahan berat selama tindakan pembedahan. Jika dan mengkonsumsi sevofluran, maka pertimbangkan untuk tidak mengkonsumsi jus lidah buaya.

Oleh dr. M. Wiwid Santiko

Ringkasan Artikel
794 Manfaat Jus Lidah Buaya secara Medis
Judul Artikel
794 Manfaat Jus Lidah Buaya secara Medis
Deskripsi
Manfaat jus lidah buaya secara medis sangatlah banyak seperti alkalinisasi, menjaga kesehatan kulit, sumber nutrisi, menjaga fungsi hepar, menjaga hidrasi, menjaga pencernaan, mencegah konstipasi dan nyeri ulu hati.
Author
Publisher Name
DokterMuslim
Publisher Logo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here