Hamil 19 minggu : Panduan Ibu Hamil Lengkap

Perkembangan Janin 19 minggu

0
403

Hamil 19 minggu adalah keadaan dimana ibu sedang memasuki usia kehamilan minggu ke-19 atau bulan ke 4 menuju bulan kelima. Pada usia ini, baik perut ibu dan janin terus berkembang. Apa saja perubahan yang terjadi pada tubuh ibu? Nyeri pada ligaentum teres sering terjadi pada trimester kedua. Ini dicirikan dengan nyeri tajam di perut atau di area panggul atau kedua sisi ligamentum teres yang meregang. Beberapa wanita nyerinya menjalar dan meluas ke area selangkangan.

Nyeri pada ligamentum teres menjadi bagian yang normal dan menjadi bagian dari kehamilan, karena rahim mempersiapkan untuk perkembangan janin. Bila anda mengalami nyeri pada perut, segeralah bed rest dan istirahat bisa dengan duduk dan tiduran. Bacalah panduan ibu hamil lenkap.

Perkembangan Janin Hamil 19 minggu

Janin pada minggu ini semakin tumbuh dan memiliki panjang sebesar 18 cm dengan berat sekitar 7 ons atau 700 gram. Jangan khawatir, janin akan terus tumbuh. Gerakan janin juga mulai terasa, yakni disebut dengan gerakan quickening (bayi sensasi menendang-nendang perut ibu).

Janin akan terus tumbuh dan berkembang sangat spesifik. Contohnya, ginjal sudah mulai memproduksi urin dan rambut mulai tumbuh di kulit kepala bayi. Selain itu, bagian otak yang bertugas sebagai panca indra juga mulai berfungsi. Jika anda memiliki bayi perempuan, maka 6 juta sel telur telah terbentuk di ovariumnya.

Panduan Hamil 19 minggu

Terkadang ada yang menawarkan herbal dan jamu-jamuan selama kehamilan. Ingat, sekarang anda sedang hamil maka berhati-hatilah ketika mengkonsumsi herbal dan jamu-jamuan. Biasanya akan membuat air ketuan menjadi keruh. Kami merekomendasikan tidak mengkonsumsi herbal tanpa ijin dan rekomendasi dari dokter.

Banyak herbal yang membahayakan tubuh dan justru memicu stimulasi kontraksi otot rahim sehingga memicu keguguran. oleh sebab itu sangat berbahaya sekali bagi kehamilan anda. Sehingga, berhati-hatilah mengkonsumsi jamu-jamuan.

Baca Juga:  Hamil 15 minggu : Panduan Ibu Hamil Lengkap

Tips bagi Ibu

Banyak wanita hamil mengalami pusing selama kehamilan karena disebabkan hipotensi atau tekanan darah rendah. Ketika anda telentang, rahim akan tertekan pada aorta dan vena cava, pembuluh darah utama di tubuh. Penekanan pada pembuluh darah besar ini disebut hipotensi supinasi.

Hipotensi supinasi dapat dicegah dengan tidur miring ke kiri. Hipotensi postural terjadi ketika anda bergerak cepat dari duduk, berdiri dan sebaliknya. Gravitasi akan menyebabkan tekanan darah turun dan menghasilkan anda merasa pusing, sehingga cegahlah dengan duduk atau berdiri pelan-pelan.

Tips bagi Suami

Lakukan hal pada istri anda meskipun anda tidak suka melakukannya. Cobalah menjalani dan melayaninya dengan ikhlas tanpa komplain. Kesalahan sedikit akan membuat istri anda tersakiti terlalu berat dan dipendam lama sehingga mempengaruhi kehamilannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here