Daftar Makanan Berserat Tinggi untuk Mencegah Sembelit dan Wasir (Hemoroid)

0
1628

Makanan berserat tinggi adalah berbagai makanan yang didalamnya terkandung fiber atau serat yang mana serat ini mempunyai fungsi yang baik bagi pencernaan kita. Ada beberaa tipe makanan berserat. Masing-masing mempunyai mekanisme kerja yang berbeda bagi tubuh kita.

Jenis yang kita kenal adalah Fiber soluble (makanan berserat yang dapat larut) dan fiber insoluble (makanan berserat yang tidak dapat larut). Jenisnya pun beda, mekanisme kerja berbeda serta kandungan nutrisinyapun berbeda.

Berbagai fakta tentang makanan berserat yang wajib anda ketahui

  1. Semua jenis makanan berserat akan melambatkan proses digesti. Akibatnya proses penyerapan glukosa dari makanan menjadi lama. Akibatnya, akan mencegah naiknya secara tiba-tiba kadar gula darah dimana fungsi ini sangat bermanfaat pada pengobatan diabetes mellitus.
  2. Fiber soluble juga akan mengikat asam lemak, dan membuangnya dari tubuh anda. Hal ini membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), low-density lipoprotein.
  3. Fiber insoluble akan membantu hidrasi dan membawa sisa metabolism ke usus anda. Ini sangat bermanfaat untuk mencegah konstipasi serta menjaga buang air besar anda tetap baik dan reguler.
  4. Serat atau fiber dapat diperoleh dari makanan dan suplemen. Anda dapat memperoleh makanan berserat tinggi dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan gandum.
  5. Fiber juga dapat diekstrak dari makanan yang terfortifikasi, dalam bentuk suplemen atau minuman kemasan.
  6. Makan makanan berserat tinggi sangat diperlukan, bahkan berbagai ahli gizi menyarankan jika anda kekurangan serat, maka memakai suplemen serat diperlukan.

Jenis makanan Berserat, Tipe, Asalnya dan Keuntungannya

Jenis Serat Solubel atau insolubel Sumber Manfaat
Selulosa, hemiselulosa insolubel Kacang-kacangan, gandum, biji-bijian, kulit padi, nasi merah Sebagai laksatif alamiah, mencegah konstipasi, menurunkan risiko diverkulitis dan membantu menurunkan berat badan.
Inulin oligofruktosa soluble Dari bawang, akar chicory. Meningkatkan bakteria baik dalam usus serta meningkatkan fungsi imunitas tubuh
Lignin insolubel Gandum dan sayuran Baik untuk kesehatan jantung, meningkatkan imunitas. Berhati-hatilah jika anda memiliki penyakit celiac atau intoleran terhadap gluten.
Mucilage, beta glukan soluble Oat, kacang-kacangan. Kacang kedelai, berry, jeruk, apel, wortel Menurunkan kolesterol jahat (LDL), mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler dan diabetes mellitus tipe 2. Hati-hati jika anda punya penyakit keliak dan inteoleransi gluten.
Pektin Soluble (beberapa pectin insolubel). Buah-buahan, beri, dan biji-bijian. Melambatkan pasase makanan di saluran pencernaan, membantu lenurunakn kadar kolesterol darah.
Polidekstros poliol soluble Dekstros, sorbitol dan asam sitrat Menjaga konsistensi feses, mencegah konstipasi tetapi dapat memicu sering kentut (buang gas).
Psilium soluble Di ekstrak dai biji rushed, dan tanaman plantago Menurunkan kolesterol dan mencegah konstipasi.
Tepung kanji soluble Pisang, oat, kacang polong Membantu menjaga gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan risiko diabetes.
Gandum dextrin soluble Gandum Menurunkan kolesterol LDL dan kolesterol total, menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Wajib dihindari apabila anda memiliki penyakit keliak dan intoleransi terhadap gluten.
Baca Juga:  Karada Scan : Cara Kerja hingga Intepretasi (Lengkap)

Mengapa kita perlu Makanan Berserat?

Terdapat banyak alasan mengapa kita membutuhkan makanan berserat. Ternyata makanan berserat juga menjaga konsistensi feses, dengan menjaga kandungan air, sehingga feses dapat dikeluarkan dengan mudah. Feses yang dikeluarkan dengan mudah, akan mencegah konstipasi atau sembelit.

Makanan berserat tinggi dibutuhkan tubuh terutama berfungsi untuk memudahkan secara cepat proses pencernaan. Makanan berserat tinggi juga menurunkan risiko obesitas, penyakit jantung dan diabetes mellitus, selain fungsi yang telah kita ketahui sebagai mencegah sembelit dan wasir.

Rata-rata kebutuhan makanan berserat setiap harinya adalah 14-31 gram setiap harinya. Hal ini sesuai dengan rekomendasi dari institute nasional diabetes dan penyakit digestif dan ginjal.

Daftar makanan tersebut diantaranya :

1.       Jagung
2.       Kacang tanah
3.       Kacang hitam
4.       Kacang merah
5.       Buah alpukat
6.       Pasta gandum
7.       Beras coklat
8.       Kedelai
9.       Roti Gandum
10.   Buah Pear
11.   Oarmeal
12.   Berri merah
13.   Kacang Polong
14.   Brokoli
15.   Buah Apel
16.   Kacang Almond
17.   Kol
18.   Bayam, kangkung, sawi dan sayuran hijau

19.   Buah Pisang

 

Ringkasan Artikel
Daftar Makanan Berserat Tinggi untuk Mencegah Sembelit dan Wasir
Judul Artikel
Daftar Makanan Berserat Tinggi untuk Mencegah Sembelit dan Wasir
Deskripsi
Makanan berserat tinggi dibutuhkan tubuh terutama berfungsi untuk memudahkan secara cepat proses pencernaan. Makanan berserat tinggi juga menurunkan risiko obesitas, penyakit jantung dan diabetes mellitus, selain fungsi yang telah kita ketahui sebagai mencegah sembelit dan wasir.
Author
Publisher Name
DokterMuslim
Publisher Logo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here