10 Gejala Awal kanker Pada Laki-laki

Tanda dan Gejala Kanker

0
389

Kanker adalah Penyakit yang sering berpotensi meninggal pada laki-laki, termasuk Indonesia. Gejala awal kanker harus dideteksi untuk dilakukannya penanganan segera. Ketika makan makanan sehat, dapat menurunka risiko kanker meskipun peran genetic sangat dominan. Apabila kanker menyebar ke seluruh tubuh (metastasis), maka sangat sulit untuk diobati.

Setidaknya ada beberapa gejala awal kanker yang membantu anda meminimalkan keparahan. Gejala awal kanker tersebut diantaranya: perubahan pencernaan, perdarahan rectum, perubahan urinary, darah di urin, nyeri punggung persisten, batuk yang tidak biasa, benjolan di testis, mudah lelah, berat badan turun tanpa sebab yang jelas dan benjolan pada payudara.

  1. Perubahan Pencernaan

Masalah pencernaan biasanya normal, tetapi apabila perubahannya serius merupakan tanda penyakit colon dan rektal. Sering disebut kanker kolorektal. Kanker kolon terjadi pada bagian kolon anda, dan rectum juga terkena hingga anus.

Diare yang sering, dan konstipasi adalah gejala dari kanker yang muncul tiba-tiba. Gejala lain yang timbul seperti sering kentut (flatus) dan adanya nyeri perut. Perubahan ukuran dan peristaltic usus juga menandakan adanya kanker.

  1. Perdarahan Rektum

Perdarahn rectum adalah tanda wal dari kaker rectum. Terutama apabila perdarahannya menetap dan sampai kehilangan besi banyak dan menjadi anemia defisiensi besi. Anda juga data menemukan darah anda di feses.

Meskipun perdarahan kadang disebabkan hemorrhoid, anda harus mencoba untuk mendiagnosis diri sendiri jika anda memiliki gejala ini. Bicarakan ke dokter dan mungkin anda akan diperiksa skinning kolon pada usia 50 tahun.

  1. Perubahan Buang Air Kecil

Adanya inkontinensia, dan gejala lan dari urinary dapat berkembang seiring berjlannya usia. Adanya gejala ini terutama terjadi pada kanker prostat. Kanker prostat sering ditemukan pada laki-laki usia 60 tahun dan lebih tua.

Baca Juga:  Perbedaan Amandel dan Radang Tenggorokan (Lengkap)

Gejala lain yang dapat ditemukn adalah urin sedikit, inkontinensia tidak dapat menahan buang air kecil, mendelay urinary dan kesulitan ketika buang air kecil.

  1. Adanya darah di Urin

Jika anda menjumpai darah pada urin, anda tidak boleh menyepelekannya. Ini sering menjadi tanda kanker kandung kemih (vesica urinaria). Tipe kanker ini sering terjadi pada perokok. Prostatitis, kanker prostat, dan infeksi saluran kemih juga dapat memunculkan darah di urin. Kanker prostat awall dapat juga ditemukan darah pada semen (cairan ejakulat sperma).

  1. Nyeri Punggung Persisten

Nyeri punggung adalah penyebab tersering dari disabilitas, tetapi pada beberapa orang, ini adalah gejala dari kanker. Gejala kanker tidak muncul sampai menyebar ke berbagai bagian tubuh seperti tulang dan vertebra. Contohna kanker prostat, yang dapat menyebar ke tulang dan menimbulkan gejala di tulang panggul dan tulang punggung. Berbeda dengan nyeri otot, kanker tulang menyebabkan nyeri tekan dan ketidaknyamanan ada tulang anda.

  1. Batuk Tidak Biasa

Batuk tidak harus pada perokok atau seseorang dengan alergi. Batuk persisten adalah tanda awal dari kanker paru-paru. Jika anda tidak memiliki gejala yang berkaitan, seperti demam, hidung tersumbat, batuk sangat mungkin bukan karena infeksi virus. Batuk sering diikuti darah pada mucus dan berkaitan dengan kanker paru-paru.

  1. Benjolan pada Testis

Kanker testis pada laki-laki relatif jarang kejadiannya disbanding knker prostat, kanker paru-paru dan kanker kolon. Apabila ada gejala, anda harus waspada. Benjolan di testis adalah tanda dari kanker testis. Dokter akan memeriksa benjolan dan untuk deteksi dini, anda harus memeriksakan benjolan sebulan sekali untuk memastikan itu kanker atau bukan bila ada benjolan.

  1. Mudah Lelah

Kelelahan dapat berhubungan dengan penyakit kronis dan beberapa penyakit. Adanya mudah lelah pada tubuh, menandakan ada yang tidak beres pada tubuh anda. Saat Sel kanker tumbuh dan bereproduksi, tubuh anda akan relatif menurun daya tahannya. Kelelahan adalah gejala dari berbagai kanker. Hubungi dokter jika anda mudah lelah dan terdapat gangguan tidur.

  1. Penurunan Berat Badan yang tidak diketahui Penyebabnya

Sekiranya agak sulit untuk menjaga berat badan, tetapi apabia ada penurunan berat badan yang tidak jelas dan tidak diketahui sebabnya, adalah masalah yang serius dan merupkan ciri khas kanker. Jika anda berat badannnya turun terutama bukan karena olahraga dan berpuasa makanan, mak segera konsultasikan ke dokter.

  1. Benjolan di Payudara

Kanker payudara tidak hanya terjadi pada perempuan. Laki-laki juga harus diperiksa adanya kanker payudara atau tidak meskipun kejadiannya sangat jarang. Adanya benjolan aneh adalah tandanya. Gen yang membentuk kanker payudara, meskipun tanpa terparar radiasi dan estrogen kadar tinggi. Paling sering ditemukan pada laki-laki lansia dengan usia lebih dari 60 tahun.

Baca Juga:  Jenis Alat Kontrasepsi

Oleh : dr. M. Wiwid Santiko
Yogyakarta, 22 Mei 2017

Ringkasan Artikel
10 Gejala Awal kanker Pada Laki-laki
Judul Artikel
10 Gejala Awal kanker Pada Laki-laki
Deskripsi
Gejala awal kanker tersebut diantaranya: perubahan pencernaan, perdarahan rectum, perubahan urinary, darah di urin, nyeri punggung persisten, batuk yang tidak biasa, benjolan di testis, mudah lelah, berat badan turun tanpa sebab yang jelas dan benjolan pada payudara.
Author
Publisher Name
DokterMuslim
Publisher Logo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here