Selulitis : Gejala Khas, Lesi Kulit dan Pengobatan [Lengkap]

Gejala, lesi khas, pengobatan Selulitis dan Perbedaannya dengan Erisipelas

0
2242

Selulitis adalah infeksi kulit lapisan dalam karena bakterial dimana ditandai dengan pembengkakan, kemerahan, dan nyeri ketika di sentuh di area infeksi. Kemerahan dan pembengkakan sering menyebar cepat dan khasnya adalah sangat nyeri.

Pada kebanyakan kasus, infeksi terjadi pada kulit kaki bagian bawah, meskipun infeksi ini dapat terjadi ditempat lain juga, seperti tubuh dan wajah. Selulitis biasanya menginfeksi permukaan kulit, dan juga menginfeksi lapisan bawah nya lagi dari kulit anda. Selulitis juga dapat menyebar ke limfonodi anda dan mengalir ke aliran darah.

Jika selulitis tidak diobati, makainfeksi dapat menyebar dan menjadi life treatening. Anda harus mendapat pengobatan segera, apabila muncul gejala penyakit infeksi ini.

Apa penyebab Selulitis?

Selulitis terjadi ketika bakteri tipe tertentu masuk ke dalam kulit melalui luka kecil di kulit. Paling sering adalah bakteri staphylokokkus dan streptococcus. Kerusakan komponen kulit karena teriris, tergigit serangga, terkena serbuk gergaji, dan luka operasi adalah penyebab infeksi paling sering. Ada beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan risiko infeksi ini, seperti:

  1. Imunitas tubuh penderita tersebut yang menurun
  2. Kondisi kulit yang tidak bagus, yang menyebabkan mudah rusaknya kulit seperti pada penyakit dermatitis dan kaki atlet.
  3. Penggunaan jarum intravena, penyakit diabetes dan riwayat infeksi selulitis terdahulu yang pernah diderita.

Bagaimana tanda dan gejala selulitis?

Gejala khas dari selulits, meliputi:

  1. Nyeri yang sangat di area sekitar infeksi
  2. Kemerahan dan tanda peradangan di kulit anda
  3. Kulit dengan lesi kulit dan menyebar secara cepat
  4. Tampakan kulit membengkak, memudar dan menebal.
  5. Di sekitar area infeksi ditemukan hangat
  6. Pada area tengahlesi dapat ditemukan abses, yakni pembentukan pus.
  7. Kadang ditemukan demam.

Adapun gejala lain yang dapat juga ditemukan pada selulitis seperti : bergoncang, menggigil, merasa tidak enak disekujur tubuh, lemah lesu, pusing, nyeri kepala ketika melihat cahaya, nyeri otot, kulit hangat dan mudah berkeringat.

Baca Juga:  Tinea Capitis : Infeksi Jamur di Kepala

Adapun gejala yang menandakan infeksi selulitis ini sedang mengalami proses penyebaran adalah: mudah mengantuk, letargi, muncul blister (kulit lecet dan melepuh), dan terdapat garis-garis kemerahan di kulit.

Anda harus membawa dan menghubungi dokter segera apabila menemui gejala tersebut.

Karateristik dan Klue pada selulitis:

  1. infeksi bakterial profunda (dalam) kulit meliputi subkutan dengan BATAS TIDAK TEGAS sedangkan pada erisipelas BERBATAS TEGAS.
  2. disebabkan S. Aureus dan GABHS
  3. Paling sering ditemukan di tungkai kaki
  4. Pengobatan dengan penisilin peroral atau intravena selama 5 hari, kompres dingin, istirahatkan kaki dan tinggikan kaki melebihi jantung.

Bagaimana Mendiagnosis Selulitis?

Dokter akan mendiagnosis berdasarkan pemeriksaan fisik untuk memeriksa kondisi anda. Pemeriksaan meliputi melihat: pembengkakan di kulit, kemerahan dan area infeksi yang hangat dan pembesaran pada kelenjar.

Tergantung derajat keparahan dari gejala anda, dokter akan mengevaluasi dan memonitor untuk beberapa hari, untuk melihat apakah kemerahan dan pembengkakan tersebut menyebar. Pada beberapa kasus, dokter dapat melakukan pemeriksaan kultur darah di sekitar luka untuk melihat bakteri apa yang dominan menginfeksi tersebut.

Bagaimana Pengobatan Selulitis?

Pada dasarnya, dokter akan meresepkan obat antibiotik untuk 10-21 hari untuk mengobati selulitis ini.durasi pengobatan dengan antibiotik oral tergantung dari derajat keparahan. Ketika gejala membaik dalam beberapa hari, maka pengobatan dapat dirasa cukup.  Ketika anda menggunakan antibiotik, monitor dan evaluasi perbaikan gejala yang anda alami. Pada sebagian besar kasus, gejala akan membaik, dan menghilang dalam beberapa hari.

Pada beberapa kasus, anti nyeri dapat diresepkan. Anda harus istirahat sampai gejala membaik. Ketika anda beristirahat, anda harus meninggikan sekitar infeksi diatas dari jantung untuk meredakan pembengkakan.

Hubungi dokter segera apabila pengobatan tidak berlangsung baik dalam tiga hari, dan ketika gejala semakin memburuk atau muncul demam tinggi.

Baca Juga:  Antraks Kutaneus : Gejala, Penularan dan Pengobatan [Lengkap]

Selulitis biasanya menghilang setidaknya 10 hari setelah diterapi antibiotik. Pengobatan lebihlama, ketika infeksi memberat. Jika ini terjadi anda harus mengevaluasi apakah ada penyakit kronis yang diderita atau imunitas yang sedang menurun.

Bagi penderita yang mengalami pengobatan an mempunyai risiko tinggi, maka hendaknya dirawat dirumah sakit untuk dilakukan observasi selama pengobatan. Dokter akan memberikan dan menyarankan kepada anda untuk dirawat inap, apabila didapatkan kondisi:

  1. Suhu tubuh anda tinggi (demam)
  2. Tekanan darah tinggi
  3. Infeksi tidak membaik dengan pengobatan antibiotik
  4. Terdapat penyakit kronis dan imunitas menurun
  5. Membutuhkan antibiotik intravena ketika antibiotik oral tidak mampu mengatasi infeksi.

Apa komplikasi dari selulitis?

Yang dikhawatirkan dari infeksi ini adalah penyebarannya ke berbagai bagian tubuh, masuk ke limfonodi, dan aliran darah. Sangat jarang dimana masuk ke lapisan dalam jaringan. Potensi komplikasi yang dapat terjadi adalah : infeksi melalui darah, infeksi tulang, peradanga di pembuluh limfatik dan timbul gangren dan nekrosis jaringan.

Bagaimana Mencegah Selulitis?

Jika kulit anda rusak dan terkelupas, maka bersihkan segera dan gunakan krim antibiotik dioles sekitar luka. Lindungi dan lapisi luka dengan bandage, ganti setiap hari sampai tanda penyembuhan terbentuk. Amati apakah muncul kemerahan, pus, dan nyeri. Tanda tersebut mengindikasikan muncul infeksi.

Lakukan pencegahan ekstra, dengan: menjaga kulit tetap lembab dan mencegah kulit pecah-pecah, obati infeksi kulit superfisial bila muncul, menggunakan sarung tangan dan alat protektif ketika bekerja dan bermain, lihat kaki setiap hari apakah ada tanda perlukaan dan infeksi.

Ringkasan Artikel
Selulitis : Gejala Khas, Lesi Kulit dan Pengobatan [Lengkap]
Judul Artikel
Selulitis : Gejala Khas, Lesi Kulit dan Pengobatan [Lengkap]
Deskripsi
Selulitis adalah infeksi kulit lapisan dalam karena bakterial dimana ditandai dengan pembengkakan, kemerahan, dan nyeri ketika di sentuh di area infeksi.
Author
Publisher Name
DokterMuslim
Publisher Logo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here