Nyeri Panggul saat Hamil : Pengobatan dan Pencegahan

Nyeri pinggul saat Hamil

0
1008

Nyeri panggul saat hamil adalah gejala yang sering muncul, berupa rasa tidak nyaman yang sering muncul pada akhir usia kehamilan, terutama pada trimester ketiga. Ini terjadi karena tubuh mempersiapkan persalinan. Nyeri dan perlukaan sering terasa kuat pada sisi rahim ke bawah, yang merupakan jalur lahir janin.

Penyebab Nyeri Panggul Saat Hamil

Ketika sedang hamil, tubuh mengeluarkan hormon yang membuat relaksasi (pengendoran) jaringan ikat dan melembutkannya. Akibatnya, sendi dan ligamen antara tulang di panggul mulai meregang. Hormon tersebut disebut dengan relaksin dan inhibin. Peningkatan fleksibilitas tulang ini membuat bayi dapat bergerak selama persalinan. Nyeri punggung belakang (LBP) dapat diakibatkan perubahan postur ubuh dan massa rahim.

Penyebab lain dari nyeri panggul ini meliputi peningkatan tekanan pada nervus ischiadikus. Dua nervus ischiadikus di tubuh turun di kedua kaki. Ketika rahim membesar, maka akan menekan syaraf tersebut dan memicu nyeri, rasa kebas, dan kesemutan di pantat, panggul dan paha. Gangguan ini disebut dengan SCIATICA. Sciatika biasanya normal ketika kehamilan, tetapi tetap menjadi perhatian kita karena dapat menjadi masalah serius.

Penyebab lain dari nyeri panggul ini selama trimester kedua adalah ligamentum latum (round ligamen). Nyeri ligamentum latum dicirikan dengan nyeri tajam di perut, panggul, dan area selangkangan. Nyeri dapat intensif dengan pergerakan cepat atau perubahan posisi.

Penanganan dan Pencegahan Nyeri Panggul Saat Hamil

Cobalah berolahraga untukg menguatkan otot punggung, otot perut yang mana dapat mengurangi nyeri panggul. Satu olahraga adaah dengan menaikkan panggul diatas dada dengan berbaring telentang dalam beberapa menit. Mandilah dengan air hangat atau kompress hangat pada area nyeri. Ini akan mengurangi nyeri. Pemijatan juga dapat dilakukan.

Baca Juga:  Urin Berbusa : Penyebab, Gejala hingga Pengobatan

Ketika mendekati persalinan, cobalah untuk tidur miring dengan kaki diganjal bantal. Gunakan bantal atau guling untuk mensupport perut, dan kaki atas sehingga tidur lebih nyaman. Jika anda telentang, maka nyeri panggul dapat memberat. Tempatkan bantal pada punggung dan tidurlah lagi. Ini akan mengurangi tekanan pada panggul ketika anda tidur.

Kapan Harus Periksa ke Dokter

Jika nyeri panggul disebabkan penekanan dan luka pada area pelvis, yang menjalar ke paha sebelum usia kehamilan 37 minggu, maka sangat penting untuk periksa ke dokter terdekat. Hal ini dapat menjadi tanda persalinan preterm. Berikut merupakan tanda persalinan preterm:

  • Kram perut, rasa tidak nyaman perut, terutama di perut bagian bawah
  • Nyeri punggung yang meluas ke depan dan ke samping, tidak menghilang ketika terjadi perubahan posisi.
  • Adanya kontraksi yang terjadi setidaknya setiap 10 menit
  • Keluar cairan (discharge) dari vagina, baik berwarna bening, putih, kuning, hijau, pink dan coklat. Waspadai jika yang keluar darah berupa cairan merah. Cairan bening mengindikasikan cairan ketuban.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here