Sakit Boyok Pegal : Penyebab dan Cara Mengobati

Sakit Pinggang dan Nyeri Punggung

0
441

Sakit boyok atau boyok pegal adalah nama lain dari low back pain atau sakit pinggang dimana berkaitan dengan nyeri ketika menggerakkan panggul ke kanan, ke kiri, ke depan dan ke belakang. Berdasarkan NINDS, sakit boyok ini disebabkan kebiasaan yang buruk dan 80% lansia mengalami gejala ini. Kebanyakan boyok pegal berasl dari cidera seperti sprain dan strain karena ergonomis buruk ketika mengangkat beban berat.

Boyok pegal juga dapat karena penyakit seperti kanker medula spinalis, rupturnya diskus intervertebralis, skiatika, artritis, infeksi ginjal, dan infeksi vertebra. Nyeri akut dapat terjadi harian hingga beberapa minggu, sedangkan nyeri kronis terjadi ketika lebih dari 3 bulan terjadinya.

Boyok pegal ini sering dialami oleh individu dengan usia 30-50 tahun dan berkaitan dengan proses aging atau penuaan. Ketika orang bertambah usia, cairan antara vertebra dan medula spinalis berkurang. Ini artinya diskus di spinal akan mudah teriritasi. Anda juga kehilangan beberapa tonusotot yang membuat mudah cidera. Ini mengapa otot punggung dan penggunaan mekanik ergonomis tubuh sangat penting untuk mencegah boyok pegal ini.

PENYEBAB SAKIT BOYOK PEGAL

Strain

Otot dan ligamen di punggung dapat meregang ketika melakukan aktifitas berlebih. Akibatnya memicu gejala termasuk nyeri, dan kekakuan pada punggung sebagaimana spasme otot. Istirahat dan terapi fisik dapat mengurangi gejala ini.

Cidera Diskus Intervertebralis

Diskus di punggung sangat rentan cidera dan terjadi herniasi. Herniasi diskus ini terjadi ketika kartilago disekitar diskus terdorong terhadap medula spinalis dan akar syaraf. Ini menyebabkan kompresi pada akar syaraf. Cidera diskus biasanya terjadi tiba-tiba setelah mengangkat beban berat dan nyerinya terjadi lebih dari 72 jam.

Ischialgia atau Sciatica

Ischialgia dapat terjadi dengan herniasi diskus jika diskus menekan nervus ischiadicus. Nervus sciatica ini berhubungan dengan panggul ke kaki. Bila terkompresi atau tertekan, maka akan menimbulkan nyeri yang hebat.

Baca Juga:  Batuk Kronis : Penyebab hingga Cara Mengobati

Stenosis Spinal

Stenosis spinal terjadi ketika column spinal (lubang vertebra) menyempit, sehingga menekan medula spinalis dan nervus spinalis. Stenosis spinal sering terjadi karena degenerasi dari diskus diantara vertebra. Ini memicu kompresi di akar syaraf dan medula spinalis oleh tulang dan jaringan. Tekanan ini memicu gejala kesemutan, kram dan kelemahan serta memberat ketika berdiri atau berjalan.

Abnormalitas Kurvatura Vertebra

Skoliosis, kifosis dan lordosis adalah bentuk abnormalitas curvatura vertebra. Kondisi kongenital ini dapat didiagnosis ketika usia anak-anak dan remaja. Kejadian ini dapat memicu penekanan pada otot, tendon, ligamen dan vertebra.

PEMERIKSAAN SAKIT BOYOK PEGAL

Pemeriksaan fisik dilakukan untuk menentukan dimana lokasi nyeri. Pemeriksaan jangkauan gerak juga dilakukan dan merefleksikan respon sensasi. Ini akan melihat syaraf mana yang terkena. Melalui gejala kelemahan, demam, penurunan berat badan, dan pemeriksaan fisik lain dapat melihat penyebabnya.

Pemeriksaan penunjang lain, seperti X-ray, CT-scan USG dan MRI dibutuhkan untuk melihat masalah tulang, diskus, ligamen dan tendon. Jika disuspek penyebabnya tulang, maka dapat diperiksa pemeriksaan scan tulang atau bone density test. EMG Elektroypgrafi atau pemeriksaan konduksi syaraf dapat membantu mengidentifikasi masalah pada syaraf ini.

CARA MENGOBATI SAKIT BOYOK PEGAL

Pengobatan Sendiri dirumah

Pengobatan sendiri dirumah sangat membantu untuk nyeri ada 72 jam pertama. jika nyeri tidak hilang, maka harus periksa ke dokter. Berhentilah beraktifitas berat terutama yang memberatkan punggung. Pertama direkomendasikan mengkompress es pada 48-72 jam pertama kemudian menggantinya dengan kompres hangat. Es dan air hangat dapat merelaksasikan otot. RICE (Rest, Ice, Compression dan Elevation) direkomendasikan pada 48 jam nyeri pertama.

Anti nyeri dapat digunakan seperti acetaminofen dan ibuprofen. Terkadang berbaring membuat nyeri bertambah sehingga cobalah untuk tidur miring. Pakailah bantal yang lembut. Mandi hangat dan pijatan dapat merelaksasikan otot yang kaku.

Baca Juga:  Kencing Nanah (Pyuria) : Gejala hingga Pengobatan

MedikaMentosa

Nyeri punggung dapat terjadi beberapa kondisi seperti strain otot, kelemahan, terjepitnya syaraf, dan medula spinalis yang tidak tertata dengan baik. Terdapat obat dan terapi fisik. Perhatikan dosis penggunaannya. Obat sebagai relaksasi otot diantaranya NSAID, dan oba golongan narkotik, seperti codein, serta steroid untuk mengurangi peradangan. Terapi fisik, pijatan dan peregangan dapat juga dilakukan.

Tindakan Pembedahan

Terapi pembedahan dilakukan pada kasus yang berat dan terjadi gangguan anatomis. Berikut tindakannya:

  • Discectomy : tindakan bedah mengembalikan tekanan di akar syaraf karena penonjolan diskus. Lamina vertebra akan dibuang.
  • Foraminotomy : tindakan bedah membuka foramen, lubang tulang di vertebra sehingga akar syaraf dapat lewat.
  • IDET (Intradiscal elektrothermal terapi) : memasukkan jarum melalui kateter ke diskus dan memanaskannya selama 20 menit. Ini membuat dinding diskus menebal dan memotong/menghilangkan bagian dalam diskus dan iritasi syaraf.
  • Nucleoplasty : memakai alat yang dimasukkan jarum ke diskus. Dapat membuat baterial diskus bagian dalam. Alat kemudian menggunakan gelombang radio untuk dipanaskan dan memotong jaringan.
  • Ablasi radiofrequency : menggunakan gelombang redio untuk menginterupsi hubungan syaraf satu dengan yang lain. Dokter memasukkan jarum khusus ke syaraf dan memanaskannya serta menghancurkan syarafnya.
  • Fusi Spinal : membuat vertebra lebih kuat dan mengurangi nyeri gerakan. Prosedur ini membuang diskus antara dua atau lebih vertebra kemudian menggabungkan vertebra satunya dengan metal dan grafting tulang.
  • Laminektomy spinal atau dekompresi spinal : membuang lamina untuk membua canal spinal lebih besar. Ini akan mengurangi penekanan pada medula spinalis dan syarafnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here