Hamil 5 minggu : Panduan Ibu Hamil Lengkap

0
2689

Hamil 5 minggu adalah usia kehamilan ibu sudah memasuki minggu kelima, dimana kita tahu bahwa minggu ke empat hingga ke tuhuh, adalah waktu yang sangat penting bagi kehamilan. Jika anda sedang hamil, maka silahkan kunjungi dan pelajari panduan ibu hamil lengkap minggu ke minggu mulai dari minggu pertama hingga hamil 4 minggu.

Perubahan pada tubuh Ibu Hamil 5 minggu

Terdapat perubahan tubuh saat hamil 5 minggu. Biasanya gejala kehamilan mulai muncul seperti gejala morning sickness (muntah dan mabuk perjalanan). Sekitar 50% ibu hamil akan mengalami gejala seperti mabuk perjalanan dengan mual dan muntah.

Secara normal, mual muntah kehamilan muncul sekitar minggu ke enam, tetapi dapat juga muncul lebih awal. Mual muntahnya dapat terjadi pada pagi hari, siang hari bahkan malam hari. Untuk mengetahui mual muntah dalam kehamilan, silahkan baca panduan mual muntah dalam kehamilan.

Jika mual dan muntah ini terasa berat, maka wajib hukumnya anda harus memeriksakan ke dokter terdekat karena mengindikasikan adanya kelainan yang disebut dengan HIPEREMESIS GRAVIDARUM. Pada kondisi ini membutuhkan pengobatan dan medika mentosa seperti metoklopramid, vitamin B6, dimenhidrinat dan lainnya tentunya dengan resep dan anjuran dokter.

Perkembangan Janin Ibu hamil 5 minggu

Pada minggu ini, janin masih seperti “kecebong” dibandingkan bentuk seperti bayi. Jantung bayi berdetak dengan ritme yang stabil, dan struktur mata dan telinga mulai terbentuk. Pada minggu ini juga tulang, sendi dan jaringan ikat (tendon dan ligamen) mulai terbentuk juga.

Ukuran Janin Ibu Hamil 5 minggu

Janin masih sangat kecil dengan panjang sekitar 3 milimeter atau kita bahasakan seperti kacang hijau. Pada fase ini, jarak antara kepala hingga bagian bawah (CRL) sudah mulai terbentuk. Pengukuran CRL digunakan hingga usia gestasi 20 minggu, kemudian setelah 20 minggu yang dapat diukur adalah CHL (Crown to Heel).

Baca Juga:  Hamil 7 minggu : Panduan Ibu Hamil Lengkap

Apa yang harus dilakukan pada Hamil 5 minggu

Jika anda baru mengetahui bahwa sedang hamil, maka anda harus memeriksakan kehamilan pertama kali. Anda dapat memeriksa ke dokter atau klinik terdekat. Setidaknya dapat diperiksa gejala kehamilan, tanda-tanda kehamilan, dan pemeriksaan hormon Beta hCG dengan tes pack.

  1. Tips untuk Ibu Hamil

Pada saat ini silahkan timbang berat badan ibu dan silahkan dipastikan dengan bulan sebelumnya apakah meningkat atau tidak berat badannya. Menurut ACOG, setidaknya ibu hamil selama hamil berat badannya meningkat sebesar 11.3-15.9 kg dibandingkan dengan berat normal ketika terjadi fertilisasi. Ibu hamil dengan berat badan kurang harus meningkat setidaknya 15.4 kg, sedangkan ibu hamil dengan berat badan lebih harus meningkat 9 kg.

  1. Tips untuk Suami

Sebagai suami, saat ini mulailah membantu pekerjaan rumah seperti mencuci baju, membersihkan rumah, mencuci piring dan memasak makanan kesukaan ibu hamil. Hal ini sangat membantu ibu hamil dan meningkatkan psikologis ibu hamil karena merasa sangat terbantu dengan keberadaan suami.

Oleh: dr. Wiwid Santiko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here