Manfaat Air Zam-zam Bagi Tubuh Manusia

Khasiat dan manfaat air zam-zam dapat dikatakan telah dipahami banyak orang. Apalagi sudah dijadikan sebagai oleh-oleh jemaah haji maupun umrah. Banyak sekali keistimewaan dimiliki sehingga banyak dikonsumsi masyarakat luas.

Sebenarnya memiliki aspek sejarah yang dekat dengan umat muslim. Meski begitu khasiat kesehatannya secara lahir dan batin juga ternyata baik. Bahkan telah disebutkan langsung oleh Nabi Muhammad SAW setiap manfaatnya.

Bacaan Lainnya

Beliau menyebutkan jika air ini menjadi terbaik dari permukaan bumi. Di dalamnya terdapat makanan paling menyegarkan bagi umat manusia. Bukan hanya itu, tapi mampu membantu menawarkan mencegah dan mengobati penyakit. Air zam-zam memiliki manfaat yang sangat besar, selain manfaat yang dimiliki air kelapa. Baca juga: Manfaat air kelapa bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi Air Zam-zam dibanding air destilasi dan air mineral botol

Tabel 1. Kandungan Nutrisi Air Zam-zam dibanding air destilasi dan air mineral botol. (Nauman Khalid et al. 2013)
Tabel 1. Kandungan Nutrisi Air Zam-zam dibanding air destilasi dan air mineral botol. (Nauman Khalid et al. 2013)

Manfaat Air Zam-zam Paling Istimewa untuk Tubuh Manusia

Saat ini telah banyak disajikan kajian atau penelitian ilmiah sebagai bukti manfaatnya. Bahkan khasiat pada tubuh mampu maksimal karena kandungan nutrisi. Jika dibandingkan air minum biasa pastinya jauh lebih unggul.

  1. Mencegah Kanker

Salah satu khasiat terbaik yang dapat Anda temukan disini yakni mencegah kanker. Tentunya dapat terjadi karena dilengkapi dengan sifat anti-inflamasi. Tidak heran jika membantu mengatasi sekaligus mencegah kanker lebih baik.

Sebagai manfaat air zam-zam, dibuktikan kalau komponen pencegah kanker akan ditingkatkan drastis. Misalnya saja Lunasin, Bowman hingga Bikunin meningkat dengan baik. Kemudian kemampuan mencegah dari kanker akan tercipta.

  1. Melindungi Tubuh dari Serangan Penyakit

Khasiat untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit terjadi karena mampu meningkatkan stimulasi aquaporin (AQP). Sebenarnya AQP juga membantu mengatur cairan sel. Stimulasi semakin maksimal sehingga tidak terserang penyakit.

  1. Meregenerasi Kulit

Untuk manfaat selanjutnya berupa meregenerasi kulit sebenarnya unik. Terutama karena terlihat jelas mampu mendorong pergantian sel kulit mati lebih cepat. Bahkan kemudian diganti sel kulit baru sehingga terlihat cerah.

  1. Menyehatkan Tubuh

Manfaat dalam menyehatkan tubuh dibuktikan karena punya kekayaan mineral begitu tinggi. Bahkan dibandingkan dengan air biasa tidak mungkin disamai. Kalau Anda menikmati rasanya, juga dinilai punya kelezatan lebih tinggi.

  1. Membantu Menyehatkan Tulang dan Gigi

Kemampuan membantu menyehatkan tulang dan gigi telah dibuktikan sebagai manfaat air zam-zam. Tentunya karena kalsium tinggi sehingga osteoporosis terhindar. Belum lagi ada fluoride sehingga mencegah lubang pada gigi.

  1. Mengampuni Dosa

Khasiat dalam mengampuni dosa pada dasarnya sangat diinginkan semua insan. Terlebih karena setiap orang pastinya memiliki dosa atau kesalahan masing-masing. Tapi tidak perlu khawatir karena bisa diampuni setiap dosanya.

Baca Juga:  Tanda Bahaya Diare Pada Anak

Anda dapat melihat pada HR Al-Wahidi sebagai khasiat. Tapi lebih maksimal jika mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali. Kemudian solat di belakang makam Ibrahim, setelah itu minum saja sehingga dosa diampuni.

  1. Membedakan Anda dari Orang Munafik

Manfaat air zam-zam lainnya yakni mampu membedakan Anda dari orang munafik. Disebutkan orang munafik tidak mampu meminumnya sampai puas atau lega. Tidak heran jika Anda akan menjadi kepribadian lebih baik.

  1. Menghindari Kemunafikan

Kewajiban untuk menghindari kemunafikan tentunya diperlukan semua orang. Tapi dengan konsumsi air suci ini akan membantu agar tidak menjari munafik. Penyakit hati satu ini bisa dihilangkan dengan konsumsi sampai puas.

  1. Membantu Mewujudkan Niat Baik

Membantu mewujudkan niat baik menjadi manfaat air zam-zam terbaik lainnya. Hal ini juga sesuai dengan sabda dari Nabi Muhammad SAW. Manfaat agar niat dan doa agar dikabulkan ternyata dinilai positif.

  1. Sebagian dari Ibadah

Mengonsumsi air ini ternyata begitu positif karena dijadikan sebagian dari ibadah. Hal ini telah dijabarkan langsung oleh Nabi Muhammad SAW. Bahkan sudah disebutkan mampu menghapus banyak sekali dosa maupun kesalahan.

Keutamaan semacam ini dapat diperoleh juga jika memercikan pada kepala sebanyak tiga kali. Setelah melakukannya, segala macam penyakit dapat Anda hindari. Khasiat semacam ini tentu artinya menjadi perlindungan baik. Air Zam-zam juga memiliki khasiat sebagaimana khasiat mengkonsumsi air hangat.

Sebelum mengonsumsi, pastikan mengikuti adab meminumnya supaya khasiat terjaga. Misalnya membaca basmalah, memakai tangan kanan sampai dihabiskan satu teguk. Jangan lupa membaca banyak doa agar manfaat air zam-zam maksimal.

Referensi:
Nauman Khalid et al. 2013. Mineral Composition and Health Functionality of Zamzam Water: A Review

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *