Jantung deg degan Berdebar : Gejala hingga Pengobatan

0
1563

Jantung deg degan atau jantung berdebar adalah adanya palpitasi pada jantung dimana memiliki denyut lebih cepat, berdebar kencang. Sensasi berdebar ini dapat dirasakan di dada, di leher, dan di tenggorokan.

Ritme jantung akan meningkat selama palpitasi ini. Sebagian besar jantung berdebar ini tidak berbahaya dan dapat reda sendiri tanpa pengobatan. Tetapi pada kondisi yang jarang, jantung berdebar dapat mengindikasikan adanya kondisi yang serius.

Penyebab Jantung deg degan atau jantung Berdebar

Penyebab yang paling mungkin dari kelainan ini adalah : berolahraga terlalu kencang dan terlalu berat, mengkonsumsi kopi atau kafein, mengkonsumsi rokok dengan nikotin, stress, cemas dan takut, rasa panik, dehidrasi.

Selain itu, jantung berdebar juga dapat disebabkan oleh perubahan hormonal seperti sedang hamil, abnormalitas elektrolit tibuh, rendahnya kadar gula darah, anemia, hipertidoid, hipoksia dan tingginya kadar CO2, kehilangan darah, syok dan demam.

Penyebab lainnya seperti : menggunakan obat anti batuk,suplemen herbal, dan suplemen nutrisi, penggunaan betablocker, inhaler asma, decongestan, obat amfetamin dan kokain, penyakit jantung, aritmia, abnormalitas katup jantung dan merokok.

Kebanyakan jantung berdebar tidak berbahaya, tetapi dapat mengindikasikan adanya penyakit tertentu. Penyakit yang mungkin seperti:

  1. Defek katup jantung
  2. Penyakit gagal jantung
  3. Aritmia jantung

Pemeriksaan Jantung deg degan atau jantung berdebar

Penyebab palpitasi jantung memang sering sulit di tentukan diagnosisnya. Pemeriksaan fisik perlu dilakukan dan menanyakan riwayat yang diderita. Pertanyaan yang sering ditanyakan adalah : kadar stress pasien, penggunaan obat dan suplemen, kondisi kesehatan dan riwayat penyakit, serta aktifitas fisik yang sering dilakukan.

Periksalah ke dokter spesialis jantung dan pembuluh (Sp.JP). Pemeriksaan penunjang dilakukan seperti : pemeriksaan darah rutin, pemeriksaan urinalisis, merekam ritme jantung (holter monitor), ekokardiogram, EKG, X-ray dada, studi elektrofisioloigi, dan angiografi koroner.

Baca Juga:  Penyakit Addison : Gejala hingga Tatalaksana

Kapan harus ke Dokter segera bila jantung deg degan atau jantung berdebar

Anda harus segera memeriksakan kondisi anda ke dokter jika anda mengalami palpitasi dan terdapat masalah jantung. Bila muncul gejala ini, maka segeralah periksa ke dokter terdekat anda. Gejala tersebut seperti:

  1. Pusing dan kelemahan tubuh
  2. Penurunan kesadaran dan pingsan
  3. Kesulitan bernafas
  4. Berkeringat berlebih
  5. Nyeri dada, dada sesak atau seperti tertekan
  6. Nyeri pada tangan, leher, dada, dagu dan punggung belakang dengan nyeri tembus
  7. Pulsasi nadi saat sedang istirahat lebih dari 100 kali per menit.

Pengobatan Jantung deg degan atau jantung berdebar

Pengobatan tergantung dari penyebab palpitasi. Biasanya pengobatan didasarkan atas penyakit yang mendasari. Jika jantung berdebar disebabkan oleh merokok, mengkonsumsi terlalu banyak kopi (Kafein), maka langkah terbaik adalah hindari itu semua. Jika tidak maka anda harus diperiksa dan dilakukan pengobatan sesuai penyebab.

Cara pencegahan dari jantung berdebar ini adalah :

  1. Hindari minum kopi/kafein
  2. Cobalah beraktifitas, olahraga, dan makan minum yang bergizi
  3. Lakukan relaksasi, tarik nafas panjang, berdzikir untuk meredakan kecemasan dan stress
  4. Janganlah merokok
  5. Jangan sembarangan menggunakan obat-obatan terutama yang memicu jantung berdebar
  6. Jaga kadar kolesterol dan tekanan darah anda.
  7. Segera periksakan kondisi anda ke dokter terdekat.

Demikian pembahasan tentang jantung berdebar, jika ada hal yang ingin di tanyakan, silahkan tuliskan di kolom konsultasi doktermuslim. Semoga bermanfaat.

Oleh: dr. Wiwid Santiko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here