Hamil 8 minggu : Panduan Ibu Hamil lengkap

1
1781

Hamil 8 minggu adalah ketika usia kehamilan ibu hamil, telah memasuki usia 8 minggu dimana pada minggu ini perkembangan terus terjadi. Apabila anda ingin membaca artikel perkembangan janin dari minggu 1-40, silahkan buka panduan ibu hamil.

Kondisi ibu hamil 8 minggu

Meskipun dari tampakan luar belum tampak perubahan pada tubuh ibu hamil, tetapi sebenarnya perubahan sudah terjadi secara signifikan. Sebelum ibu mengalami kehamilan, ukuran rahim ibu sangat kecil yaitu sebesar buah alpukat ukuran kecil, tetapi sekarang ukuran bertambah (setidaknya sebesar buah apel merah).

Ibu hamil akan mengalami perubahan pada payudara. Perubahan tersebut seperti payudara nyeri dan lebih sensitif saat disentuh. Hal ini adalah kondisi normal yang terjadi pada ibu hamil untuk mempersiapkan laktasi. Perubahan lain yang terjadi yaitu peningkatan volume darah sekitar 40-50% dimana pada ibu hamil terjadi hemodilusi.

Perkembangan janin hamil 8 minggu

Segala sesuatu yang terdapat pada orang dewasa juga terlihat pada janin sekarang. Kedua telinga sudah mulai terbentuk baik struktur telinga luar (daun telinga dan sekitarnya) maupun telinga dalam. Tulang janin juga sudah mulai berkembang dengan diikuti otot yang sudah dapat berkontraksi. Jari dan tumit juga mulai terbentuk dan mulai memanjang. Wajah bayi mulai terlihat diikuti hidung dan alis.

Pada fase ini tulang ekor mulai tidak nampak, akan tetapi tubuh janin mulai memanjang. Selain itu jenis kelamin janin juga sudah mulai terdiferensiasi atau berkembang menjadi lakii-laki atau perempuan. Struktur kelamin luar sedang berkembang dengan bentuk yang belum terlihat secara jelas.

Ukuran janin hamil 8 minggu

Pada minggu ini, ukuran janin masih sekitar 2.5 cm atau diibaratkan sebesar kacang panjang.

Apa yang harus dilakukan Ibu Hamil 8 minggu

Pada wase ini anda harus sudah memeriksakan kehamilan anda. Pemeriksaan tersebut disebut dengan ante natal care (ANC). Pemeriksaan ANC pertama dilakukan pada usia kehamilan 8-12 minggu setelah hari pertama menstruasi terakhir.

Baca Juga:  Tanda awal kehamilan : Hamil atau Tidak (Lengkap)

Pemeriksaan tersebut meliputi : mengevaluasi masalah medis dan penyakit yang mungkin terjadi pada ibu, menentukan hari pertama terakhir mentruasi, memeriksa alat kontrasepsi yang sebelumnya dipakai, adakah riwayat keguguran dan aboorsi, penggunaan obat-obatan serta alergi, riwayat keluarga dan riwayat dirawat dirumah sakit.

Selain itu juga dapat dilakukan pemeriksaan medis lain seperti : pap semar, kultur servik dan USG kehamilan. Pada USG setidaknya sudah terlihat tanda kehamilan berupa GS (Gestasional Sac) atau kantung kehamilan.

  1. Tips untuk Ibu Hamil

Selama kehamilan, beberapa ibu hamil akan berkembang jerawat dan kulit berminyak. Jika ibu menggunakan obat jerawat, maka harus diperhatikan bahan dan kandungan pada obat tersebut termasuk krim jerawat. Sangat penting memperhatikan keamanan obat tersebut dan tanyalah kepada dokter terdekat anda.

  1. Tips untuk Suami

Jika dirumah terdapat hewan peliharaan seperti kucing, anjing, burung dan lainnya, maka harus dihindarkan dari ibu hamil. Ibu hamil harus dijauhkan dari hewan tersebut karena risiko penyakit misal dari kucing berupa toksoplasmosis (infeksi toksoplasma gondii).

Saat bepergian dengan hewan dan ke kebun binatang, juga harus diperhatikan untuk menjauhi hewan-hewan tersebut. Ibu jika sedang hamil juga tidak boleh mengangkat beban berat, sehingga sebagai suami hendaknya membantu mengangkatkan.

Oleh: dr. Wiwid Santiko

1 KOMENTAR

  1. Pengalaman saya dengan pencuci muka ni sebenarnya, kalau
    kulit dah terlalu berminyak dan pakai macam-macam tapi tak jadi juga…tak payah guna
    apa-apa. Sekarang dah 6 bulan saya tak guna pencuci muka, jerawat pun tak sebanyak zaman pakai pencuci muka.
    Yang penting kena rajin basuh muka dengan air suhu
    biasa je.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here